Macam Macam Karya Ilmiah

Posted on

Macam Macam Karya Ilmiah – Nama ini tak asing lagi di telinga kita, terutama bagi yang masih duduk di bangku sekolah. Karya ilmiah terdiri dari beberapa pecahan, yaitu disertasi, artikel, ulasan dan dll. Hanya dengan mendengar satu nama, orang akan menggambarkan betapa sulitnya untuk melakukannya.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Macam Macam Karya Ilmiah. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik, Macam dan Contoh.

Definisi

Karya Ilmiah – adalah artikel yang berisi serangkaian hasil dari pikiran Anda. Karya ilmiah biasanya digambarkan dalam bentuk laporan, yang menyajikan hasil penelitian atau studi yang dilakukan oleh seseorang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Macam Macam Karya Ilmiah

Karateristik Karya Ilmiah

{A} Efektif -> ringkas dan kompak.
{B} Secara Efektif -> hanya menggunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dimengerti.
{C} Tujuan berbasis fakta -> setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu, pada kenyataannya, dan spesifik.
{D} Secara sistematis -> ejaan dan diskusi sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.
{E} Link ke teori sebagai dasar pemikiran (mood) ketika membahas masalah.
{F} Sederhana -> tidak emosional, signifikan dalam bentuk tunggal, tidak mengarah pada interpretasi lain.
{G} Logical -> disusun berurutan

Macam Macam Karya Ilmiah

Laporan

Artikel ini adalah karya ilmiah yang menghadirkan masalah, solusinya didasarkan pada berbagai jenis data di bidang ini. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif. Dalam presentasi mereka, laporan biasanya disajikan di seminar.

Artikel

Dalam konteks jurnalisme, konsep karya ilmiah sebuah artikel adalah karya ilmiah yang berisi pendapat subjektif penulis tentang suatu peristiwa atau masalah tertentu, sedangkan jika kita mempertimbangkannya dari sudut pandang ilmiah, artikel tersebut dapat diartikan sebagai Kertas yang dirancang khusus untuk publikasi dalam jurnal atau kumpulan artikel, Ikuti aturan penulisan ilmiah dan ikuti pedoman ilmiah yang berlaku.

Kertas Kerja

Dokumen kerja pada dasarnya sama dengan dokumen, tetapi dilakukan dengan analisis yang lebih dalam dan lebih tajam dan dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri para ilmuwan.

Kertas

Kertas adalah sebutan khusus untuk kertas di antara siswa sehubungan dengan pelatihan dan pendidikan mereka sampai lulus, S1, S2 dan atau S3. Sistem penulisan sama dengan artikel dan dokumen, tergantung pada pedoman yang berlaku di masing-masing institusi pendidikan tinggi.

Tesis

Disertasi adalah karya ilmiah siswa untuk menyelesaikan program magister atau pascasarjana, yang lebih maju daripada disertasi. Tesis ini mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh sebagai hasil penelitian yang dilakukan oleh orang yang tertarik.

Baca Juga :  Wawancara: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Ciri-Ciri

Kesimpulan

Disertasi atau disertasi doktor dimaksudkan untuk mahasiswa PhD atau memiliki dokter / dokter yang menawarkan analisis yang dapat dikonfirmasi oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang dapat diandalkan dan andal dengan analisis terperinci. Disertasi berisi kesimpulannya sendiri dalam bentuk kesimpulan asli.

Contoh Karya Ilmiah

Masalah Latar Belakang

Orang sebagai makhluk sosial, tentu saja, butuh interaksi dan bantuan dengan orang lain. Dengan berinteraksi dengan orang lain, kita dapat mengekspresikan perasaan kita, keinginan kita, dan orang lain. Jika kita melakukan kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan kita, ini akan berdampak positif pada kondisi fisik dan mental kita. Namun, jika kita terlalu banyak

berbicara dengan orang lain, itu akan berpotensi buruk bagi kita. Terutama bagi remaja yang terbiasa bergaul antara pria dan wanita, akan mengarah pada apa yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penelitian tentang heterogenitas ini harus dilakukan sehingga masyarakat umum memahami bahaya heterogenitas.

A. Pernyataan masalah

Bahaya pergaulan bebas untuk remaja.

b) Tujuan penelitian

Memahami dan menghindari masyarakat dari sifat tidak bermoral, terutama remaja.

c) Diskusi

Saat ini, penyatuan anak laki-laki dan perempuan tidak bisa dihindari. Masalahnya adalah kebanyakan dari mereka tidak dapat membatasi hubungan. Maka, mereka melakukan berbagai hal bersama, tidak sedikit orang yang menyesal bergaul dengan seorang remaja.

Mereka mengklaim telah melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma amoralitas dan organisasi keagamaan. Namun anehnya, di zaman kita ini, sebagian besar remaja tidak lagi peduli dengan masalah ini.

Ini akan mempengaruhi masa depan mereka, mereka akan mengalami depresi, stres dan bahkan mungkin menjadi gila.

Berdasarkan fakta yang dirasakan beberapa saudara kita, kita harus mewaspadai bahaya dari tidak bermoral. Memang, pergaulan adalah apa yang bijaksana untuk dilakukan, dan itu telah menjadi sifat alami manusia.

Apa yang tidak wajar adalah jika kita melakukan terlalu banyak bisnis ini. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, ada beberapa efek yang disebabkan oleh pergaulan bebas, antara lain.

  • Dapat memprovokasi terjadinya seks bebas.
  • Dapat menyebabkan ketergantungan seseorang pada narkoba.
  • Dapat menurunkan kesehatan dan stamina.
  • Dapat membuat seseorang melakukan kejahatan.
  • Hubungan baik terputus dengan keluarga, tetangga, dan masyarakat.
  • Penurunan kinerja sekolah.
  • Dosa ada di mata Tuhan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Macam Macam Karya Ilmiah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: