Pengertian Berita

Berita: Pengertian, Jenis, Unsur dan Syarat Berita

Diposting pada

Berita ialah informasi tentang sesuatu yang tengah berlangsung. berita mampu disajikan dalam bentuk media cetak, internet, siaran, atau dari mulut ke mulut.

Pengertian Berita

Apa itu berita? berita adalah bentuk informasi mengenai suatu insiden yang tengah berlangsung baru baru ini atau informasi terbaru dari sebuah insiden. Dengan kata lain berita ialah fakta menarik atau sesuatu keadaan yang penting yang disampaikan pada masyarakat orang banyak lewat media. Tetapi tidak seluruh fakta mampu diangkat menjadi suatu berita oleh media. Karena setiap fakta akan dipilih mana yang layak disampaikan pada masyarakat.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

  • Berita ialah suatu kenyataan atau gagasan yang benar serta mampu menarik perhatian sebagian besar pembaca (Dean m Lyle Spencer).
  • Berita ialah sesuatu yang terkini (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga mampu menarik atau memiliki makna dan mampu menarik minat bagi pembaca (Willard C. Bleyer).
  • Berita ialah sesuatu penuturan secara benar serta tidak berpihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang mampu menarik minat pembaca surat kabar yang memuat keadaan tersebut (William S. Maulsby).
  • Berita ialah laporan pertama dari peristiwa penting serta mampu menarik perhatian umum (Eric C. Hepwood).
  • Berita ialah laporan tercepat dari suatu kejadian atau peristiwa yang faktual, penting, serta menarik bagi beberapa besar pembaca dan menyangkut kepentingan mereka (Micthel V. Charnley). (Romli, 2003; 35)

Sedangkan berdasarkan The New Glorier Webster International Dictionary, berita ialah:

  1. Informasi hangat mengenai sesuatu yang sudah berlangsung, atau mengenai sesuatu yang belum diketahui sebelumnya.
  2. berita ialah informasi yang disajikan oleh media andaikan surat kabar, radio dan juga televisi.
  3. berita ialah sesuatu atau seseorang yang dilihat oleh media merupakan subjek yang pantas untuk diberitakan. (Hikmat, purnama Kusumaningrat, 2005: 39)

Jenis – Jenis berita

  1. Berita Langsung (straight news)
    Dalam dunia jurnalistik, berita langsung lebih dikenal atas istilah straight news. kebanyakan berita ini disajikan singkat, langsung, lugas serta fokus. Isinya adalah fakta atau data kejadian yang lagi hangat di masyarakat. Berita langsung seringkali diterbitkan di halaman utama surat kabar sebab sifatnya yang aktual dan juga informatif. Berita langsung ini pula terdiri dari dua jenis, ialah hard news (berita berat) dan soft news (berita ringan).
    Hard news ialah kejadian berat serta tidak menyenangkan, contohnya berita bencana, bentrokan senjata, pembunuhan (atau kejadian kriminalitas lainnya), berita anjloknya rupiah, kekacauan, kecelakaan dan lain-lain. sebaliknya soft news ialah berita ringan, renyah, serta menyenangkan. Contohnya berita hiburan, pagelaran seni, lifestyle (gaya hidup), fashion, dan lain-lain.
  2. Berita Opini (opinion news)
    Opini tidak serupa dengan berita opini. berita opini ataupun opinion news ialah berita yang berasal dari pandangan atau pendapat orang lain mengenai suatu kejadian. Contohnya di suatu kawasan ramai terjadi peredaran narkoba, sehingga timbul berita: pemerintah dinilai tidak sungguh-sungguh berantas Narkoba. Berita ini ditulis berdasarkan opini ahli serta oleh karena itulah dikenal berita opini. beberapa orang mengatakan berita ini sebagai talking news (berita cakap-cakap). Opini tidak termasuk jenis berita, walaupun tetap disebut karya jurnalitik.
  3. Berita Interpretasi (interpretative news)
    Berita ini adalah perluasan dari berita langsung, tetapi dilengkapi dengan informasi-informasi penunjang seperti komentar pengamat, ahli, akademisi, atau praktisi. Juga dilengkapi data tambahan dan latar belakang permasalahan. Sebagai ilustrasi, berita banjir dilengkapi dengan komentar ahli tata ruang atau pakar planologi. Data frekuensi pula kerap ditambahkan, contohnya selama setahun, berapa kali kawasan itu diterpa banjir, sehingga tersedia secara perincian dan lebih lengkap.
  4. Berita Mendalam (depth news)
    Berita mendalam ialah berita yang dikembangkan dengan cara lebih lanjut dari sebuah kejadian. Dalam berita jenis ini, unsur ‘how (bagaimana) ’ dan ‘why (mengapa) ’, umumnya lebih banyak ditonjolkan, sehingga di dalamnya tercantum informasi mengapa kejadian sebuah peristiwa terjadi, bagaimana proses terjadinya, bagaimana dampaknya, dan apa yang mesti dilakukan di masa-masa medatang supaya kejadian serupa tidak terulang. berita depth news umumnya bermaksud mengupas tuntas suatu permasalahan. Terkadang, berita ini disebut juga liputan eksklusif.
  5. Berita Investigasi (investigative news)
    Berita investigasi ditulis berdasarkan penyelidikan suatu kejadian. Data-data biasanya dicari atau didapat dari bermacam sumber yang profesional. Berita ini umumnya terkait dengan upaya wartawan membongkar kesalahan atau kecurangan yang merugikan kepentingan masyarakat. Contohnya, berita mengenai penelusuran praktek kecurangan di satu buah institusi, berita mengenai peredaran narkoba di lapisan pelajar. Intinya, berita jenis ini berusaha mengungkap situasi rahasia dari sebuah keadaan yang merugikan masyarakat. Dalam menyelesaikan berita ini, wartawan terkadang perlu bertindak sebagai intel.

Unsur – Unsur Berita

Berikut penjelasan yang lebih lengkap dari unsur-unsur menurut Inung Cahya S. (2012:17) yaitu :

  1. What
    Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa.
  2. Where
    Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap tentang tempat kejadian.
  3. When
    Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu kejadian peristiwa.
  4. Who
    Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.
  5. Why
    Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa.
  6. How
    Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur how, yaitu dapat dijelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkan.

Syarat Berita yang Baik

  • Benar, apa yang diberitakan itu sesuai fakta dengan bukti-bukti yang konkret.
  • Sederhana, berita yang ditulis harus sederhana, baik dalam isi maupun bahasanya.
  • Singkat,berita yang baik adalah tidak bertele-tele, langsung pada pokok permasalahan, singkat, jelas, dan padat sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada pembaca.
  • Jelas, apa yang diberitakan itu tidak semu, jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Hidup, apa yang diberitahukan harus mendorong minat pembaca dan mengikuti perkembangan berikutnya.

Demikianlah Pengertian Berita, Jenis Berita, Unsur Berita dan Syarat Berita. Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *