Contoh Drama Beserta Unsur Intrinsik

Posted on

Contoh Drama Beserta Unsur Intrinsik – adalah suatu seni yang berupa karya sastra dalam bentuk peran di atas panggung. Drama yaitu kisah yang ditulis oleh seorang sutradara secara tertulis yang disebut asainka.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Drama Beserta Unsur Intrinsik. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik dan Contoh

Definisi

Drama adalah bentuk yang memiliki elemen struktural. kita juga tahu bahwa karya sastra dikembangkan menjadi dua unsur, yaitu unsur eksternal dan internal.

Contoh Drama Beserta Unsur Intrinsik

Karakteristik

Dialog

Drama ini juga memiliki unsur dialog. Memahami dialog adalah serangkaian percakapan dalam sejarah. Dialog dapat terdiri dari satu karakter dengan karakter lain, juga dapat berupa dialog itu sendiri atau disebut monolog. Dialog ini memberikan penjelasan terkait jalannya cerita, biasanya juga disertai dengan gaya atau ekspresi.

Bahasa

Elemen integral berikutnya dari drama adalah bahasa atau gaya bahasa. Bahasa adalah kata yang digunakan dalam percakapan dramatis. Bahasa juga dapat menggambarkan karakter, pengaturan, atau peristiwa karakter.

Konflik

Konflik juga termasuk dalam elemen-elemen penting dari drama. Arti Argumentasi adalah pertentangan atau masalah yang muncul dalam drama. Adanya konflik terletak di jantung masalah dalam drama. Dalam drama 1, konflik dapat terjadi atau lebih.

Amanat

Sama pentingnya dalam unsur-unsur drama adalah mandat. Dengan mandat berarti pesan yang ingin disampaikan penulis kepada audiens. Mandat drama atau pesan disampaikan melalui peran karakter dalam plot dramatis.

Latar

Berikutnya adalah elemen latar belakang atau pengaturan. Pengaturan terdiri dari pengaturan tempat untuk menggambarkan lokasi drama, pengaturan waktu untuk memberikan informasi tentang kapan adegan dalam drama terjadi, dan pengaturan situasi untuk menjelaskan suasana dalam cerita dalam drama.

Tema

Tema dalam sebuah drama adalah salah satu elemen penting dari sebuah drama. Memahami tema drama adalah ide utama atau ide dasar dari sebuah cerita dramatis. Kita dapat mengatakan bahwa tema tersebut adalah ide utama dari seluruh sejarah drama.

Alur

Drama ini juga memiliki alur cerita. Arti alur cerita dalam drama adalah alur pertunjukan dramatis dari babak pertama hingga babak terakhir. Plot juga disebut plot. Biasanya jalan cerita dimulai dengan tahapan pemaparan, komplikasi, klimaks dan resolusi.

Tokoh

Elemen integral selanjutnya dari drama adalah karakter. Dengan karakter yang dimaksud adalah karakter dalam cerita. Karakter dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti karakter utama atau karakter utama dan tambahan, yang memainkan peran sekunder.

Baca Juga :  Contoh Bidal

Contoh Drama Beserta Unsur Intrinsik

Yuniza: “Bagus, bagus.” (saat bangun dan memesan minuman)
Suci: “Minum saja, aku akan membayar. Sudah lama sekali, Anda tidak memperlakukan kalian. “
Olfia dan yang lainnya: “Terima kasih, ayam.” (terlihat sangat senang)
Bel pintu masuk berdering.

Lina: “Bel sudah pergi. Ayo pergi ke kelas! (Berdiri)
Yuniza et al. “Ayolah!” (bangun dan mengundang teman-teman lain)
Di kelas, pelajaran telah dimulai. Guru berada di depan kelas untuk melanjutkan pelajaran minggu lalu.

Guru: “Anak-anak, seperti yang saya perintahkan kepada Anda minggu lalu, kita akan belajar cara membuat telur asin. Silakan berkumpul dengan masing-masing anggota grup. Kemudian ambil barang-barang yang Anda suruh saya bawa dan letakkan di atas meja. “
Lina: “Kamu membawa barang-barang yang diserahkan kemarin, kan?”
Suci et al. “Tolong, bawa.” (Menarik hal-hal dan meletakkannya di atas meja)

Siska: “Bagaimana ada begitu banyak abu di atasnya? Kami hanya butuh sedikit. “
Yuniza: “Bagaimana cara menggosok abunya?”
Suci: “Tapi tidak sebanyak itu. Ini terlalu banyak. “
Olpia: “Ini benar-benar banyak, ayam.”
Lina: Kenapa kamu tidak percaya padaku? Meisya dan Susi benar-benar

berkata, menggosok abu benar-benar melakukannya. “(Sedikit kesal)
Siska: “Tapi tidak terlalu banyak, Flor. Ayam baik-baik saja?
Suci: “Ya, tidak terlalu banyak. Sini, biarkan aku melakukannya! (mengangkat abu)
Yuniza: “Aku akan melakukannya! Kamu tidak tahu. “(Mengambil abu dari tangan Suci)

Melda, Olfia, Lina, Suci, dan Siska berebut untuk menggosok abu yang digosok, dan akhirnya semua abu yang terhapus tumpah dan mereka jatuh.
Guru: “Apa ini? Mengapa abu lusuh terbang terpisah dan hancur berantakan? Sekarang Kalian mengambilnya dan nilai Kalian turun. “(terlihat jahat)

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Drama Beserta Unsur Intrinsik. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: