Contoh Kutipan Langsung

Posted on

Contoh Kutipan Langsung – Pada kesempatan ini admin akan memaparkan materi mengenai kutipan langsung. Kutipan langsung ini sendiri merupakan pendapat orang yang popiler atau terkenal dimana akan kita gambarkan atau paparkan lagi.

Contoh Kutipan Langsung

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Gurindam. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Fungsi, Macam dan Contoh.

Sebelum kita memberi contoh dari tema di atas, alangkah baiknya sobat semua untuk dapat memahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan kutipan langsung. Langsung saja ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Kutipan langsung merupakan pinjaman kalimat atau pendapat seseorang dari penulis atau seseorang yang sangat terkenal (populer), baik dalam buku, koran, majalah, atau bahkan media elektronik. Definisi kutipan adalah pengulangan ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ungkapan yang dikutip itu terkenal atau bahkan secara eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber asli dan juga ditandai dengan (diselingi dengan) kutipan.

Fungsi Kutipan Langsung

Fungsi kutipan langsung ini sendiri merupakan sebagai bukti atau memperkuat pendapat penulis. Perbedaannya ialah dengan plagiarisme, perbedaannya ialah plagiarisme mengambil pendapat orang lain tanpa atau tidak menyebutkan sumbernya untuk mempertimbangkan pendapat diri sendiri / pikiran seseorang.

Kemudian kutipan langsung digunakan untuk dapat mengekspresikan definisi atau pemahaman istilah / konsep tertentu, menggambarkan suatu formula atau rumus dan bahkan mengekspresikan posisi / pendapat seseorang. Setelah memahami apa arti kutipan, tidak lengkap jika macam-macam kutipan langsung ini tidak diketahui.

Macam-Macam Kutipan Langsung

Berikut inilah penjelasan dari macam-macam kutipan langsung, yang di paparkan di bawah ini.

Kutipan langsung dibagi lagi menjadi dua, yaitu kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang. berikut penjelasannya:

Kutipan Langsung Pendek

Penulis mengutip sumber bacaan yang berjumlah kurang dari 4 baris, teks yang dikutip termasuk sebagai bagian dari tulisannya dan juga sebagai kelanjutan dari tubuh penulisan (bukan paragraf baru) menggunakan formulir yang diekstraksi dalam bentuk dua poin.

Di bagian atas dan juga dua di kalimat pertama yang dikutip. Kutipan langsung pendek ditulis bersama dalam paragraf tulisan. Kutipan ini memisahkan frasa kutipan dari kalimat penulis. Sumber kutipan ditulis di sebelah kalimat kutipan.

Berikut ini adalah karakteristik kutipan langsung pendek, termasuk yang berikut:

  • Dikelilingi oleh tanda kutip
  • Tidak lebih dari empat baris
  • Terintegrasi langsung dengan teks
  • Spasi antara baris teks yang sama

Kutipan Langsung Panjang

Di bawah ini adalah persyaratan untuk kutipan langsung panjang, termasuk yang berikut:

  • Gaya Asosiasi Bahasa Modern , atau jika panjang kalimat yang dikutip oleh penulis melebihi 4 baris.
  • Jika penulis mengutip sumber bacaan hingga 4 baris atau lebih, teks yang dikutip tersebut diketikkan dalam alenia baru.
  • Gaya American Psychological Association, atau jika panjang kalimat yang dikutip oleh penulis melebihi 40 kata.
Baca Juga :  Observasi: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Tujuan

Berikut ini adalah karakteristik kutipan langsung panjang, termasuk yang berikut:

  • Diberi jarak pertemuan antara garis kutipan.
  • Itu bisa dilampirkan dalam tanda kutip, mungkin atau tidak.
  • Dipisahkan dari teks menggunakan spasi (jarak antar baris) lebih dari teks,

Contoh kutipan langsung

Berikut ini admin akan berikan beberapa contoh dari kutipan langsung yang dimana di ulas secara jelas.

Contoh kutipan langsung pendek 1

Ekarasi (Ekarasi, 2015: 132) menyatakan bahwa “seseorang mengalami depresi mental ketika permintaan meningkat tetapi tidak dapat mengejar permintaan tersebut”.

Contoh kutipan langsung pendek 2

Hubungan antara organisasi dan manusia yang membuatnya sangat dekat, sesuai dengan pemahaman organisasi, “Organisasi adalah respon dan alat untuk menciptakan nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia”. (Wirawan, 2007)

Contoh kutipan langsung pendek 3

Pendapat dari Gorys Keraf dalam bukunya Argumentation and Narration (1983: 3), argumentasi adalah bentuk retorika yang berusaha untuk dapat mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan pada akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembicara.

Contoh kutipan langsung panjang 1

Menurut pendapat Kridalaksana (1996: 2), variasi linguistik berdasarkan pengguna linguistik dibagi menjadi empat jenis sebagai berikut.

  • Dialek sosial adalah dialek yang digunakan oleh kelompok sosial tertentu atau yang menandai strata sosial tertentu.
  • Dialek temporal adalah dialek yang digunakan untuk periode waktu tertentu. Ideolek adalah seluruh fitur bahasa Anda.
  • Dialek regional adalah variasi bahasa menurut wilayah. Variasi regional membedakan bahasa yang digunakan di satu tempat dari yang digunakan di tempat lain.

Contoh kutipan langsung panjang 2

Golcman dalam karyanya berjudul The new leader; Mengubah seni kepemimpinan dalam ilmu hasil dengan mengutip pendapat Kolb menyatakan bahwa pembelajaran dapat terjadi dengan cara berikut:

  • Metode konstruksi: kembangkan teori yang memahami apa yang mereka amati
  • Belajar dari cobaan dan kesalahan: mencoba sesuatu dengan secara aktif mengalami pendekatan baru.
  • Pengalaman konkret: pengalaman yang memungkinkan mereka untuk melihat dan merasakan itulah masalahnya
  • Refleksi: memikirkan pengalaman sendiri dan orang lain

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai contoh kutipan langsung. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: