Contoh Cerita Mitos

Posted on

Contoh Cerita Mitos – Mitologi atau mitos adalah kumpulan cerita-cerita tradisional yang biasanya diceritakan dalam satu generasi agresi dalam suatu bangsa atau keluarga dan disusun dalam suatu struktur yang menceritakan semua mitos dalam semua versi yang berkaitan dengan budaya yang mengelilinginya dan berbagai respons dari komunitas tentang mitos ini.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Cerita Mitos. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Contoh.

Pengertian

Menurut KKBI, mitos adalah sejarah bangsa tentang dewa dan pahlawan di zaman kuno, yang memiliki makna interpretasi tentang asal usul alam semesta, manusia dan bangsa yang memiliki makna mendalam yang diekspresikan secara supernatural.

Contoh Cerita Mitos

Mitos adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani muthos yang secara harfiah berarti cerita atau sesuatu yang orang katakan, dan dalam arti yang lebih luas dapat bermakna sebagai penegasan, selain mitos itu juga dikombinasikan dengan kata mitologi dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sebagai studi mitos atau konten mitos.

Karakteristik Mitos

  • Motivasi, menurut Barthes, bentuk mitos memiliki motivasi. Mitos diciptakan untuk membuat pilihan berbagai konsep yang mungkin yang akan digunakan berdasarkan sistem meioting tingkat pertama.
  • Pernyataan faktual adalah mitos yang menaturalisasikan pesan sehingga kita dapat menerimanya dengan kebenaran yang tidak perlu kita diskusikan lagi.
  • Distorsif, adalah hubungan antara bentuk dan konsep yang mendistorsi dan merusak. Menyembunyikan bentuk-bentuk yang terdistorsi sehingga mereka memiliki makna dalam sistem tingkat atas bukan lagi makna langsung bagi fakta nyata.
  • Intensif, itu adalah mitos yang tidak terjadi begitu saja, mitos seperti ini sengaja dibuat, dibangun oleh budaya masyarakat dengan makna yang memiliki tujuan tertentu.

Fungsi Mitos

  • Merangsang pertumbuhan kreativitas berpikir.
  • Tanamkan dan perkuat nilai-nilai budaya tertentu, pemikiran atau pengetahuan.
  • Sebuah pedoman untuk mendukung masyarakat dalam membangun ke sosialisasian dengan anggota mereka.
  • Ini adalah alat pengajaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai budaya, norma sosial dan kepercayaan tertentu.
  • Ini berfungsi untuk mengembangkan simbol yang sangat berguna yang juga menjelaskan fenomena lingkungan yang dihadapinya.

Contoh Cerita Mitos

Berikut adalah beberapa contoh mitos yang begitu mengakar dalam masyarakat sehingga diturunkan dari generasi ke generasi.

Contoh Cerita Mitos Polybius

Polybius adalah nama permainan video imajiner dari legenda urban yang beredar dan terkenal di Internet. Legenda ini muncul kembali pada 1980-an di lokasi video game di sebuah arcade di Portland, Oregon.

Menurut legenda ini, Polybius adalah permainan video di ruang permainan di Portland pada 1980-an yang dikembangkan oleh pemerintah dan memiliki efek psikologis aneh pada siapa pun yang memainkannya.

Laki-laki misterius dengan jaket hitam akan secara berkala muncul untuk mengambil data dari permainan untuk menganalisis para pemain.

Baca Juga :  Majas Anafora

Contoh Cerita Mitos Pohon Berhantu

Vietnam adalah salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki banyak sejarah menakutkan dan legenda kota. Salah satu legenda urban mereka ada di taman hijau di negara ini.

Menurut legenda mereka, ada banyak hantu di Vietnam yang benar-benar ingin mencari tempat tinggal. Hantu sering menuju ke pedesaan Vietnam di mana mereka akan tinggal di salah satu dari banyak pohon besar di pedesaan.

Orang Vietnam mempercayainya, jadi mereka percaya bahwa jika seseorang menebang atau menghancurkan pohon tanpa terlebih dahulu meminta hantu untuk pergi, maka mereka akan dikutuk dengan nasib buruk selama sisa hidup mereka.

Contoh Cerita Mitos Anak-anak Bermata Hitam

Mitos anak-anak bermata hitam ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Legenda ini telah menjadi sangat populer sejak pertengahan 90-an, setelah seorang jurnalis di Texas menulis artikel tentang pengalamannya dengan makhluk-makhluk ini.

Mitos anak-anak bermata hitam sering diceritakan dengan berbagai variasi. Namun, yang paling terkenal adalah salah satu anak yang datang ke pintu atau jendela rumah untuk meminta izin masuk ke rumah seseorang.

Contoh Cerita Mitos Penyihir dari Auckland

Di Auckland, Selandia Baru, ada taman besar yang dikenal sebagai domain Auckland. Taman ini adalah taman tertua di wilayah ini dan memiliki sisi sejarah yang agak gelap.

Padahal, taman ini adalah tempat yang menyenangkan untuk berjalan. Namun, ketika malam tiba, suasananya menjadi sangat menakutkan.

Menurut legenda, tiga penyihir digantung di taman ini pada abad ke-19. Sekarang penduduk setempat mengatakan bahwa jika seseorang melintasi wilayah Auckland pada malam hari, orang itu akan mendengar teriakan menakutkan dari salah satu penyihir yang menjalani saat-saat terakhir mereka di taman.

Contoh Cerita Mitos Skin Walkers

Skin-Walker adalah mitos dan legenda penduduk asli Amerika. Makhluk-makhluk ini berasal dari legenda Navajo, mereka disebut sebagai jenis penyihir jahat yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi semua jenis hewan yang diinginkan.

Setelah menyamar sebagai binatang, Skin-Walker menggunakannya untuk menipu orang dan menyerang mereka.

Seperti kisah orang Navajo lainnya, detail yang pasti dari Skin-Walkers adalah sesuatu yang banyak orang Navajo enggan untuk bercerita dengan orang-orang non-Navajo, karena kisahnya sangat dekat dengan budaya mereka.

Tetapi yang paling penting dari Skin Walker ini adalah mereka sangat menakutkan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Cerita Mitos. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: