Teks Eksposisi: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya

Minggu, Oktober 15th, 2017 - B. Indonesia

Teks Eksposisi ialah salah satu jenis ekspansi paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk mengartikan ataupun memberi penjelasan dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  1. Eksposisi berita, mengandung pemberitaan mengenai suatu kejadian. jenis ini banyak ditemui pada kabar berita.
  2. Eksposisi ilustrasi, pengembangannya memakai cerita sederhana ataupun bentuk aktual dari suatu gagasan. Mengilustrasikan suatu dengan sesuatu yang lain yang mempunyai keselarasan ataupun kesamaan karakter. biasanya menggunakan frase penghubung “seperti ilustrasi berikut ini, dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan. ”
  3. Eksposisi proses, kerap ditemui dalam buku-buku pembuatan pabrikasi, penggunaan, ataupun cara-cara tertentu.
  4. Eksposisi perbandingan, dalam hal ini pengarang mencoba menerangkan gagasan dalam kalimat pokok dengan cara membandingkannya dengan masalah lain.
  5. Eksposisi pertentangan, mengandung antagonisme antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. frase penghubung yang umum dipakai ialah “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya. ”
  6. Eksposisi definisi, batasan penjelasan sesuatu dengan menfokuskan pada individual sesuatu itu.
  7. Eksposisi analisis, proses memisah-misahkan suatu permasalahan dari suatu ide pokok menjadi beberapa subbagian, setelah itu masing-masing dikembangkan secara berturut-turut.
  8. Eksposisi klasifikasi, memilah sesuatu serta mengelompokkan ke dalam kategori-kategori.

Teks eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

  1. pernyataan pendapat (tesis): ide pokok mengenai salah satu persoalan berdasarkan kenyataan.
  2. Argumentasi: penjelasan secara lanjut tentang pernyataan pendapat serta pengungkapan fakta sebagai penjelasan dari argumen sang pengarang.
  3. penegasan ulang pendapat: Salah satu penguat dari pendapat serta argumen yang dibantu oleh fakta.

 

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  1. Gaya informasi yang membujuk
  2. Penyampaian teksnya secara lugas serta menggunakan bahasa yang dasar
  3. Mengartikan informasi-informasi pengetahuan
  4. Tidak berpihak berarti tidak mendesakkan kemauan dari pengarang akan pembacanya
  5. Teks Eksposisi berkarakter objektif serta netral
  6. Penjelasannya disertai data-data yang akurat
  7. Fakta dipakai sebagai alat konkritasi dan kontribusi

 

Contoh Teks Eksposisi

Ekonomi Indonesia
By: Aab

Tesis:
Ekonomi rakyat ialah “kegiatan ekonomi masyarakat banyak”. bila dihubungkan dengan aktivitas pertanian, sehingga yang dimaksudkan dengan aktivitas ekonomi masyarakat ialah aktivitas ekonomi orang tani ataupun peternak ataupun nelayan minim, orang tani gurem, orang tani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan ataupun peternak besar ataupun MNC pertanian, dan sejenisnya.

Argumentasi
prospek lain dari ekonomi masyarakat dapat juga diamati dengan menggunakan prospek jargon: “ekonomi dari masyarakat, oleh masyarakat, dan buat rakyat”

“Dari rakyat”, berarti aktivitas ekonomi itu berhubungan dengan pemilikan masyarakat dan aksesibilitas masyarakat akan sumberdaya ekonomi. masyarakat mendominasi dan mempunyai kedaulatan berdasarkan sumber daya untuk mensupport aktivitas produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses pembuatan dan konsumsi dijalani dan diputuskan oleh rakyat. masyarakat mempunyai kedaulatan berdasarkan pengurusan proses produktif dan konsumtif tersebut. berhubungan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), kaum mempunyai pengganti buat menentukan dan menentukan skema eksploitasi, serupa berapa banyak besaran yang mesti dipakai, siapa yang memakai, gimana proses pemanfaatannya, gimana melindungi kelestarian untuk proses eksploitasi selanjutnya, dan serupanya.

“Untuk rakyat”, berarti masyarakat banyak adalah ‘beneficiaries pokok dari tiap aktivitas pembuatan dan konsumsi. masyarakat menerima manfaat, dan indeks kemantaatan setidaknya pokok ialah kebutuhan kaum.

Penegasan ulang:
Dalam hal ini perlu juga dikemukakan bahwa ekonomi masyarakat dapat berhubungan “dengan siapa saja”, dalam maksud aktivitas bisnis dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. juga tidak terdapat pembatasan mengenai besaran, tipe produk, karakter upaya, investasi, dan serupanya. Ekonomi kaum tidak khusus tetapi inklusif dan terbuka. meskipun begitu, karakter elementer diatas sudah juga mewujudkan suatu skema ekonomi yang terdiri dari aktor ekonomi, metode bisnis, norma dan perjanjian (“rule of the game”) yang eksklusif, yang biasanya sudah memudahkan ekonomi masyarakat buat survive dan bertumbuh searah dengan kemajuan sosial ekonomi masyarakatnya.

Teks Eksposisi: Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya | aab | 4.5