Biografi: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Strukturnya

Minggu, April 2nd, 2017 - B. Indonesia

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas yang merupakan kategori dalam Bahasa Indonesia yakni Pengertian Biografi, Jenis-Jenis Biografi, dan Struktur Biografi. Berikut penjelasannya.

Biografi berasal dari bahasa Yunani, yakni bios yang artinya hidup, dan graphien yang artinya tulis. Dengan demikian biografi ialah tulisan tentang kehidupan seseorang.

Biografi merupakan peristiwa atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih rumit daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang atau biodata, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terkait dalam mengalami peristiwa-peristiwa tersebut. Dalam biografi tersebut disampaikan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai wafat. Semua jasa, karya, dan segala hal yang diciptakan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Biografi sendiri membutuhkan bahan atau sumber penunjang baik itu berupa benda seperti buku harian, surat-surat, kliping koran, dll sebagai bahan pendukung utama. Sedangkan bahan penunjang biasa ialah buku referensi, yang menjelaskan peranan seseorang dalam biografi.

Pengertian Biografi

Jenis-Jenis Biografi:

  1. Berdasarkan sisi penulis
  2. Berdasarkan Isinya
  3. Berdasarkan persoalan yang dibahas
  4. Berdasarkan penerbitannya

1. Berdasarkan sisi penulis
a. Autobiografi.
Ditulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan hidupnya

b. Biografi.
Ditulis oleh orang lain, berdasarkan izin penulisan dibagi atas :

  • Authorized biography, yakni biografi yang penulisannya seizin atau sepengetahuam tokoh didalamnya
  • Unauthorized biography, yakni ditulis seseorang tanpa sepengetahuan atau izin dari tokoh di dalamnya (biasanya karena telah wafat)

2. Berdasarkan Isinya

  • Biografi Perjalanan Hidup, Isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebagian paling berkesan.
  • Biografi Perjalanan Karir, Isinya berupa perjalanan karir dari awal karir hingga karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu.

3. Berdasarkan persoalan yang dibahas

  • Biografi politik.
    yakni penulisan tokoh-tokoh di negeri ini dari sudut politik. Dalam biografi semacam ini bahan-bahan dikumpulkan biasanya melalui riset. Namun, biografi semacam ini kadang kala tidak lepas dari kepentingan penulis ataupun sosok yang ditulisnya.
  • Intelektual biografi
    yang juga disusun melalui riset dan segenap temuan dituangkanpenulisnya dalam gaya penulisan ilmiah.
  • Biografi jurnalistik ataupun biografi sastra
    yaitu materi penulisan biasanya diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis maupun yang menjadi rujukan sebagai pendukung penulisan. Ini lebih ringan karena Cuma keterampilan dan wawancara.

4. Berdasarkan penerbitannya

  • Buku Sendiri.
    Penerbitan buku kategori ini dilaksanakan atas inisiatif penerbit dengan seluruh biaya penulisan, percetakan, danpemasaran ditanggung oleh produsen. Biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang diperkirakan akan menarik perhatian publik.
  • Buku Subsidi.
    Ongkos pembuatan buku jenis ini sebagian dibiayai oleh sponsor. Biasanya pola ini dikerjakan pada buku-buku yang diperkirakan dari segi komersial tidak akan laku atau kalaupun bisa dijual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau.

 

Struktur Teks Biografi

  1. Orientasi, merupakan bagian awal biografi yang berisi pengenalan atau gambaran secara umum tentang tokoh yang di ceritakan.
  2. Urutan Peristiwa dan masalah si tokoh, ialah bagian yang berisi pengisahan peristiwa kehidupan yang pernah dialami tokoh. Baik peristiwa yang mengesankan maupun permasalahan yang dihadapi tokoh.Bagian ini berisi pengisahan pengalaman sang tokoh.
  3. Reorientasi, Adalah bagian akhir yang berisi kesimpulan dari paradigma penulis tentang tokoh yang diceritakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Biografi, Jenis-Jenis Biografi, dan Struktur Biografi. Semoga bermanfaat!

Biografi: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Strukturnya | aab | 4.5