Cerita Rakyat

Cerita Rakyat: Definisi, Unsur-Unsur, Ciri-Ciri dan Contohnya

Diposting pada

Definisi Cerita Rakyat, Jenis-Jenis Cerita Rakyat, Unsur-Unsur Cerita Rakyat dan Contoh Cerita Rakyat | Cerita rakyat ialah cerita yang berasal dari rakyat dan berkembang dalam rakyat pada masa dahulu yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang ada kebudayaan budaya yang beragam cara meliputi kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki tiap-tiap bangsa. Pada umumnya, cerita rakyat menceritakan tentang suatu peristiwa di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya direalisasikan dalam bentuk hewan, orang maupun dewa.

 

Cerita Rakyat

Unsur -Unsur Cerita Rakyat

  1. Tema, yakni suatu yang menjadi dasar cerita dan selalu berhubungan atas bermacam pengalaman kehidupan. tema cerita rakyat pada dasarnya berhubungan atas elemen-elemen misteri, dunia gaib, alam dewa, keyakinan tradisi suatu rakyat, peristiwa sejarah, dan peristiwa alam yang berbaur dengan elemen-elemen imajinasi.
  2. Alur, yakni tahap-tahapan kejadian yang berlangsung dalam cerita. alur suatu cerita terbagi berdasarkan lima tahap, yakni langkah identifikasi atau eksposisi, pengembangan, pertentangan atau perselisihan, pemisahan, dan penyelesaian.
  3. Latar, ialah informasi mengenai waktu, ruang, dan keadaan terjadinya lakuan dalam cerita.
  4. Penokohan atau karakterisasi. figur ialah aktor dalam suatu cerita. adapun penokohan ialah pelukisan gambaran yang nyata tentang seorang yang diperlihatkan satu buah cerita.
  5. Amanat, ialah catatan yang disampaikan pengarang lewat buatan sastranya.

 

Ciri-ciri Cerita Rakyat

  1. Disampaikan bebuyutan.
  2. Tidak dikenal siapa yang pertama kali membuatnya
  3. Banyak nilai-nilai luhur
  4. Berkarakter tradisional
  5. Ada banyak model dan variasi
  6. Memiliki bentuk – bentuk pengulangan dalam susunan atau cara pengungkapkannya.
  7. Berkarakter anonim, maksudnya nama pengarang tidak ada.
  8. Berkembang dari mulut ke mulut.
  9. Cerita rakyat disampaikan dengan cara lisan.

 

Contoh Cerita Rakyat

  1. Malin Kundang
  2. Bawang Merah Bawang Putih
  3. Timun Mas
  4. Si Pitung
  5. Keong Mas, Dll

Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *