1 Meter Berapa Cm

Posted on

1 Meter Berapa Cm – Halo sobat semuanya banyak sekali yang bertanya 1 meter itu berapa cm sih min? Nah pertanyaan itu yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Asal – Usul Meter

Pada awalnya, Meter itu ditetapkan Akademi Sains Perancis (Académie des sciences) yakni 1/10.000.000 jarak panjang dari permukaan Bumi dari Kutub Utara ke Khatulistiwa melalui meridian Paris ditahun 1791, serta pada 7 april 1795 perancis yang memakai meter sebagai jarak resmi bagi panjangnya.

Ketidakpastian didalam suatu pengukuran jarak itu yang menyebabkan Biro Berat kemudian Ukuran Internasional (BIPM – Bureau International des Poids et Mesures) sudah menetapkan 1 meter sebagai jarak diantara dua garisan dalam batang platinum-iridium yang kemudian disimpan dalam Sevres, Perancis sekitaran tahun 1889.

Di tahun 1960, pada saat laser mulai memperkenalkan, Konferensi Umum soal Berat dan juga Ukuran (Conférence Générale des Poids et Mesures/CGPM) ke-11 sudah mengganti definisi meter menjadi 1.650.763,73 kali panjang dari gelombang spektrum cahaya oranye-merah atomkrypton -86 pada suatu ruang hampa atau vakum.

Kemudian ditahun 1983, BIPM menetapkan satuan meter sebagai sebuah jarak yang dilalui cahaya yang melalui vakum di1/299.792.458 detik.

Oleh karenanya kecepatan cahaya didalam vakum yakni sama di manapun saja, definisi ini jauh lebih universal ataupun menyeluruh dibandingkan jarak ukur lilit bumi ataupun panjang batang logam yang tertentu.

Oleh karena itulah, apabila batang logam itu dapat hilang ataupun musnah, maka panjang meter yang standar masih bisa diulangi didalam laboratorium manapun. Selain itu juga ia secara teori bisa diukur juga dengan lebih akurat dibandingkan ukuran yang lainnya.

Setelah kalian memahami asal usul dari satuan meter ini, untuk pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang pengertian meter dan juga centimeter.

Pengertian Meter dan Centimeter

1 5 meter berapa cm

Sebelum kalian ke rumusnya lebih baik kalian mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kedua satuan ini, dan penjelasannya dibawah ini.

  • Pengertian Satuan Meter

Satuan meter yakni satuan dasar yang mendefinisikan satuan panjang suatu benda dalam versi Satuan Internasional (SI). Meter sudah ditetapkan sebagai satuan panjang pada awalnya tahun 1983 sesudah mengalami proses yang sangat panjang. Sejarah meter itu dimulai dari tahun 1791.

Didalam pengukuran panjang, meter yakni satuan yang banyak dipakai sebagai acuan. Negara-negara yang biasanya memakai meter yakni Indonesia dan juga negara-negara Asia yang lainnya. sebab itulah, mengonversikan ukuran panjang ke satuan yang lainnya kepada meter itu sangat penting.

  • Pengertian Satuan Centimeter

Satuan centimeter atau yang dapat disingkat cm yakni satuan yang mendefiniskan panjang suatu benda . Satuan ini merupakan unit untuk (SI) sistem internasional, serta untuk sistem cgs. Apabila dilihat dari turunannya, cm ini termasuk kedalam turunan dari meter.

Konversi dari satuan Meter ke satuan Cm

Karena penjelasan dari masing-masing satuan sudah di urai di atas, maka sekarang kita masuk dalam perhitungan yang sebenarnya.

Baca Juga :  1 Kg Berapa Ons

Seperti yang sudah di ketahui bahwasanya letak dari kedua satuan ini ada tepat didalam satu tangga dalam satuan panjang, akan tetapi posisi meter jauh lebih tinggi dua tingkat.

Dalam pengukuran ataupun konversi dimanapun, pada saat satuan yang akan dikonversikan kelebih tinggi posisinya, maka caranya yakni dikalikan.

Hal ini juga berlaku bagi konversi dari bilangan meter ke satuan centimeter. Nah, cara penghitungannya akan mimin dijelaskan seperti berikut ini.

Karena dari satuan meter ke satuan centimeter yakni berjarak dua tangga, maka didalam konversinya dikalikan dengan bilangan 100.

Sehingga pada saat ingin menemukan jawaban 1 meter itu berapa centimeter, jadi tinggal mengalikannya saja dengan 100. Sehingga dapat di ketahui bahwasanya disetiap 1 meter yakni mewakili 100 centimeter. Contoh lainnya bisa kalian simak dibawah ini.

Apabila ingin mengonversikan 8 meter menjadi bilangan centimeter, jadi tinggal mengalikannya 100. Bilangan 8 dikali 100 maka hasilnya 800. Dengan begitu, 8 meter bisa dikonversikan menjadi centimeter yakni 800 cm.

Hal itu juga berlaku bagi bilangan decimal. Sebagai contohnya yakni bilangan 0,25 meter bisa dikonversikan menjadi centimeter. Maka bisa mengalikan dengan angka 0,25 itu dengan angka 100.

Hasil dari angka 0,25 yang dikalikan 100 ada 25. Sehingga nilai 0,25 meter itu setara dengan 25 centimeter.

Dengan cara begitu, setiap bilangan meter yang mau dikonversikan menjadi cm maka harus di kalikan dengan 100.

Hal ini wajib dikarenakan disetiap turun satu tingkat harus dikalikan bilangan 10. Apabila bilangan yang dimaksud yakni bilangan decimal, maka perlu ketelitian yang lebih lanjut.

Nah untuk pembahasan selanjutnya yaitu tentang beberapa contoh soal yang bisa kalian pahami dan pelajari.

Contoh Soal Konversi Meter ke Centimeter

  • Contoh soal 1

Tinggi tiang bendera yang terdapat di halaman sekolah yakni 6 meter, berapa centimeter kah tiang itu?

jawaban :

Rumus: meter x 100 =…cm

6 x 100 = 600

Jadi tinggi dari tiang bendera itu ialah 600cm

  • Contoh soal 2

Apabila panjang suatu bambu dengan panjang 1,5 meter, berapa cm kah panjang bambu itu?

jawaban :

Rumus = meter x 100 =… cm

1,5 x 100 = 150

Jadi panjang tombak itu ialah 150cm

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai 1 Meter Berapa Cm. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: