Unsur Unsur Puisi

Posted on

Unsur Unsur Puisi – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, puisi atau juga puisi adalah sejenis sastra yang bahasanya dihubungkan oleh ritme, ukuran, sajak dan susunan garis dan bait.

Puisi juga ditafsirkan sebagai komposisi dalam bahasa, bentuk yang dipilih dan diatur dengan cermat sedemikian rupa untuk meningkatkan kesadaran orang tentang pengalaman dan menghasilkan tanggapan khusus melalui pengaturan suara, ritme dan makna khusus.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Unsur Unsur Puisi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Unsur dan Contoh Pertanyaan.

Pengertian

Definisi puisi adalah ekspresi tersirat dan samar, artinya tersirat ketika kata-kata tersebut bias terhadap makna konotatif. Puisi, sebagaimana didefinisikan oleh James Rivas, adalah ekspresi bahasa yang kaya dan memikat. Puisi, sebagaimana didefinisikan oleh Herman Valuillot, adalah karya sastra tertulis paling awal yang ditulis oleh orang-orang.

Unsur Unsur Puisi

Puisi adalah bentuk pengucapan ide-ide yang emosional, mengingat keindahan. Puisi adalah bentuk karya sastra yang dipenuhi dengan musik linguistik dan kebijaksanaan penyair dan tradisinya. Karena semua ketebalan ini, setelah puisi dibaca, itu akan membuat kita lebih bijaksana.

Memahami puisi adalah karya sastra yang mengekspresikan pikiran dan perasaan penyair dalam bentuk figuratif dan diatur dengan memusatkan semua kekuatan bahasa dalam konsentrasi struktur fisik dan struktur internal. Menurut Usman Avan, puisi bukanlah lagu orang-orang yang putus asa yang mencari kedamaian dan kepuasan dalam puisi yang ia tulis.

Unsur-Unsur Puisi

Puisi terdiri dari dua elemen, di mana elemen-elemen ini meliputi:

Unsur Ekstrinsik

Elemen eksternal puisi adalah elemen yang berada di luar puisi dan memengaruhi kehadiran puisi sebagai karya seni. Adapun apa yang termasuk dalam elemen eksternal puisi, ini adalah aspek historis, psikologis, filosofis dan agama.

  • Aspek filsafat: beberapa ahli berpendapat bahwa filsafat terkait erat dengan puisi atau karya sastra pada umumnya, dan beberapa pakar lain berpendapat bahwa filsafat dan karya sastra dalam hal ini, puisi tidak saling berkaitan.
  • Aspek religius: puisi merujuk pada topik yang biasanya diangkat penulis dalam puisi.
  • Aspek historis: mengacu pada elemen atau gagasan historis yang terkandung dalam puisi.
  • Aspek psikologis: mengacu pada aspek psikologis penulis yang terkandung dalam puisi.

Unsur Intrinsik

Unsur internal puisi adalah elemen yang terkandung dalam puisi dan mempengaruhi puisi sebagai karya sastra. Ini termasuk unsur-unsur penting puisi: diksi, gambar, ucapan, suara, sajak, ritme dan tema.

  • Gaya atau bentuk bahasa: adalah bahasa yang digunakan oleh penyair untuk mengatakan sesuatu dengan cara yang tidak biasa atau menggunakan kata-kata kiasan atau simbolik.
  • Suara: Suara dalam puisi mengacu pada penggunaan kata-kata tertentu untuk membangkitkan nuansa tertentu.
  • Sajak: Sajak adalah persamaan suara atau pengulangan suara dalam puisi yang berupaya menghasilkan efek keindahan.
  • Ritme: Ritme dalam puisi mengacu pada dinamika suara dalam puisi agar tidak terasa monoton bagi penikmat puisi.
  • Subjek: Topik dalam puisi mengacu pada ide atau gagasan utama yang ingin disampaikan oleh pengarangnya melalui puisinya.
  • Fiksi atau pilihan kata: ketika mengembangkan puisi, penyair harus hati-hati memilih kata-kata, dengan mempertimbangkan makna, komposisi suara dalam rima dan ritme, posisi kata-kata di tengah konteks kata lain dan posisi kata-kata dalam seluruh puisi.
  • Imajinasi:. Imajinasi dalam pengembangan puisi berarti penggunaan kata-kata spesifik dan khas yang dapat membuat gambar visual, auditori atau sentuhan.
Baca Juga :  Contoh Teks Berita Tentang Sekolah

Contoh Pertanyaan

Unsur/elemen dalam biografi, dalam sosial, dan dalam nilai adalah unsur yang melampaui puisi. Elemen-elemen ini termasuk dalam elemen …?

a) Instinsik
b) eksternal
c) internal
d) internal
e) fisik

Jawab: B

Diskusi: Elemen eksternal adalah elemen yang ditemukan di luar puisi. Kata kunci “In” adalah untuk built-in, yang berarti di dalam, sedangkan “Ex” untuk eksternal, yang berarti di luar. Elemen mental dan fisik termasuk dalam elemen dalam. Jadi pilihan yang tepat adalah D.

Saya harap Anda bisa memahami penjelasan unsur-unsur puisi, serta pertanyaan dari latihan di atas, detasemen. Jika Anda merasa ada materi yang belum Anda kuasai, Anda bisa belajar langsung dengan guru privat melalui ruangan yang Anda tahu. Pilih guru favorit Anda dan pelajarilah di mana dan kapan pun Anda inginkan. Ayo, cari sekarang!

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Unsur Unsur Puisi . Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: