Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam

Posted on

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam – Teks observasi memiliki makna isi teks yang menggambarkan informasi, seperti hewan, tumbuhan, fenomena alam, karya manusia dan fenomena sosial yang konsisten dengan fakta.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Teks laporan pengamatan berisi deskripsi umum atau laporan hasil pengamatan. Selain itu, teks laporan pengamatan juga disebut teks klasifikasi, karena berisi klasifikasi jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam

Teks observasi juga akan menjelaskan bentuk, fitur, dan properti umum objek. Objek yang dapat digunakan sebagai pengamatan sendiri dapat berupa berbagai jenis orang, binatang, tumbuhan, benda dan berbagai peristiwa yang telah terjadi atau pernah terjadi di dunia ini.

Contoh Teks Laporan Observasi Tentang Alam

Di sini Anda dapat melihat contoh di bawah ini:

Contoh 1

Bulan adalah satu-satunya satelit alami yang dirancang untuk bumi. Untuk bulan itu sendiri, ia menjadi satelit terbesar kelima dalam urutan tata surya. Bulan tidak selalu di belahan bumi yang sama, karena bulan itu sendiri berputar di sekitar porosnya, Bumi. Itulah mengapa kita selalu melihat bulan di malam hari, dan cahaya yang dipancarkannya dipancarkan oleh sinar matahari.

Jarak antara Bumi dan Bulan itu sendiri sangat besar dan sekitar 384.405 km, yang tiga puluh kali diameter Bumi. sedangkan diameternya sendiri adalah 3474 km. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari. Adapun perubahan periodik antara bumi, bulan dan matahari, ini bertanggung jawab untuk fase bulan, yang selalu berulang hingga 29,5 hari.

Bulan, tertarik oleh gravitasi Bumi, tidak jatuh ke bumi karena gaya sentrifugal yang disebabkan oleh bulan di sekitar bumi. Sementara besarnya gaya sentrifugal Bulan itu sendiri sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara Bumi dan Bulan. Inilah yang membuat bulan bergerak 3,8 cm lebih jauh dari Bumi. Tidak ada kehidupan di bulan sama sekali.

Contoh 2

Sesuai dengan Undang-Undang No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, hutan adalah unit ekosistem dalam bentuk sebidang tanah yang mengandung sumber daya alam hayati, di mana pohon-pohon di lingkungan alami berlaku, yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sebagai salah satu aspek terpenting dari biosfer Bumi, hutan berfungsi sebagai reservoir karbon dioksida, tempat untuk pertumbuhan hewan, pengaturan aliran hidrologis, dan konservasi tanah. Berdasarkan kondisi iklim, hutan dapat dibagi menjadi tiga jenis: hutan tropis, hutan gugur dan hutan taiga.

Hutan hujan adalah hutan di daerah tropis atau subtropis yang terutama ditemukan di Amerika Tengah, Afrika Tengah, Australia utara, Papua Timur dan Indonesia. Karakteristik hutan tropis termasuk ketinggian pohon mencapai 20 – 40 meter, daun lebat membentuk kanopi, membuat hutan gelap, hujan adalah pemasok utama air, dan iklim mikro berubah dari kepala hutan ke bagian bawah hutan. , Memiliki suhu rata-rata 25 derajat Celcius, memiliki kelembaban tinggi dan memiliki tanaman khas yang terletak di bagian bawah hutan hujan, yaitu liana dan epifit.

Hutan gugur adalah hutan di zona iklim sedang. Hutan gugur memiliki beberapa karakteristik, yaitu: curah hujan mencapai 750-1000 mm per tahun sepanjang tahun, musim dingin dan musim panas, pohon tidak terlalu lebat, sejumlah kecil spesies dari 10 hingga 20, dan pohon-pohon akan menjatuhkan daun sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungan. sebelum musim dingin.

Dan akhirnya, hutan taiga adalah hutan iklim dingin yang sebagian besar ditemukan di belahan bumi utara, misalnya, di Siberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara. Hutan Taiga memiliki karakteristik khusus, yaitu hutan dengan satu jenis pohon, yaitu pohon pinus.

Contoh 3

Kawah Ijen adalah salah satu tujuan wisata terbaik di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki pesona yang sangat indah dengan pemandangan alam yang masih alami dan didukung oleh keramahan penduduk setempat yang sangat ramah. Kawah Ijen adalah tujuan wisata yang harus dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Selain spesies seperti gunung, yang diwakili di Kawah Ijen, ada hal-hal yang membuatnya menarik dan berbeda dari kawasan wisata lain di dunia. Menariknya, kawah Ijen memiliki api biru atau api biru yang sangat indah dan indah. Ini menjadikan Kawah Ijen salah satu kawah terindah di dunia.

Contoh 4

Krakatau adalah kepulauan vulkanik aktif dan terletak di Selat Sunda antara pulau Sumatra dan Jawa. Krakatau berkobar pada 26-27 Agustus 1883. Letusan yang sangat tidak biasa terjadi, awan panas dan tsunami, yang menewaskan sekitar 36.000 orang.

Baca Juga :  Naskah Drama 5 Orang

Sebelum tsunami 2004, tsunami ini adalah tsunami terbesar di wilayah Samudra Hindia. Daya ledak diperkirakan 30.000 kali lebih besar dari bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Akibat letusan ini, dunia menjadi gelap selama dua setengah hari karena abu vulkanik yang menutupi atmosfer.

Letusan Gunung Krakatau tercatat sebagai bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan ini tidak diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Ahli geologi tidak bisa menjelaskan letusan.

Contoh 5

Limbah adalah bahan sisa yang tidak diperlukan setelah akhir proses. Sampah bisa didapat dari manusia, alam dan sebagainya.

Sampah ada di mana-mana. Volume limbah yang dihasilkan di Indonesia mencapai sekitar 11.000 ton per hari. Sampah dibagi oleh alam dan bentuk.

Secara alami, limbah dibagi menjadi dua bagian: limbah organik dan anorganik. Sampah organik dapat terurai, sedangkan limbah anorganik tidak mudah terurai.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah lapuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat dibuat kompos.

Contoh limbah anorganik adalah sampah yang tidak mudah busuk, seperti plastik, kaleng, gelas, kayu dan sebagainya. Jenis limbah ini didaur ulang oleh industri dalam negeri untuk digunakan sebagai peluang bisnis.

Dalam bentuknya, limbah dibagi menjadi padat, cair, alami, konsumen dan radioaktif.

Limbah padat adalah limbah berwujud padat, yang dapat berupa limbah rumah tangga, seperti: plastik, limbah dapur, gelas dan lain-lain.

Limbah cair adalah bahan cair yang telah digunakan dan tidak lagi dibutuhkan, seperti limbah. Limbah adalah limbah cair yang dihasilkan sebagai hasil kegiatan industri. Misalnya, limbah rumah tangga seperti dari dapur, kamar mandi dan binatu.

Limbah alami adalah limbah yang dihasilkan oleh alam dan didaur ulang melalui pengolahan alami. Contohnya adalah daun kering di hutan yang membusuk menjadi tanah.

Limbah konsumsi adalah limbah yang dihasilkan sebagai hasil dari konsumsi manusia dan dibuang ke sampah.

Limbah radioaktif adalah limbah nuklir yang dihasilkan dari fusi nuklir dan fisi nuklir, yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

Contoh 6

Bumi memiliki satelit alami – Bulan, dan Bulan tidak dapat disejajarkan dengan Matahari, karena Bulan selalu berputar mengelilingi Bumi. Sementara bumi berputar di sekitar porosnya.

Ini mengarah pada fakta bahwa bulan hanya bisa dilihat pada malam hari. Pada malam hari, bulan tampaknya memancarkan cahayanya sendiri, meskipun cahayanya berasal dari matahari, karena cahayanya dipantulkan ke bulan.

Menurut pengamatan, jarak dari Bumi ke Bulan adalah sekitar 30 kali diameter Bumi, 384.405 km. Bulan memiliki diameter lebih kecil dari Bumi, yaitu 3474 km.

Periode orbit (sekitar Bumi) Bulan dapat sekitar 27,3 hari dengan pola periodik Bumi-Bulan-Matahari dan periode sinodik sekitar 29,5 hari.

Meskipun Bumi memiliki gaya gravitasi yang dapat menarik bulan, bulan tetap tidak jatuh. Ini disebabkan oleh adanya gaya sentrifugal pada periode orbital bulan. Gaya sentrifugal lebih kecil dari gaya gravitasi bumi. Dengan kekuatan yang lebih sedikit, membuat bulan semakin jauh dari bumi. Proses memindahkan bulan ke Bumi adalah sekitar 3,8 cm / tahun.

Ternyata di bulan tidak ada air, atau bahkan udara. Tapi kita bisa melihat kawah di sekitar bulan, ini bisa terjadi karena dampak dari asteroid atau komet.

Bulan terdiri dari mantel, inti dan kerak. Kerak bulan mengandung mineral kalsium dan batu granit setebal 48 – 74 km. Bagian bawah kerak adalah mantel yang terdiri dari sejumlah kecil logam besi dan mineral silikat.

Bulan memiliki inti yang sangat keras sekitar 240 km dengan ketebalan luar 300 km. Bulan ini ada kandungan besi dan ditutupi dengan lapisan tebal sekitar 500 km.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: