Komunikasi: Definisi Secara Umum dan Definisi Menurut Para Ahli

Kamis, Januari 26th, 2017 - B. Indonesia

Setiap hari bahkan setiap saat pasti kita melakukan komunikasi, ntah itu sama orang terdekat atau orang yang belum kenal. Berikut merupakan penjelasan mengenai Definisi Komunikasi Secara Umum dan Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli.

Definisi komunikasi merupakan penjelasan mengenai arti istilah komunikasi berdasarkan pencetusnya. Berikut merupakan daftar dari definisi komunikasi:

1. Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan oleh seseorang untuk orang lain agar memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

Komunikasi pada dasarnya ialah suatu proses yang menjabarkan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).

Analisis 5 unsur menurut Lasswell (1960):

1. Who? (siapa atau sumber). Sumber atau komunikator ialah pelaku utama atau pihak yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator.

2. Says What? (pesan). Apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada penerima (komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi informasi. Yakni seperangkat simbol verbal atau non verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan atau maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna, symbol untuk menyampaikan makna, dan bentuk atau organisasi pesan.

3. In Which Channel? (saluran atau media). Wahana atau alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (melalui media cetak atau elektronik dll).

4. To Whom? (untuk siapa atau penerima). Orang atau kelompok atau organisasi atau suatu negara yang menerima pesan dari sumber. Disebut tujuan (destination) atau pendengar (listener) atau publik (audience) atau komunikan atau penafsir atau penyandi balik (decoder).

5. With What Effect? (dampak atau efek). Dampak atau efek yang terjadi pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, seperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dll.

Definisi Komunikasi

Definisi Komunikasi Secara Umum

Secara terminologis (ma’nawy), bahwa banyak sekali definisi komunikasi, namun pada dasarnya sama yaitu penyampaian informasi. Salah satu definisi menyampaikan bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian suatu pesan atau informasi oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat, perilaku baik langsung maupun tidak langsung.

  1. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan (informasi, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. (Wikipedia).
  2. “The imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, information, etc. “ (Pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi, dsb.) (The Oxford English Dictionary).
  3. “Pengalihan informasi untuk memperoleh tanggapan” (JL. Aranguren)
  4. “Koordinasi makna antara seseorang dengan khalayak” (Melvin L DeFleur)
  5. “Saling berbagi informasi, gagasan, atau sikap” (Wilbur Schramm).
  6. “Who says what in which channel to whom and with what effects”, siapa mengatakan apa melalui saluran mana kepada siapa dan dengan pengaruh apa. (Harold Lasswell).

 

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Rogers D. Lawrence Kincaid (1981)
Komunikasi merupakan proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi atau pesan dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.

2. Everett M. Rogers
Komunikasi merupakan proses di mana suatu ide atau gagasan dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku mereka.

3. Shannon dan Weaver (1949)
Komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia yang saling terpengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, dengan langsung atau tidak langsung. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.

4. Raymond Ross
Komunikasi merupakan proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons atau makna dari ide atau gagasan yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

5. Onong Uchjana Effendy
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau ide oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).

 

Demikianlah Definisi Komunikasi Secara Umum dan Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat!

Komunikasi: Definisi Secara Umum dan Definisi Menurut Para Ahli | aab | 4.5