Contoh Paragraf Argumentasi

Posted on

Contoh Paragraf Argumentasi – Pendapat dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), paragraf ini merupakan alasan untuk memperkuat atau menolak ide atau pendapat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Argumentasi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam, Karakteristik, Keuntungan, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Paragraf ini menjelaskan dengan isi presentasi berdasarkan bukti, alasan, dan contoh peristiwa nyata yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca sehingga ia yakin akan masalahnya.

Contoh Paragraf Argumentasi

Membuat paragraf ini sendiri sebenarnya mudah jika penulis telah mengerti dan sudah memiliki banyak pengalaman menulis atau menulis, tetapi bagi Anda yang masih belajar, mereka mungkin akan kesulitan ketika diminta untuk membuat paragraf topik, sehingga untuk membuat lebih mudah untuk menulis paragraf topik dengan cara Anda harus memahami definisi dan mengetahui fitur-fiturnya. dengan cara ini Anda akan memiliki instruksi untuk membuat paragraf argumen.

Pendapat Para Ahli Mengenai Paragraf Argumentasi

A.) Pendapat Keraf, paragraf ini merupakan suatu paragraf yang bertujuan untuk mempertahankan kebenaran dan pendapat pembaca untuk berperilaku dan berpikir seperti penulis.

B.) Pendapat Priyatni, paragraf ini merupakan suatu paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang sesuatu.

Macam-Macam Paragraf Argumentasi

Berikut inilah macam-macam bentuk dari paragraf ini, yaitu:

A.) Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf ini dimulai dengan penjelasan tentang efek yang terjadi sehingga suatu fenomena / masalah muncul dan diakhiri dengan deskripsi tentang apa yang menyebabkan efek tersebut. Setiap presentasi disertai dengan data faktual atau data yang mendukung pendapat penulis.

B.) Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Paragraf ini dimulai dengan pendapat tentang penyebab munculnya suatu fenomena / masalah, juga dapat disertai dengan data faktual yang kemudian pada akhir kalimat diarahkan pada kesimpulan umum yang berasal dari sebab-sebab tersebut.

Karakteristik Paragraf Argumentasi

Berikut inilah bentuk karakteristik dari paragraf ini, yaitu:

  • Jelaskan fenomena dengan menganalisis dan menganalisis fenomena / masalah.
  • Itu berakhir dengan kesimpulan dari pendapat penulis.
  • Berisi pendapat atau pendapat penulis tentang suatu fenomena.
  • Ada fakta atau contoh yang mendukung pendapat penulis.

Tujuan Paragraf Argumentasi

Berikut inilah tujuan dari paragraf ini, yaitu:

  • Untuk mempengaruhi perilaku pembaca.
  • Menarik simpati pembaca.
  • Untuk membuat pembaca yakin akan ide penulis.
  • Untuk mengekspresikan ide, pandangan atau ide penulis.
  • Mendorong atau mencegah seseorang melakukan sesuatu.

Susunan Paragraf Argumentasi

Berikut inilah susunan dalam penulisan atau pembuatan dari paragraf ini, yaitu:

  • Pendahuluan.
  • Tubuh.
  • Kesimpulan atau ringkasan.

Keuntungan Paragraf Argumentasi

  • Paragraf ini digunakan saat kita mengkritik sesuatu.
  • Paragraf ini digunakan sebagai menulis suatu karya ilmiah.

Contoh Paragraf Argumentasi

Berikut inilah contoh-contoh dari paragraf ini, yaitu:

Contoh Dari Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Contoh 1:

Lapisan atmosfer bumi hampir habis. Lapisan ozon di beberapa daerah bahkan telah menghilang. Lapisan atmosfer ini berfungsi sebagai perlindungan bumi dari sinar matahari langsung dan dari benda asing dari luar angkasa. Perubahan iklim juga merupakan bentuk kerusakan bumi. Waktu di bumi menjadi tidak pasti. Semua fenomena disebabkan oleh aktivitas manusia yang merusak, seperti menebang pohon, limbah, asap kendaraan dan lainnya.

Contoh 2:

Universitas Indonesia telah menjadi universitas terbaik di Indonesia. Menurut urutan lembaga perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia berada di tempat pertama. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hasil yang luar biasa dari para siswa di berbagai bidang baik acara nasional maupun internasional. Guru yang cerdas dan luar biasa menjadi tim guru yang berperan dalam membentuk kualitas siswa mereka. Akses mudah ke pengetahuan di Universitas Indonesia dan fasilitas lengkap yang diberikan kepada siswa adalah faktor pendukung untuk mencapai hasil ini.

Contoh 3:

Jakarta Barat terendam banjir yang mencapai lutut. Banyak rumah terendam banjir. Aktivitas warga di daerah itu juga terhambat. Sekolah ditutup Banyak kendaraan bermotor tidak dapat berfungsi karena banjir. Menurut berbagai media massa, banjir yang terjadi disebabkan oleh hujan lebat. Daerah itu dibanjiri oleh hujan deras selama tiga hari berturut-turut sehingga sungai tidak bisa menampung air hujan.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Baca Juga :  Contoh Feature

Contoh 1:

Menurut WHO, penyakit dengan jumlah tertinggi di setiap negara adalah penyakit jantung. Penyebab penyakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan berlemak, minum kopi setiap hari, jarang berolahraga dan suka makanan cepat saji. Hal ini menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah dan meningkatkan kerja jantung. Akibatnya jantung mengalami kegagalan pekerjaan dan dapat menyebabkan kematian.

Contoh 2:

Pergantian tahun hampir tiba. Tahun baru adalah waktu yang diharapkan bagi setiap keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Pergantian tahun yang berdekatan dengan tanggal Natal, yaitu 25 Desember, dan juga liburan semester membuat suasana liburan lebih ramai dan semarak. Setiap keluarga pasti akan mempersiapkan program liburan mereka jauh-jauh hari. Banyak orang akan memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi mereka untuk bepergian. Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas selama liburan semakin ramai. Akibatnya, seringkali karena kemacetan yang ditimbulkan, waktu tempuh menjadi sangat lama.

Contoh 3:

Lely berniat menurunkan berat badan. Berat badan ideal dapat dihitung dengan rumus BMI (indeks massa tubuh) dengan perbandingan antara berat badan dan tinggi badan. Dia mengubah dietnya untuk mengikuti prinsip-prinsip diet vege, hanya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran tanpa karbohidrat dan protein. Diet ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh, itu tidak sepenuhnya benar. Tubuh juga membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein dalam proses pembentukan energi. Mineral saja tidak cukup untuk memenuhi nutrisi tubuh. Inilah yang menyebabkan tubuh Lely akhirnya merasa lemah, pusing dan tanpa kekuatan.

Contoh Paragraf Argumentasi Lainnya

Contoh 1:

Sekolah

Sekolah Madrasah Al Athallah memenangkan penghargaan sebagai sekolah terbaik di Indonesia. Banyak menghasilkan siswa yang sukses dari Sekolah Madrasah Al Athallah.

Hal semacam ini ditunjukkan oleh keberadaan juara Olimpiade yang sukses dari sekolah ini. Tidak hanya itu, keberhasilan yang membanggakan lainnya serta di bidang ekonomi akuntansi, ada bidang lain yang juga unggul sebagai olahraga dan otomotif.

Setahun yang lalu, sekolah ini mengirim 50 atlet sebagai perwakilan Indonesia ke acara Sea Games sebagai lompat jauh, sekolah ini berpartisipasi dalam kompetisi lompat jauh internasional di London, Inggris.

Hasil yang membanggakan ini tidak hanya berhasil, tetapi itu semua karena kerja keras dewan guru dan komite sekolah, yang selalu berkomitmen untuk menghasilkan siswa dengan nilai bagus.

Contoh 2:

Ekonomi

Saat ini dapat dikatakan bahwa biaya pendidikan di Indonesia mahal. Meskipun pemerintah telah memberikan bantuan, siswa masih diharuskan membayar biaya untuk kebutuhan sekolah, seperti seragam, pakaian, buku, dan sebagainya.

Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya di sekolah dasar, tetapi juga di perguruan tinggi.

Banyak anak yang lulus sekolah menengah lebih suka bekerja dibandingkan melanjutkan kuliah. Sehingga pendidikan di Indonesia tidak teratur dan terfokus hanya pada orang yang mampu.

Bagi orang miskin, pendidikan tinggi hanyalah mimpi.

Contoh 3:

Agama

Di era informasi, keragaman masyarakat cenderung menjadi beban daripada modal bangsa. Ini bisa dilihat dari munculnya berbagai masalah yang sumbernya “berbau” keberagaman, terutama di bidang agama. Sejumlah pertanyaan serius bersifat religius, seperti di Poso, Sulawesi Tengah, Ambon. Maluku benar-benar tenang. Namun, masalah baru juga muncul, seperti dalam kasus kontroversi tentang kehadiran pengikut Ahmadiyah.

Contoh 4:

Budaya

Banyak aspek positif serta negatif atas program JD ini. Apbila diperhatikan dari segi positif, bersamaan atas digunakannys bahasa daerah Jawa dan kebudayaan Jawa tak akan mudah terkikis oleh zaman. Apalagi mengingat kondisi saat ini, sebagian besar generasi muda pribumi Jawa benar-benar tidak tahu bagaimana berbicara bahasa Jawa. Lingkungan tempat mereka berkembang belum membiasakan mereka berbicara bahasa Jawa. Akibatnya, ketika Anda harus berinteraksi dengan orang-orang di luar lingkungan yang masih menggunakan bahasa Jawa, komunikasi terhambat.

Dilihat dari sisi negatifnya, program ini dapat menimbulkan masalah besar. Ini karena siswa yang belajar di Surabaya bukan hanya siswa asli Jawa. Banyak siswa di luar Jawa tidak bisa berbahasa Jawa, bahkan jika mereka tidak tahu bahasa tersebut.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Argumentasi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: