Aransemen: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Sabtu, April 22nd, 2017 - Kesenian

Pengertian Aransemen (bahasa Inggris: arrangement) merupakan keselarasan komposisi musik dengan not suara penyanyi atau instrumen lain yang dilandaskan pada sebuah komposisi yang telah tersedia sehingga hakikat musiknya tidak berubah.

Di samping itu aransemen merupakan usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekedar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang terdapat didalamnya.

Pengertian Aransemen

Tujuan dari Aransemen ialag agar sebuah lagu terdengar lebih baik dan indah. Sebelum menyusun atau membuat sebuah Aransemen, kita harus memahami terlebih dahulu isi lagu tersebut, tujuannya agar makna lagu tidak hilang.
Seseorang mengaransemen sebuah lagu biasanya tergantung dari keahlian, pengetahuan, pengalaman, selera dan suasana hati.
Secara sederhana, membuat Aransemen bisa meliputi Intro, Interlude, Ending, Pemakaian Chord, Registrasi Suara, dll.

Ada tiga jenis aransemen sebagai berikut:

1. Aransemen Vokal
Setiap lagu bisa disusun aransemen khusus vokal, yakni dalam dua suara, tiga suara, empat suara. Untuk menyusun aransemen vokal, yang paling mudah ialah menyusun aransemen lagu dalam dua suara, karena untuk menyusun aransmen lagu dalam tiga dan empat suara ada banyak persyaratan yang harus diperhatikan.
Untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan maksimal, setelah selesai disusun aransemen lagunya kemudian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa kurang maksimal atau memuaskan maka bisa dicoba lagi untuk menyusun aransemen lagu tersebut sehingga pada akhirnya diperoleh hasil yang sangat memuaskan.

2. Aransemen Instrumen
Dalam menyusun aransemen instrumen sangat berbeda dengan aransemen vokal. Untuk menyusun aransemen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita gunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat hasilkan. Untuk menyusun aransemen instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan nada lagu.
Bagian-bagian dari suatu aransemen musik dikenal dengan istilah Partituur ( Belanda ), Partitura ( Italia ), Part ( Inggris ), Parte ( Perancis ). Dan dalam aransmen instrumen, kebanyakan partitur dimainkan bergantian tugas, sedangkan dalam aransmen vokal pada umumnya semua partitur umumnya berbunyi bersamaan.

3. Aransmen campuran
Aransmen campuran merupakan campuran aransemen vocal dan instrumen. Teknik yang dilakukan ialah menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen campuran pada umumnya yang ditampilkan paling dominan adalah vokalnya, sedanglan instrumennya berfungsi untuk pengiring dan memeriahkan saja, sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah sempurna. Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransmen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau conductor.

Aransemen: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya | aab | 4.5