Contoh Netral

Posted on

Contoh Netral – Di lingkungan akan ada hubungan atau interaksi juga diantara makhluk hidup satu dengan yang lain. Keberadaan interaksi ini adalah untuk menciptakan keseimbangan ekosistem.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Netral. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi dan Contoh.

Definisi

Netral adalah simbiosis yang terjadi antara makhluk hidup satu sama lain, ketika dua makhluk hidup tidak terluka dan tidak dalam posisi yang dirugikan, mereka berada di bidang yang sama, tetapi keduanya sangat netral.

Contoh Netral

Berikut adalah beberapa contoh simbiosis netralisme.

Contoh Netral

Contoh {1}

Katak dengan ikan

Katak, yang merupakan amfibi, juga akan mencari makanan di dalam air. Mereka akan bertemu beberapa spesies ikan yang juga mencari makanan di dasar air atau di permukaan air. Meskipun demikian, katak tidak akan memakan makanan yang dikonsumsi oleh ikan, mereka akan sibuk mencari makanan sendiri. Selain itu, meskipun mereka berdua berada di area yang sama, mereka tidak akan bertarung untuk wilayah satu sama lain; sebaliknya, mereka akan bergabung satu sama lain.

Contoh {2}

Panda dan seekor monyet

Kera panda dan antropoid adalah dua makhluk hidup yang memiliki kepribadian yang sepenuhnya berlawanan. Panda dengan kepribadian malas bergerak, dan monyet selalu aktif berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Interaksi yang terjadi di antara mereka sangat normal, mereka tidak saling mengganggu dan tidak bersaing dalam memperebutkan wilayah atau makanan. Karena itu, tidak mengherankan jika panda dan monyet disatukan dalam satu bidang, keduanya akan damai, dan pola interaksi yang terjadi di antara mereka adalah apa yang disebut simbiosis netralisme.

Contoh {3}

Kambing Dengan Ayam

Kambing, yang merupakan herbivora, memiliki hubungan yang baik dengan ayam. Ini terbukti dari kenalan mereka ketika mereka digabungkan dalam satu bidang tertentu. Mereka berdua tidak akan memperjuangkan makanan atau wilayah mereka, melainkan mereka berbaur satu sama lain. Selain itu, faktor perbedaan nutrisi di antara mereka adalah faktor terpenting bagi kedua makhluk hidup ini untuk hidup dalam damai, dan tidak ada persaingan atau pemangsaan. Jadi hubungan antara keduanya dapat dikatakan sebagai salah satu contoh simbiosis netralisme yang muncul antara hewan dengan hewan lainnya

Contoh {4}

Lebah Capung

Interaksi selanjutnya adalah interaksi antara lebah dan capung yang sama dengan makhluk hidup kecil yang sering terbang bebas di satu area atau di area yang lebih luas. Namun, jika dua makhluk bertemu, mereka tidak akan saling mengganggu. Ini karena kebiasaan mereka sangat kontradiktif.

Lebah akan mencari nektar sebagai makanan tanpa bersaing dengan capung, dan jika lebah menetap di suatu tempat, maka capung tidak akan mengganggu atau mengganggu aktivitas lebah. Interaksi yang terjadi antara keduanya cukup damai, sehingga tidak mengherankan jika keduanya termasuk dalam contoh netralisme simbiotik pada hewan.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi Definisi

Contoh {5]

Semut rayap

Semut dan rayap adalah serangga kecil yang sama yang biasanya bekerja dalam kelompok untuk mencari makanan atau tempat tinggal. Jika kedua serangga ini berkumpul di satu area, mereka tidak akan saling mempengaruhi dan tidak akan saling merugikan atau menguntungkan. Ini karena semut akan menciptakan atau menemukan tempatnya seumur hidup, serta mencari makanan melalui kerja sama timbal balik.

Meskipun rayap akan melakukan hal yang sama, mereka akan mencari tempat dan makanan yang akan dikumpulkan dan digunakan sebagai cadangan makanan ketika musim hujan tiba. Pola interaksi di antara mereka sangat netral, sehingga tidak mengherankan bahwa kedua serangga ini termasuk dalam simbiosis netralisme.

Contoh {6}

Lele Dengan Ikan Sapu

Jika beberapa spesies ikan di satu tempat dengan makanan yang sama akan menyebabkan persaingan di antara mereka, tetapi ini tidak berlaku untuk ikan lele dengan sapu. Kedua ikan ini, berada di satu tempat, tidak menyebabkan persaingan atau pemangsaan. Ini karena makanan mereka sangat berbeda, walaupun mereka berada di tempat yang sama. Di mana lele akan memakan makanan dalam bentuk butiran, dan sapu akan memakan lumut, yang terletak di tempat ini. Dengan demikian, hubungan di antara mereka dapat disebut netral, yaitu, mereka tidak saling merugikan atau saling menguntungkan.

Contoh {7}

Burung hantu dan kambing

Burung hantu, yang dikenal sebagai hewan nokturnal, memiliki hubungan netral dengan kambing. Bahkan jika mereka berdua berada di area yang sama, mereka tidak akan saling mengganggu. Bagaimana kabarmu? Kambing akan memakan rumput di pagi hari, tanpa mengganggu burung hantu yang tidur di sekitar pohon dekat kambing, ada rumput, dan burung hantu itu sendiri akan mencari mangsa di malam hari ketika kambing sedang tidur. Burung hantu, tentu saja, tidak akan mengganggu kambing, tetapi ia akan fokus pada mangsa. Jadi, pola interaksi burung hantu dan kambing dapat disebut salah satu contoh netralisme simbiosis.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Netral. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: