Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6

Posted on

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI – Kali ini majalahpendidikan.com akan menerangkan materi pelajaran dan latihan soal semester 1 dan semester 2, berupa soal pilihan ganda dan essay, beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap.

Buku tema adalah buku pegangan dan buku latihan di mana siswa dapat terlibat secara aktif. Para guru diharapkan menggunakan buku ini untuk merangsang dan mengembangkan ide-ide kreatif siswa.

Buku topik terbaru adalah edisi revisi kurikulum untuk tahun 2013 untuk tahun 2018. Ada 5 topik dalam semester 1. Setiap topik terdiri dari 3 sub-topik, yang selanjutnya dibagi menjadi 6 pelajaran. Pada akhir setiap bab pembelajaran ada subtitle untuk bekerja dengan orang tua, yang harus melibatkan orang tua dalam proses belajar anak-anak mereka.
Topik 3 kelas 6 kode respons dan penentuan

Topik 3 kelas 6 diterbitkan dengan judul Figure and Discovery. Topik ini menyampaikan pengetahuan tentang para penemu hebat dunia. Selain itu, dengan tugas-tugas praktis dasar yang diharapkan dapat merangsang kreativitas, mengembangkan kreativitas dan melatih kolaborasi siswa.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI Tokoh dan Penemuan Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI Tokoh dan Penemuan Buku Tematik

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 SD/MI Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8

Yuk! Kita Membaca

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 SD/MI Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8

Pada halaman 1, teman-teman diminta untuk membaca teks tentang seorang penemu terkenal. Baca teman untuk memperluas pengetahuan Anda.

Listrik mengubah wajah dunia

Listrik telah mengubah kehidupan orang-orang di seluruh dunia. Michael Faraday adalah penemu arus listrik. Faraday lahir di Newington, Inggris pada 1791. Dia berasal dari keluarga miskin dan hanya merasa dibesarkan sebentar di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat yang tak henti-hentinya, ia akhirnya berhasil memproduksi alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Anda tahu Bagaimana listrik masuk ke rumah Anda?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik yang dapat merambat meskipun tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik muncul dari perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses ini kemudian memicu arus yang kita kenal sebagai arus listrik. Tenaga listrik dihasilkan oleh generator besar di pusat pembangkit listrik. Arus listrik dilakukan melalui jaringan tegangan tinggi dalam bentuk jaringan kabel di menara tinggi, yang mengarah ke gardu induk di berbagai daerah. Arus listrik kemudian didistribusikan dari stasiun penerima ke rumah-rumah penduduk dan ke berbagai lokasi yang membutuhkannya.

Daya listrik diterima di rumah dan kemudian melewati serangkaian kabel listrik di rumah. Sirkuit kabel umumnya terletak di atap untuk dudukan lampu dan steker listrik seperti berbagai perangkat elektronik yang terhubung ke televisi, kipas angin dan lemari es. Sirkuit listrik dalam sebuah rumah dapat berupa sambungan seri atau paralel.

Sambungan seri dan paralel adalah jenis rangkaian dengan mana dua atau lebih komponen listrik dihubungkan untuk membentuk keseluruhan. Dari sudut pandang pengaturan, baris diatur terus menerus atau paralel, dan koneksi paralel diatur dalam satu baris.

Senter adalah contoh seri sehari-hari. Baris pada senter adalah baterai karena hanya ada satu lampu pada senter sangat terang, tetapi baterainya cepat habis. Anda juga dapat menemukan koneksi seri dan paralel pada lampu di rumah.

Seberapa penting peran kekuasaan dalam kehidupan manusia? Padahal, tanpa listrik, kita akan mengalami banyak kesulitan kegiatan sehari-hari. Namun, kita juga harus pintar menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 3 dan Kunci Jawabannya

Paragraf 1: Apa masalah yang dihadapi penulis?
Jawaban: Penemuan arus listrik Michael Faraday.

Baca Juga :  Soal USBN Matematika SMA

Paragraf 2:
a. Apa yang kamu ketahui tentang listrik?
Jawab : Arus listrik merupakan arus gelombang dari elektromagnetik atau gelombang yang bisa merambat tanpa media perantara.

b. Bagaimana daya listrik dilakukan dari pembangkit ke penduduk? Jelaskan pada gilirannya!
Jawab : Tenaga listrik yang dihasilkan oleh generator di tengah pembangkit listrik dialihkan ke menara tegangan tinggi ke gardu induk di berbagai wilayah. Kemudian listrik diarahkan ke rumah-rumah penduduk dan ke berbagai lokasi yang membutuhkannya.

Paragraf 3:
a. Apa yang terjadi dengan arus ketika saya sampai di rumah penduduk? Jelaskan pada gilirannya!
Jawab: Setibanya di rumah warga, arus listrik mengalir ke serangkaian kabel listrik di rumah. Sirkuit ini biasanya terletak di atap untuk dudukan lampu atau di dinding untuk saklar listrik dan colokan untuk digunakan dalam peralatan listrik.

b. Apa manfaat daya listrik setelah rumah masing-masing penduduk?
Jawaban: Koneksi ke perangkat elektronik seperti televisi, kipas angin dan lemari es.

c. Apa perbedaan antara rangkaian serial dan paralel?
Jawaban: Baris diatur dalam satu baris atau paralel dan paralel dalam satu baris.

Paragraf 4: Apa kesimpulan dari isi teks?
Jawab : Menggunakan senter bisa lampu terang, tetapi akan menyebabkan baterai cepat habis.

Paragraf 5: Apakah ada pesan dari penulis? Jelaskan secara singkat!
Jawab : Ada. Listrik memainkan peran penting bagi masyarakat. Aktivitas sehari-hari dapat terhalang tanpa listrik. Kita juga harus pintar dengan listrik.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 4 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Tema 3 Halaman 4 dan Kunci Jawabannya

Halaman 4, menyerukan teman-teman untuk menonton senter. Teman-teman kemudian mengidentifikasi nama dan fungsi masing-masing komponen.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 4 dan Kunci Jawabannya
  • Baterai: sebagai pemasok daya
  • Reflektor: untuk memfokuskan cahaya dari senter
  • Konduktor logam: untuk mengalirkan arus listrik dari baterai ke lampu
  • Switch: Untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang mengalir ke lampu

Dua gambar ditampilkan di halaman 5. Teman diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 4 dan Kunci Jawabannya
Contoh Soal Tema 3 Halaman 4 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Tema 3 Halaman 5 dan Kunci Jawabannya

  1. Bagaimana posisi pelat logam untuk menyalakan lampu?
    Jawab:
    Lokasi logam dapat menghubungkan arus listrik dari baterai ke lampu. Ujung dari logam itu harus menyentuh terminal baterai dan ujung lainnya harus terhubung ke terminal lampu sehingga sirkuit tertutup dibuat. Jika ada sakelar, sakelar itu harus terhubung.
  2. Komponen yang dapat digunakan untuk menggantikan pelat dari logam yang biasa ditemukan di lampu rumah?
    Jawab:
    Karena kabel tembaga dilapisi karet, ia menjaga listrik lebih baik dan mencegah korsleting.

Catat proses transfer saat ini di sirkuit senter, satu demi satu!
Dalam keadaan normal, senter akan padam. Ketika arus listrik diaktifkan toko saklar di baterai mengalir dari kutub positif (+). Maka arus listrik akan mengalir ke arah lampu, sehingga senter dinyalakan. Arus listrik mengalir dari lampu kembali ke kutub negatif (-) baterai. Dan seterusnya dan berhenti ketika saklar mati.

Pada halaman 6, adik – adik diminta membuat sirkuit berupa lampu senter. Alat serta bahan ditulis dalam bentuk tabel seperti yang ditunjukkan.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 5 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Tema 3 Halaman 6 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Tema 3 Halaman 6 dan Kunci Jawabannya
Contoh Soal Tema 3 Halaman 6 dan Kunci Jawabannya

Pada halaman 7, teman-teman diminta untuk mengisi tabel yang menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah pemadaman listrik.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 7 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Tema 3 Halaman 7 dan Kunci Jawabannya

Peta pikiran disajikan di halaman 8. Teman-teman diminta untuk mengisi peta pikiran dengan mendaftar barang-barang atau barang-barang rumah tangga yang ada di sana sebelum dan sesudah aliran.

Contoh Soal Tema 3 Halaman 8 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Tema 3 Halaman 7 dan Kunci Jawabannya

Demikian Pembahasan Mengenai Pelatihan Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI. Tetap Bersama Kami di MajalahPendidikan.com. Nantikan Soal – Soal Selanjut nya, Terimaksih.

Baca Juga :