Contoh Paragraf Persuasi

Posted on

Contoh Paragraf Persuasi – Menulis kalimat atau paragraf persuasi dapat dikatakan sulit dan juga mudah. Ini karena komposisinya kurang efektif (terlalu lama atau menggunakan istilah yang tidak mudah dipahami oleh target persuasi) atau kurang konsentrasi secara tertulis sehingga target menjadi menyimpang.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Persuasi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Ciri dan Contoh.

Pengertian

Paragraf ini merupakan kalimat atau paragraf yang isinya adalah ajakan, persuasi, ketertarikan atau rayuan untuk tujuan mempengaruhi pembaca sehingga pembaca mengikuti kehendak penulis.

Contoh Paragraf Persuasi

Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis harus memberikan bukti dan data pendukung yang kuat dan sesuai dengan fakta yang tersedia sehingga pembaca lebih percaya diri terhadap isi tulisan yang disajikan dan bersedia menyetujui atau mengikuti apa yang ditransmisikan oleh ‘penulis.

Seperti namanya, esai persuasi adalah esai yang dirancang untuk mengundang, mendorong, atau memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Tulisan persuasif juga menghadirkan bukti yang meyakinkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Esai persuasi umumnya dalam bentuk banding, peringatan atau iklan.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Adapun ciri-ciri dari paragraf ini ialah sebagai berikut:

  1. Bahasa yang digunakan umumnya menghindari konflik agar tidak kehilangan minat pembaca dan menawarkan kesempatan kepada pembaca untuk setuju dengan pemikiran penulis dan mengikuti mereka, terutama jika ada topik lain selain yang diungkapkan oleh penulis.
  2. Ada undangan untuk mengikuti atau melakukan sesuatu.
  3. Ada data berdasarkan fakta, contoh, argumen, perhitungan dan sebagainya untuk memperkuat alasan dan meyakinkan pembaca untuk mengikuti atau melakukan hal-hal yang ditransmisikan oleh penulis.

Contoh Paragraf Persuasi

Berikut inilah contoh-contoh dari paragraf ini yang di bentuk dalam sebuah kalimat. Yaitu sebagai berikut:

Contoh Paragraf Persuasi Kesehatan

Sarapan sering hilang dari banyak orang. Alasan melewatkan sarapan ternyata berbeda, mulai dari tidak bisa melakukannya, karena mereka harus buru-buru pergi kerja atau sekolah, karena mereka tidak lapar dan karena mereka tidak terbiasa makan di pagi hari.

Memang, sarapan pagi adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai kegiatan di pagi hari. Bahwa jika kita tidak sarapan, tubuh akan menjadi kurang asupan di pagi hari, yang selanjutnya dapat menyebabkan kurangnya energi ketika melakukan kegiatan di siang hari.

Jika kebiasaan tidak sarapan dibiarkan terus menerus dan terus menerus, maka tubuh dapat menjadi mudah di pagi hari dan membuat tubuh tidak diberi makan saat melakukan kegiatan di siang hari, menyebabkan pekerjaan yang dilakukan tidak akan optimal. Untuk sarapan disarankan makan banyak tik, karena sarapan dengan porsi besar dapat menyebabkan kantuk.

Cukup saja, selama perut tidak kosong dan tubuh memiliki energi yang cukup untuk bergerak. Dengan memuaskan kebutuhan tubuh, tubuh kita akan menjadi lebih sehat, lebih kuat dan lebih bermanfaat.

Jadi biasakan sarapan di pagi hari, jika Anda tidak punya waktu untuk melakukannya, Anda bisa membawa sarapan dan memakannya saat bekerja, di sekolah atau di kampus.

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Persuasi politik adalah paragraf persuasi yang tujuannya adalah agar pembaca dengan senang hati memilih wakil rakyat / memilih suatu partai dalam pemilihan daerah atau pemilihan umum. Seperti jenis persuasi politik, jenis persuasi ini biasanya digunakan oleh partai-partai politik dan berbagai media, baik kertas maupun elektronik.

Misalnya:

Pemilihan hanya dihitung beberapa hari. Kami menggunakan hak pilih kami untuk memilih presiden terbaik untuk Indonesia. Jangan biarkan hak pilih Anda disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan menahan diri. Kita harus ingat bahwa masa depan negara kita selama 5 tahun tergantung pada pilihan kita, yaitu pada bulan April 2019. Oleh karena itu, kita datang untuk memberikan kesaksian TPU menggunakan hak suara kita. Ingat, jadilah pemilik yang bijak.

Baca Juga :  Contoh Sinopsis

Jangan biarkan negara kita dipimpin oleh pencuri yang menyamar sebagai pahlawan, sudah saatnya negara ini menjadi hebat dan memulai dengan pemimpin yang bijak dan tekun tetapi tidak liar. Tinggalkan aktivitas rutin sesaat demi negara tercinta ini, tentu saja demi anak dan cucu kita sesudahnya.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan adalah paragraf persuasi yang berisi pesan khusus yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Entah itu mengajak untuk belajar keras atau rajin di sekolah.

Seperti jenis persuasi pendidikan, esai ini biasanya digunakan oleh institusi pendidikan untuk menyampaikan serangkaian pesan yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Misalnya:

Masih banyak guru dan orang tua yang tidak sabar untuk mendidik siswa mereka. Padahal, kesabaran sangat diperlukan dalam mendidik anak sehingga potensi anak dapat berkembang karena setiap anak harus memiliki potensi dan karya yang berbeda. Sebagaimana dinyatakan oleh salah satu filsuf Yunani legendaris, yaitu Plato, pendidikan adalah proses yang panjang dan dijalani sepanjang hidup, yaitu, ketika manusia masih kecil sampai mereka dewasa.

Karena itu, guru dan orang tua harus mengajar anak-anak mereka dengan sabar dan berorientasi pada proses. Sehingga anak-anak dapat berkembang dengan baik dan tepat. Dengan cara ini, potensi anak dapat tumbuh dengan baik dan alami. dan praktikkan kejujuran pada anak-anak, karena orang pintar lebih berbahaya daripada orang bodoh jika mereka tidak jujur.

Contoh Paragraf Persuasi Propaganda

Persuasi terhadap propaganda adalah esai persuasi dalam bentuk banding yang disampaikan dengan keras dan jelas untuk mendorong pembaca untuk mengikuti banding yang disajikan. Anda dapat menemukan paragraf ini di berbagai media cetak seperti majalah, koran, atau artikel di Internet.

Persuasi propaganda ini biasanya digunakan selama kegiatan kampanye. Sedangkan kampanye dalam informasi umum atau undangan yang memiliki tujuan akhir adalah agar pembaca atau pendengar ingin taat dan membuat konten undangan kampanye.

Misalnya:

Makan mie instan dengan nasi putih adalah hal biasa yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada tubuh? Perhatikan bahwa konsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi putih selanjutnya dapat menyebabkan obesitas.

Mengapa demikian? Obesitas dapat terjadi karena karbohidrat dominan yang terkandung dalam mie instan dan nasi putih dapat mengisi perut dalam beberapa waktu sementara itu sering lapar, yang pada gilirannya membuat Anda makan lebih banyak dari sebelumnya.

Jika Anda sudah kegemukan, tubuh Anda akan penuh dengan makanan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit tumbuh di masa depan, seperti kolesterol, obesitas, penyakit jantung ginjal. Karena itu, jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit, mulai sekarang Anda harus mengurangi kebiasaan mengonsumsi mie instan yang dipasangkan dengan nasi putih.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Persuasi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: