10 Contoh Senyawa

Posted on

10 Contoh Senyawa – Adalah yang terpenting ialah kimia anorganik. Berbicara tentang senyawa anorganik, ini tidak berarti bahwa zat ini sangat berbahaya, dan kita tidak bisa menggunakannya setiap hari. Sebenarnya, kami benar-benar menggunakan senyawa kimia anorganik sangat sering, tetapi kami tidak tahu tentang diri kami sendiri.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul 10 Contoh Senyawa. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik, Unsur dan Contoh.

Definisi

Senyawa yaitu zat murni yang terdiri dari dua unsur. Atau ada beberapa unsur yang dapat dipecah menjadi unsur-unsur penyusun sebagai akibat dari reaksi kimia. Misalnya, hidrogen dioksida (air, H2O). Ini adalah senyawa yang terdiri dari dua atom hidrogen untuk setiap atom oksigen.

10 Contoh Senyawa

Karakteristik

  • Senyawa dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai contoh, senyawa yang paling umum adalah air atau (H2O). Ini adalah kombinasi antara oksigen dan hidrogen. Karakteristik senyawa adalah sebagai berikut:
  • Jika Anda memperhatikan, suatu senyawa dapat dipecah menjadi unsur-unsur penyusunnya hanya melalui reaksi kimia biasa.
  • Selain itu, senyawa ini juga dapat terurai secara kimia, tetapi tidak dapat menggunakan metode fisik.
  • Senyawa terdiri dari dua elemen atau lebih sebagai hasil dari reaksi kimia.
  • Senyawa memiliki sifat yang sangat baik dari unsur-unsur penyusunnya.
  • Rasio massa elemen penyusunnya selalu tetap.

Unsur Unsur Senyawa

Jika unsur tersebut adalah zat tunggal yang tidak dapat terurai, maka senyawa tersebut merupakan zat terpisah yang dapat dipecah menjadi dua atau lebih zat. Beberapa contoh senyawa adalah air, sukrosa (gula tebu) dan natrium klorida (garam meja).

Air adalah senyawa, yaitu H20. Air dapat dipisahkan oleh listrik menjadi gas hidrogen (H) dan gas oksigen (O2). Sukrosa dapat dihancurkan dengan memanaskan batu bara (karbon) dan air.

Meskipun natrium klorida juga dapat terurai oleh listrik (elektrolisis), ia membentuk dua elemen, yaitu natrium dan klor. Senyawa dapat dibentuk oleh ikatan kimia dari dua atau lebih jenis elemen. Campuran adalah zat yang terbentuk dari dua atau lebih zat yang masih memiliki sifat aslinya.

Contoh campuran: air teh, air garam, air gula.

Campuran itu sendiri dibagi menjadi campuran homogen dan campuran heterogen, campuran homogen disebut larutan, dan campuran heterogen termasuk koloid dan suspensi.

Penggunaan unsur kimia dalam kehidupan sehari-hari
Unsur kimia sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dengan bahan bakar, perangkat elektronik, bahkan yang paling sederhana adalah bernapas dan hidup.

Baca Juga :  Semboyan Jagalah Kebersihan

10 Contoh Senyawa

Senyawa anorganik biasanya tidak memiliki rantai karbon dalam strukturnya, tetapi ini tidak berarti bahwa senyawa anorganik tidak ada dalam organisme hidup. Berikut adalah beberapa senyawa anorganik yang ada dalam kehidupan sehari-hari:

1 Sodium Hipoklorit [NaClO]
Sodium hypochlorite adalah senyawa kimia paling populer yang digunakan sebagai deterjen untuk pakaian (pemutih / biklin).

2 Silika [SiO2]
Silikon dioksida adalah pasir yang kita temui setiap hari. Silikon dioksida juga ditemukan di piring, perhiasan, dan berbagai item kaca.

3 Magnesium Hidroksida [Mg (OH) 2]
Magnesium hidroksida adalah senyawa anorganik utama. Senyawa ini paling sering digunakan dalam pengobatan mulas.

4 Boraks [Na2B4O7.10H2O]
Borax adalah senyawa anorganik yang telah dinyatakan tidak aman oleh WHO. Saat ini, boraks banyak digunakan dalam produk pembersih yang kita temui setiap hari, seperti toilet dan pembersih lantai.

5 Sodium Hydroxide [NaOH]
Sodium hidroksida adalah senyawa anorganik kristal padat. Senyawa ini banyak digunakan dalam deterjen dan produk pembersih rumah tangga lainnya.

6 Silika [SiO4]
Silika adalah senyawa anorganik yang saat ini sering digunakan sebagai gel penyerap air (silica gel). Kita juga sering bertemu sebagai gel parfum.

7 Kalsium Karbonat [CaCO3]
Kalsium karbonat adalah senyawa anorganik yang secara alami ditemukan di kulit telur. Selain itu, zat ini juga hadir dalam batu kapur, garnit dan obat-obatan.

8 Air [H2O]
Air adalah senyawa anorganik yang sangat sederhana dan kita akan menemukannya setiap hari. Air adalah salah satu senyawa anorganik yang merupakan molekul utama yang membentuk matriks kehidupan.

9 Garam [NaCl]
Garam adalah senyawa anorganik yang kita konsumsi hampir setiap hari. Setiap hari kita membutuhkan sekitar 500 mg garam. Mengkonsumsi terlalu banyak garam akan menyebabkan tekanan darah terlalu tinggi.

10 Asam Sulfat [H2SO4]
Asam sulfat adalah senyawa anorganik yang tidak dapat dikonsumsi, berbahaya bagi organisme hidup. Kami sering menggunakan asam sulfat sebagai air baterai untuk mobil atau sepeda motor.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai 10 Contoh Senyawa. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: