Cerita Rakya Indonesia Singkat

Posted on

Cerita Rakyat Indonesia – Anda akan banyak menemukan dari semua provinsi di Indonesia. didalam kategori ini kami mengoleksi cerita anak-anak yang diturunkan dari generasi ke generasi di seluruh wilayah nusantara. Kumpulan cerita rakyat sebagian besar merupakan legenda yang berkembang di masyarakat dalam bentuk dongeng, mitos, dan sejarah.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Cerita Rakyat Indonesia Singkat. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi dan Contoh.

Definisi

Cerita rakyat Indonesia adalah warisan negara Indonesia, yang masih harus di seni budidayakan. Karena penulisnya anonim dan menyebarkannya dari mulut ke mulut, tak herankan bahwa sebagian cerita akan terdengar sedikit berbeda, tergantung pada siapa yang memberi tahu mereka.

Cerita Rakya Indonesia Singkat

Karakteristik Cerita Rakyat

  • Warisan
  • Tidak diketahui siapa yang pertama kali melakukan ini.
  • Kaya akan nilai-nilai luhur
  • tradisional
  • Ini memiliki banyak versi dan variasi.
  • Kehadiran klise bentuk dalam struktur atau cara ekspresi
  • Anonim, yaitu nama penulis tidak ada
  • Mengembangkan dari mulut ke mulut
  • Cerita rakyat ditransmisikan secara lisan

Contoh Cerita Rakyat Indonesia Singkat

Contoh 1

Kisah si Pitun dari Betavi

Hati Pitung sangat marah. Sore ini, ia kembali untuk melihat kesewenang-wenangan bandit Baba Lim. Babah Liem atau Liem Tjeng adalah pemilik di daerah tempat tinggal Pitung.

Babah Liem menjadi pemilik tanah, memberikan uang kepada pemerintah Belanda, di samping itu, ia juga bersedia membayar pajak tinggi kepada pemerintah Belanda.

Itulah sebabnya Babah Liem menggunakan penjahatnya untuk merebut harta orang dan mengumpulkan pajak yang mencekik Yeher.

Contoh 2

Kisah Jaka Tarub

Pada zaman kuno, seorang janda bernama Mbok Randa tinggal di desa. Dia hidup sendiri karena suaminya sudah lama meninggal. Suatu hari dia membesarkan seorang anak lelaki untuk menjadi putranya. Putra angkatnya bernama Jacques Tarub. Jaca Tarub tumbuh dan tumbuh.

Jaca Tarub menjadi pemuda yang sangat tampan, tampan, dan baik hati. Ia juga memiliki kekuatan gaib. Setiap hari dia selalu membantu ibu di ladang. Karena ia memiliki wajah yang sangat cantik, banyak gadis cantik yang ingin menjadi istrinya. Namun, dia tidak mau menikah.

Setiap hari, ibunya menyuruh Jaca Taruba menikah. Namun, dia kembali menolak permintaan ibunya. Suatu hari Mbok Rand jatuh sakit dan menghembuskan nafas terakhir. Jaka Tarub sangat sedih.

Contoh 3

Sejarah Sankuriang

Dahulu kala, seekor babi lewat di padang pasir.

Babi hutan itu merasa haus di bawah terik matahari.

Ketika dia mencari sumber, dia melihat bahwa air berkumpul di pohon talas di hutan.

Segera minum air putih untuk memuaskan dahaga Anda.

Baca Juga :  Contoh Feature

Tidak menyadari bahwa air adalah urin Raj Sunging dari Perbangkar. Karena kekuatan Raja Sunging dari Perbangkar, babi hutan menjadi hamil setelah minum air seni.

Sembilan bulan kemudian, seekor babi hutan melahirkan bayi perempuan.

Raja Sunging dari Perbangkar tahu tentang seorang gadis yang lahir karena air seni. Dia juga pergi ke hutan untuk menemukannya. Membuka bayi. Dia juga memberi nama Dayan Sumbi dan mengantarnya pulang ke istana kerajaan.

Wanita pengadilan Sanbi tumbuh dalam wanita yang sangat cantik. Tampaknya tak terhitung raja, pangeran dan bangsawan yang ingin menikahi putri Raja Sunging dari Perbangkar. Namun, Dayan Sumbi menolak tanpa syarat semua tawaran. Tidak disangka-sangka bagi Dayang Sumbi, mereka yang ditolak oleh proposal saling bertarung untuk memperjuangkan diri mereka sendiri.

Contoh 4

Kisah Batu Menangis

Sekali waktu, di bukit yang jauh dari pedesaan. Ada seorang janda miskin bersama putrinya. Putranya dari sang Janda sangat cantik, dia selalu membanggakan keindahan yang dimilikinya. Namun, kecantikannya tidak sesuai dengan sifatnya. Dia sangat malas dan tidak pernah membantu ibunya.

Selain malas, dia juga sangat manja. Semua yang dia ingin lakukan. Tanpa memikirkan situasi mereka yang miskin, dan ibu-ibu yang harus bekerja keras, terlepas dari kenyataan bahwa mereka sakit. Setiap kali ibunya membawanya ke ladang, ia selalu menolak.

Suatu hari ibunya membawa bayinya untuk pergi ke pasar. Jarak pasar dari rumah mereka sangat jauh, untuk sampai ke pasar, mereka harus berjalan dan melelahkan putri mereka. Namun, putranya berjalan di depan ibunya dan mengenakan pakaian yang sangat indah. Setiap orang yang melihat ini segera terpesona dan dikagumi oleh kecantikannya, dan ibunya berjalan di belakang dengan keranjang belanja, berpakaian sangat kotor seperti pelayan.

Karena lokasi rumah mereka, yang jauh dari komunitas, tidak ada yang tahu kehidupan mereka. Akhirnya, mereka memasuki desa, semua mata tertuju pada kecantikan putri janda itu. Banyak anak muda mendekatinya dan memandang wajahnya. Namun, penduduk desa sangat

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Cerita Rakyat indonesia Singkat. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: