Contoh Tanda Dinamika

Posted on

Contoh Tanda Dinamika – Didalam musik, ada banyak sekali hal yang perlu Anda ketahui, tidak hanya terbatas pada kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan musik, tetapi juga kita harus tahu teori sebagai pendukung kinerja terkait dengan fakta bahwa ada baiknya kita tahu tentang istilah nada sebagai modal dalam musik.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Tanda Dinamika. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik, Fungsi dan Contoh.

Definisi

Tanda Dinamika adalah tanda yang digunakan untuk menunjukkan bagian mana yang akan dilakukan sesuai dengan tanda dinamis tertulis. Jadi tanda yang dinamis adalah tanda yang menunjukkan kelembutan suara.

Contoh Tanda Dinamika

Dinamika dan kecepatan dalam seni musik mengacu pada suara keras dan lembut, serta kecepatan dan kecepatan musik yang dimainkan. Jika Anda menggunakan kontrol volume di radio atau TV Anda, ini adalah tombol volume.

Karakteristik Tanda Dinamika

  • Memiliki motif yang sama antara orang yang satu dengan yang lainnya. (menyebabkan reduksi / kolaborasi untuk mencapai tujuan yang sama)
  • Ada berbagai konsekuensi interaksi antara orang satu sama lain (efek yang ditimbulkan bergantung pada perasaan dan keterampilan para pendatang baru)
  • Adanya pembentukan struktur atau organisasi kelompok dan tugas yang jelas serta kehadiran peran dan posisi di masing-masing.
  • Adanya penegasan norma-norma pedoman perilaku anggota kelompok yang mengatur interaksi dalam kegiatan anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Fungsi Dinamika

  • Pembentukan kelompok kerja sama saling menguntungkan dalam hal mengatasi masalah kehidupan.
  • Jadikan pekerjaan lebih mudah. Selesaikan tugas kerja yang perlu ditangani, dan kurangi beban kerja yang terlalu besar untuk eksekusi yang cepat, efisien, dan efektif. Salah satunya adalah pembagian pekerjaan yang banyak pada pengaturan kelompok untuk masing-masing kelompok (sesuai dengan pengalaman).
  • Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan sosial, memungkinkan setiap orang untuk berkontribusi, berinteraksi dan memainkan peran penting dalam masyarakat.

Contoh Tanda Dinamika

Dinamika Musik

Tanda dinamis dari lagu / musik adalah tanda yang mengekspresikan volume, kelembutan lagu yang sedang dilakukan.

Sang komposer, menunjukkan bagaimana perasaan yang terkandung dalam komposisi, apakah lucu, sedih, datar atau agresif, memberikan tanda yang dinamis, yang biasanya ditulis menggunakan kata-kata dalam bahasa Italia dalam komposisi yang ia tulis.

f: forte = hard
ff: fortissimo = sangat keras
fff: fortissimo assai = sekuat mungkin
mf: mezzo forte = semi-kaku
fp: piano forte = mulai dengan kuat dan ikuti dengan lembut
p: piano = lembut
pp: pianissimo = sangat lembut
ppp: pianissimo possile = selembut mungkin
mp: mezzo piano = setengah lunak
Perubahan tanda dinamis

Diminuendo (redup): melembutkan
Perdendosi: melunak hingga punah
Smorzzande: menghilang
Calando: kurangi keras
Poco Poco: sedikit / lambat
Cresscendo: berangsur-angsur sengit
Decrsescendo: lambat laun lunak

Tanda Tempo Cepat

Allegro: cepatlah
Allegratto: cukup cepat
Allegrissimo: lebih cepat
Presto: sangat cepat
Presstissimo: sesegera mungkin
Vivase: cepat dan bersemangat

Tanda Tempo

Sedang: Sedang
Allegro moderato: kecepatan rata-rata
Andante: perlahan
Andantino: tidak cukup cepat

Tanda Tempo Lambat

Largo: perlahan
Largissimo: lebih lambat
Largeto: sangat lambat
Adagio: sangat lambat, penuh perasaan
Kuburan: sangat lambat sedih
Lento: Hubungannya sangat lambat.

Baca Juga :  Contoh Karangan Tentang Lingkungan

Selain istilah dasar, kadang-kadang penulis lagu membuat perubahan atau penambahan istilah lain dengan akhiran tertentu. Jalan yang mana

umum digunakan sebagai berikut:

Kombinasi dua istilah, misalnya, Allegro Vivace, yang berarti lebih cepat dari Allegro, tetapi kurang dari vivace
Tambahkan istilah lain. Kata-kata berikut digunakan:

Con Amore: dengan cinta
Conbrio: dengan hidup
Con Fiesta: dengan kemeriahan
Conspressione: dengan perasaan
Con dolore: sayangnya
Con mastasto: grand

Misalnya, dari istilah adagio ke adagio con maestoso, menambahkan akhiran “etto”, yang berarti beberapa, dan akhiran “issimo”, yang sangat berarti. Misalnya, jika allegretto artinya cukup cepat dan allegrissimo, artinya sangat cepat.

Ekpresi

Ekspresi musik menunjukkan sifat atau jiwa tertentu. Alam atau jiwa didefinisikan dengan istilah itu menggambarkan perasaan yang menghidupkan lagu secara keseluruhan. Istilah-istilah ini ditulis dalam bahasa Italia, termasuk:

Con expressne
Dolce
Religioso
Dsb.

Dinamika Sosial Atau Umum

Pertumbuhan Populasi

Pertumbuhan populasi adalah fenomena global. Sebagian besar negara di dunia mengalami ini. Hanya segelintir negara yang mengalami defisit populasi setiap tahun. Pertumbuhan populasi memiliki konsekuensi masyarakat juga meluas, bagaikan; urbanisasi, kekurangan, pertikaian umum juga sebagainya. Sebab karena itu, studi mengenai dampak sosial dari pertumbuhan populasi

menjadi penting. Model yang digunakan dalam studi dinamika populasi secara teratur dapat menunjukkan tren. Misalnya, setiap sepuluh tahun, pertumbuhan penduduk di negara itu mencapai 5%. Jadi, selama 10 tahun ke depan atau bahkan 100 tahun, Anda dapat memperkirakan kira-kira berapa banyak penduduk, dengan mempertimbangkan semua variabel konstan.

Segregasi Sosial

Segregasi sosial dapat dengan mudah diartikan sebagai suatu proses di mana suatu populasi mengalami pemisahan. Orang juga mendapati pengasingan hendak membangun komunitas minim yang searah dengan karakteristiknya. Misalnya, di kota itu ada penghuni hitam, rumah mereka terletak berdekatan satu sama lain untuk membentuk kelompok. Orang-orang

kuning membentuk kelompok lain. Permukiman putih juga mengelompokkan diri. Contohnya adalah bentuk segregasi sosial, yang terlihat di tempat tinggal tergantung pada ras atau warna kulit. Segregasi adalah proses kumulatif di mana ada titik awal. Proses perubahan, yang sejak awal mungkin tidak dilaksanakan sampai permukiman terpisah muncul, adalah contoh dinamika sosial.

Polarisasi Kelompok Sosial

Polarisasi dapat digambarkan sebagai proses membagi unit sosial menjadi kelompok yang lebih kecil. Bayangkan, hampir seperti pemisahan sosial. Perbedaannya adalah bahwa polarisasi adalah pola pemisahan kelompok yang berbeda satu sama lain. Misalnya, penduduk kaya membentuk

kelompok mereka sendiri. Kaum miskin kota juga membentuk kelompok mereka sendiri. Hasilnya adalah kontras antara kaya dan miskin di kota yang sama. Anda bisa membayangkan orang-orang Jakarta antara mereka yang tinggal di daerah elit dan di tepi sungai. Terlihat polarisasi hidup antara kaya dan miskin.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Tanda Dinamika. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: