Pengertian Analis Kesehatan atau AAK

Minggu, Januari 8th, 2017 - Analis Kesehatan

Apa itu analis kesehatan atau AAK? Pengertian Analis kesehatan adalah tenaga profesi yang memegang peranan penting dalam analisa laboratorium kesehatan. Analis kesehatan sering dikenal juga sebagai ahli teknologi laboratorium kesehatan. Standar Profesi Ahli Tenaga Laboratorium Kesehatan Indonesia ialah standar profesi bagi profesi ahli teknologi laboratorium kesehatan di Indonesia dalam melaksanakan tugas profesinya untuk berperan secara aktif terarah dan terpadu bagi pembangunan nasional Indonesia.
Banyak sekali aspek yang mendukung kemajuan dalam ilmu kedokteran seperti profesi, laboratorium, dan lain-lain. Namun tahukah anda ada banyak sekali profesi yang turut membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit. Salah satunya ialah profesi Analis Kesehatan. Profesi Analis Kesehatan sangat penting dalam dunia kedokteran. Lalu muncul sebuah pertanyaan seberapa penting peran analis kesehatan dalam dunia kedokteran?. Tentunya sangat penting., seorang dokter tidak bisa menentukan sendiri dalam memutuskan suatu diagnose penyakit, namun diperlukan dari hasil pemeriksaan laboratorium. Diagnosa soerang dokter sangat dipengaruhi oleh sampel yang diteliti oleh ahli tenaga laboratorium. Oleh karena itu seorang analis kesehatan harus terampil dan kompeten dalam profesinya.

Pengertian Analis Kesehatan
Analis kesehatan meliputi ruang lingkup yang sangat luas, seperti pemeriksaan hematologi (ilmu yang mempelajari tentang darah dan bagian-bagiannya serta kelainannya), pemeriksaan kimia klinik, pemeriksaan parasitology (protozoa, fungi, cacing, dsb), pemeriksaan mikrobiologi, pemeriksaan imunologi, dan sebagainya. Namun analis kesehatan juga bisa berkarir di laboratorium Patologi Anatomi untuk pemeriksaan sampel berupa jaringan hasil operasi. Tidak hanya bekerja di laboratorium kesehatan saja, namun seorang analis juga bisa bekerja di industri makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Baca Juga >> Sistem Penomoran Rekam Medis

Profil atau peran lulusan Pendidikan Diploma III Analis Kesehatan mengacu kepada Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 370/Menkes/SK/III/2007. Tugas Utama Analis Kesehatan Indonesia ialah menjalankan pelayanan laboratorium kesehatan. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Analis kesehatan mempunyai fungsi/kewajiban antara lain:

  1. Mengembangkan prosedur untuk mengambil dan memproses specimen
  2. Melaksanakan uji analitik terhadap reagen dan specimen
  3. Mengoperasikan dan memelihara peralatan laboratorium
  4. Mengevaluasi data laboratorium untuk memastikan akurasi dan prosedur pengendalian mutu dan mengembangkan pemecahan masalah yang berkaitan dengan data hasil uji
  5. Mengevaluasi teknik, instrument dan prosedur baru untuk menentukan manfaat kepraktisannya
  6. Membantu klinisi dalam pemanfaatan data laboratorium secara efektif dan efisien untuk menginterpretasikan hasil uji laboratorium
  7. Merencanakan, mengatur, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan laboratorium
  8. Membimbing dan membina tenaga kesehatan lain dalam bidang teknik kelaboratoriuman
  9. Merancang dan melaksanakan penelitian dalam bidang laboratorium Kesehatan

 

Demikianlah uraian mengenai Pengertian Analis Kesehatan atau AAK. Semoga bermanfaat!

Pengertian Analis Kesehatan atau AAK | aab | 4.5