Contoh Majas Sarkasme

Posted on

Contoh Majas Sarkasme – Majas adalah bahan yang umumnya diajarkan di sekolah-sekolah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu bentuk majas adalah sarkasme, bentuk ini diklasifikasikan sebagai kiasan. Tetapi banyak orang kurang memahami antara sindiran ini dan sarkasme para majas.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Majas Sarkasme. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh Sarkasme.

Pengertian

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sarkasme ialah penggunaan kata-kata pedas atau keras untuk menyakiti orang lain; ejekan atau ejekan kasar.

Majas Sarkasme

Menimbang bahwa seorang penulis Rusia bernama “Fyodor Dostoyevsky” menyatakan bahwa sarkasme adalah pelarian terakhir dari orang-orang yang murni dan jiwa yang murni ketika perasaan pribadi mereka tentang jiwa mereka telah memasuki kira-kira dan kuat.

Sarkasme Majas adalah bentuk bahasa atau gaya linguistik yang umumnya digunakan untuk menyinggung dan menyindir seseorang secara yang langsung meski tanpa harus menggunakan tokoh retoris atau kata-kata terbalik yang bertentangan dengan tujuan yang dimaksudkan, mereka bisa menjadi kata yang digunakan oleh hewan.

Contoh Majas Sarkasme Berdasarkan Pantun

Berikut ini contoh majas sarkasme yang di ambil pada sebuah pantun:

Warna merah tomat
Semut hitam di tengah malam
Anda ingin bertobat tetapi bertobat dengan sombong
Anda ingin yang saleh tetapi juga sok

Penjelasan Detail:

Dalam puisi di atas, yang berisi bentuk sarkasme ditemukan dalam isinya. Dalam isi puisi di atas kita membaca “dia ingin bertobat tetapi pertobatan yang pura-pura” dan “dia ingin menjadi saleh tetapi juga sombong”.

Dua kalimat yang termasuk sarkasme karena kalimat itu diucapkan dengan maksud menyindir seseorang yang ingin bertobat, tetapi sebaliknya bertobat dan ingin menjadi saleh tetapi malah sombong.

Contoh Majas Sarkasme Lainnya

Adapun ini contoh majas sarkasme yang lainnya, sebagai berikut:

  1. Saya tidak terkejut jika ujian gagal dan pindah ke tingkat berikutnya. Karena otak bodoh seperti dia tidak akan bisa lulus ujian tanpa menipu dan membantu orang lain.
  2. Saya tidak peduli apakah dia menangis, bahkan jika dia menangis darah. Saya tidak akan tertipu lagi dengan air matanya yang buaya.
  3. Anak-anak dasar tidak tahu untungnya, kami merawat Anda sejak kecil dan kami senang makan, sekarang sebagai orang dewasa dan sukses di luar negeri Anda tidak lagi menganggap kami sebagai orang tua Anda. Apakah ini jawaban Anda kepada orang tua yang telah melahirkan dan tumbuh dewasa? Balas?
  4. Mengapa kamu datang ke sini lagi? Kami tidak benar-benar membutuhkan orang yang tidak bisa apa-apa dan tidak berguna seperti Anda.
  5. Anda tidak lagi bisa berjalan, tidak masalah jika Anda tidak memaksanya. Tidak masalah, terimalah kenyataan bahwa hidup Anda sekarang dinonaktifkan.
  6. Jangan pernah mengundangnya ke rumahmu saat aku di sana. Saya tidak mau bertemu teman Anda yang membosankan dan mencolok.
  7. Tidak masalah, jangan pergi bersama kami, karena minuman termurah yang kita minum biasanya tidak akan mampu membelinya.
  8. Apakah Anda yakin itu gadis tercantik di desa ini? Hanya melihat wajah dan penampilannya, aku tidak peduli sama sekali, aku bahkan tidak suka melihatnya tersenyum.
  9. Dia benar-benar mematahkan nadinya. Dia dihina dan bahkan diberhentikan dengan tidak hormat karena penyalahgunaan dana perusahaan yang dia buat. Tapi dia masih datang ke kantor dan minta bekerja lagi.
  10. Otak udang, Anda bisa melakukan pekerjaan yang sangat sederhana seperti ini. Jadi apa yang bisa kamu lakukan?
  11. Saya memanggil Anda masih menyenangkan untuk bermain di sana. Apakah kamu tidak punya telinga? Apakah saya harus menyeret Anda ke sini?
  12. Biarkan saja dia bermimpi dan bermimpi, karena hanya itu yang dia bisa. Kita tidak memiliki kekayaan dan keterampilan di bidang dunia, bagaimana dia akan memenuhi mimpinya.
  13. Karena Anda meletakkan skala ini di sini. Alih-alih membantu pekerjaan kami, skala ini membuat tempat ini lebih dekat. Buang tangga yang tidak berguna ini.
  14. Mengapa kamu masih di jalan ini, tidak bisakah kamu melihat peringatan di depan gang jalan yang sedang dalam perbaikan? Kamu buta?
  15. Anda seorang playboy berkelas dengan kecap! Hanya lutut dan wajah yang standar, tetapi Anda berani bermain dengan hati wanita.
  16. Anda benar-benar orang yang tidak mengenal Anda. Sudah menjadi hama di rumah ini, piring dan pakaian kotor yang Anda kenakan sebelumnya, tetapi kita juga harus membersihkannya.
  17. Jika saya memiliki adik lelaki seperti dia, saya pasti tidak akan mau mengakuinya. Dia tidak benar-benar sopan santun, seperti tidak hanya makan meja sekolah.
  18. Apakah Anda benar-benar ingin membiarkan orang tua Anda mengenal orang-orang seperti itu? Anda sebaiknya memikirkan kembali niat baik Anda. Mengingat penampilan dan caranya yang modis, saya yakin orang tua Anda tidak akan membiarkan anak perempuan mereka menghadapi orang-orang seperti itu.
  19. Malas malas, jangan memakannya sebelum mencuci, terutama ketika Anda makan seseorang dari rumah
  20. Saya tidak berani mencicipi dapur Anda. Dari baunya saja tidak baik, terutama rasanya. Kasihan, lidah saya akan menjadi tidak sensitif setelah mencicipi makanan Anda.
  21. Anak baik Hanya dengan modal menjadi pemimpin di sini? Anda pikir Anda akan menyukai semua wanita itu ya! Betapa konyol pikiranmu.
  22. Hanya brengsek yang ingin jatuh ke lubang yang sama.
  23. Apakah kamu tidak punya telinga? Saya sudah memanggil Anda ratusan kali tetapi Anda belum datang. Datang ke sini dengan cepat, haruskah aku menyeretmu ke sini?
  24. Keluarga besar saya dan saya tidak membutuhkan seseorang yang tidak berguna seperti Anda. Cepat pergi! Dan bahkan tidak berpikir untuk kembali ke rumah ini lagi
Baca Juga :  Majas Hiperbola

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Majas Sarkasme. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: