Analisis: Definisi, Jenis-Jenis dan Contohnya

Rabu, Februari 8th, 2017 - Analis Kesehatan, B. Indonesia

Analisis secara umum sering juga dinamakan pembagian. Dalam linguistik, analisis atau analysis (analisa) yang artinya pemecahbelahan atau penguraian secara detail berbeda ke bagian-bagian dari suatu kesemuan bagian. Untuk lebih seksama dapat juga mengadakan subbagian, yakni menguraikan atau memecah belah dari suatu bagian sampai ke unsur dasarnya.

Definisi Analisis

Definisi Analisis

Analisis atau analysis (analisa) merupakan pengkajian tentang bahasa untuk memeriksa secara lengkap dari struktur bahasa. Sedangkan kegiatan di laboratorium, kata analisa atau analisis dapat juga berarti aktivitas yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa atau meneliti zat dalam sampel. Namun, dalam perkembangannya, penggunaan analisis kata atau analisis akademisis sorotan, terutama di kalangan ahli bahasa.

Definisi Analisis merupakan suatu kegiatan yang memuat sejumlah aktivitas seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk dikategorikan dan dikelompokkan kembali menurut tujuan tertentu kemudian dicari kaitannya dan diterjemahkan artinya. Dalam definisi lain, analisis ialah pandangan atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) sampai bisa menterjemahkan menjadi bagian-bagian, serta mengenal hubungannya antar bagian tersebut di dalam keseluruhan.

 

Definisi Analisis Menurut Para Ahli

Berikut merupakan Definisi Analisis menurut para ahli, secara umunya telah disampaikan diatas,

  1. Menurut Wiradi
    Analisis ialah suatu kegiatan yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir makna dan kaitannya.
  2. Menurut Komaruddin
    Analisis adalah sebuah aktivitas berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu sama lain dan manfaat masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.
  3. Menurut Hanif Al Fatta
    Analisa merupakan suatu tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.
  4. Menurut Husein Umar
    Analisa ialah sebuah proses kerja dari urutan tahapan pekerjaan sebelum riset di dokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan.
  5. Menurut Minto Rahayu
    Analisa ialah suatu cara membagi suatu subjek ke dalam komponen-komponen; artinya melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terkait padu.
  6. Menurut Robert J. Schreiter, 1991
    Analisa ialah “membaca” teks, yang melikalisasikan tanda-tanda yang menempatkan tanda-tanda itu dalam komunikasi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan.
  7. Menurut Rifka Julianty

    Analisis merupakan suatu penguraian pada pokok atas bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta kaitan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

  8. Menurut Mohammad Afdi Nizar

    Analisis ialah suatu evaluasi tentang keadaan dari ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan suatu perbedaan yang muncul.

  9. Menurut Dwi Prastowo Darminto
    Analisis yang artinya sebagai penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penerjemahan bagian itu sendiri, serta kaitan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
  10. Menurut Anne Gregory
    Analisis ialah langkah pertama dari proses perencanaan.
  11. Menurut Syahrul
    Analisis artinya melakukan evaluasi terhadap keadaan dari pos-pos atau ayat-ayat yang berhubungn dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.
    Pengertian analisis menurut para ahli
  12. Menurut Effrey Liker
    Analisa adalah waktu untuk mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

     

 

Jenis-Jenis Analisis

Jika keseluruhan dapat dibedakan antara keseluruhan logik dan keseluruhan realis, maka analisis dapat dibedakan juga atas dua golongan: analisis logik ialah penguraian atas dasar konsepnya, dan analisis realis yakni penguraian atas dasar bendanya.

a) Analisis logik

Analisis logik merupakan pemecahbelahan sesuatu ke bagian-bagian yang memuat keseluruhan atas landasan prinsip tertentu. Pemecah belahan ini menerangkan keseluruhan atau kumpulan yang membentuk term sehingga mudah dibeda-bedakan.

b) Analisis realis

Analisis realis yakni pemecah belahan berdasarkan atas urutan benda yang merupakan kesatuan atau atas dasar sifat bentuk bendanya. Analisis realis dibedakan menjadi dua macam, analisis esensial dan analisis aksidental.

 

Contoh Analisis SWOT Perusahaan

Banyak sekali contoh dari analisi. Sebagai berikut admin akan mengambil contoh analisis dari SWOT Perusahaan. Dengan adanya contoh analisis SWOT, maka sangat berharap anda bisa mengerti secara keseluruhan mengenai analisis . Perlu di pahami, inti analisis SWOT ini merupakan menilai dalam/internal perusahaan dengan melihat kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses), kemudian menilai luar/eksternal perusahaan dengan melihat peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).

Selengkapnya mengenai contoh analisis swot perusahaan >> http://www.bisnisrumahanpemula.com/contoh-analisis-swot/

 

Demikianlah Definisi Analisis, Jenis-Jenis Analisis, dan Contoh Analisis. Semoga bermanfaat!

Analisis: Definisi, Jenis-Jenis dan Contohnya | aab | 4.5