Apa itu Bokeh ? Pengertian dan Situs Bokeh Terkenal

Posted on

Bokeh adalah sebuah istilah dari bahasa Jepang  ‘boke’, yang berarti‘ blur ’atau‘ haze’. Untuk itu, boleh bisa di artikan sebagai kualitas kabur atau tepatnya estetika dari keburaman foto. Pengaburan dalam objek foto dapat dicapai dengan menggunakan kedalaman bidang yang dangkal. Ini dapat digunakan untuk membuat sejumlah efek cahaya yang mencolok atau hanya untuk menyorot subjek dengan menjaga sisa gambar tidak fokus.

Dengan menggunakan fokus yang dangkal (kedalaman bidang), Anda dapat mulai menggunakan jenis efek buram ini untuk keuntungan Anda, menciptakan jenis gambar yang berbeda dengan gaya tajam dan tajam yang sering diprioritaskan dan standar dalam fotografi. itulah arti dan pengertian dari bokeh yang sudah kita jelaskan, sekarang kita lanjut ke apa saja faktor yang bisa membuat sesuatu gambar bisa menjadi bokeh

Shamini – Bokeh

foto bokeh terbaru

Untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang menarik, Anda bisa mulai dengan beberapa langkah berikut ini:

Aperture atau Bukaan Diafragma pada Lensa

Mulailah dengan mengatur kamera Anda untuk mengoptimalkan bokeh. Anda memerlukan lubang lensa besar, seperti f / 1.4, f / 1.8 atau f / 2. Pengaturan diafragma lensa akan kedalaman bidang.

Dalam fotografi bokeh, Anda menginginkan kedalaman bidang yang dangkal, dicapai dengan menggunakan angka f-stop rendah. Ini memungkinkan Anda menerapkan teknik kabur ke latar belakang sementara subjek Anda tetap fokus. Setel kamera Anda ke prioritas apertur.

Kecepatan dalam Membidik Objek

Dalam mode prioritas apertur, Anda dapat membiarkan kamera menentukan kecepatan membidik Anda atau menggunakan pengaturan khusus 1/50 detik mau pun lebih cepat.

Jika Anda lebih lambat dari ini, latar belakang menjadi terlalu banyak, meniadakan efek cahaya pada area sekitar objek. Hal ini dapat menggelapkan gambar, tetapi jangan tergoda untuk mencari nomor f-stop yang lebih tinggi. Sebagai gantinya cobalah untuk meningkatkan level ISO.

Baca Juga :  Sistem Operasi: Pengertian Deadlock

Memperhatikan Subjek dan Pencahayaan

Bokeh lebih mudah dicapai jika Anda bisa mendekati subjek Anda. Gunakan zoom pada kamera untuk membantu, jika perlu. Anda juga akan menemukan bahwa ketika latar belakangnya cerah — misalkan lampu jalan di malam hari atau matahari yang cerah di belakang subjek Anda — bokeh akan terjadi lebih alami.

download bokeh terbaru

Ngoc Bao Pham – Tanpa Judul

Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa perhatikan beberapa hal di bawah.

Setelah Anda menguasai teknik dasar di balik bokeh, Anda akan segera menemukan jenis latar belakang dan materi pelajaran yang paling sesuai dengan gaya Anda. Anda dapat memanfaatkan teknik ini lebih jauh dengan membuat lensa Anda sendiri untuk bermain dengan bentuk dan kondisi pencahayaan tertentu.

Salah satunya adalah dengan menangkap gambar kota menggunakan teknik ini.

Salah satu latar di mana fotografi bokeh sangat efektif adalah di kota pada malam hari. Deras lampu dan sorotan jalanan dapat ditangkap dengan suasana yang lebih besar ketika Anda membiarkan gambar sedikit kabur.

Blurring juga merupakan cara yang bagus untuk mengekspresikan gerakan dalam fotografi, memungkinkan Anda untuk menggambarkan sifat sibuk lanskap kota dan desas-desus kehidupan kosmopolitan di malam hari.

Ingat bahwa bokeh adalah efek yang dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai estetika yang berbeda; itu tidak terbatas pada jenis subjek tertentu. Anda dapat menggunakan bokeh dengan subjek mulai dari daun jatuh dan bunga makro hingga mainan kecil dan pohon Natal. Cobalah, dan Anda akan melihat betapa bergunanya teknik satu ini.

Situs Untuk Mendapatkan file bokeh dan download bokeh gratis

ada beberapa tempat situs grats untuk mendapatkan file video bokeh diantaranya adalah berikut

https://pixabay.com/

https://videos.pexels.com

http://www.vidsplay.com/

http://www.coverr.co/

 

Semoga informasi tentang bokeh ini bisa bermanfaat ya guys.