Jenis Jenis Sikap

Posted on

Jenis Sikap – adalah kepribadian yang berbeda atau unik. Apakah Anda tahu sifat atau tipe kepribadian mu? mengetahui karakter kepribadian kamu ialah untuk mengoptimalkan perubahan menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, mengetahui kepribadian seseorang juga dapat membantu Anda memahami lawan bicara, juga membantu menentukan sikap atau perilakunya yang sesuai dengan lawan berbicara.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Jenis Jenis Sikap. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik, dan Contoh.

Definisi

Sikap adalah salah satu konsep yang merupakan masalah utama dalam ilmu psikologi sosial. Sikap juga menentukan proses penilaian internal subyektif yang terjadi dalam diri seseorang dan tidak dapat diamati secara langsung, tetapi dapat dilihat jika sikap itu diwujudkan dalam perilaku.

Jenis Jenis Sikap

Karena itu, sikap dapat dianggap sebagai positif dan negatif. Jika
Sikap berasal dari kata aptus, yang berarti “menjadi sehat dan siap untuk bertindak” atau mungkin mirip dengan keadaan seorang gladiator di arena aksi, yang siap menghadapi singa sebagai lawannya dalam pertempuran. Dalam arti harfiah

Karakteristik

  • Memiliki rasa aman jika Anda memiliki pendapat yang berbeda
  • Masalah sendiri dan bisa diselesaikan
  • Kemampuan untuk menimbang masalah dengan baik
  • Senang dengan pekerjaannya.
  • Kepercayaan
  • Dapat melayani dirinya sendiri, terutama pada masalah pribadi.
  • Ada rasa tanggung jawab
  • Dapat bekerja sendiri (jarang meminta bantuan orang lain)
  • Kreativitas
  • Inisiatif
  • Menguasai keterampilan dan pengalaman sesuai dengan bidang kegiatannya
  • Nilai waktu

Contoh Jenis Jenis Sikap

Sikap Emosional

Emosional dianggap sebagai gangguan kepribadian historis. Mereka sering histeris dan berlebihan. Akan sulit bagi orang dengan gangguan ini untuk berkonsentrasi, emosi berubah dengan cepat dan selalu membutuhkan perhatian.

Sensitivitas emosionalnya sering kali berbahaya, bahkan menimbulkan ketakutan yang samar. Emosi seperti itu membuat mereka mudah marah dan berpikir tidak rasional. Mereka akan dengan mudah memancing emosi dan mental dengan mudah.

Nah, beberapa karakter ini adalah masalah mental yang perlu Anda ketahui. Semua sifat buruk atau karakter tidak bawaan, Anda perlu mengubahnya untuk membuat hidup lebih baik.

Sikap Sempurna

Perfeksionisme dianggap sebagai gangguan kepribadian obsesif-kompulsif. Karakter ini tumbuh berkat standar manusia yang mengharuskan seseorang untuk hidup secara detail dan sempurna.

Seorang perfeksionis terbiasa mengikuti standar-standar ini agar dapat hidup dengan baik. Semua ini bisa berbahaya jika persyaratan dan kemampuannya tidak seimbang. Perfeksionis sulit menemukan lingkungan yang tepat karena mereka menetapkan standar terlalu tinggi. Perfeksionis mental selalu melihat sesuatu dengan sempurna.

Baca Juga :  Cerpen dan Unsur Intrinsiknya

Sikap Narsis

Harapan akan lebih banyak perhatian hingga Anda mencoba tampak paling terlihat adalah tujuan utama bakung. Mereka sering mengharapkan kualitas khusus yang harus mereka terima dari orang lain.

Jelas, karakter ini disebabkan oleh masalah mental. Anda harus mengubah sifat narsis agar dapat hidup sebagaimana adanya. Kecemburuan dan kecemburuan selalu tertanam dalam mentalitas narsisis. Yang terbaik adalah menyingkirkan fitur narsis, terbiasa tidak memaksakan keinginan.

Sikap Tempramen

Diyakini bahwa temperamen yang tidak bisa mengendalikan amarahnya rentan terhadap gangguan kepribadian ambang. Sifat ini sangat berbahaya dan dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Perubahan mood yang tidak stabil membuat temperamen mencurahkan amarahnya setiap saat. Suasana hati yang tidak terkendali tanpa alasan yang jelas adalah bagian dari penyakit mental. Alih-alih, latih mentalitas Anda untuk menyingkirkan sikap temperamental.

Sikap Paranoid

Kecurigaan yang berlebihan akan segala sesuatu yang hanya ada di pikiran membuat kita paranoid. Paranoid bukan bawaan, itu adalah salah satu penyakit mental yang perlu disembuhkan. Seorang penderita paranoid tidak akan merasa aman dan bahagia.

Bahkan hal-hal kecil bisa menjadi masalah besar dari sudut pandang mereka. Paranoid penderita akan melihat orang lain dengan kecurigaan sampai mereka kehilangan selera humor. Jelas, ini berbahaya dan berpotensi menghilangkan kebahagiaan yang perlu Anda rasakan.

Sikap Pemalu

Jangan menyembunyikan ketidakmampuan Anda untuk beradaptasi dengan rasa malu. Rasa malu bukanlah karakter bawaan, melainkan penolakan emosional yang mengarah pada ketidakmampuan untuk menerima kehidupan eksternal.

Seseorang yang pemalu memiliki hipersensitivitas, yang membuat penderitanya takut bergaul dengan orang lain. Jelas, ini adalah penyakit mental yang perlu ditangani. Rasa malu mencegah mereka dari membatasi hubungan dengan orang lain secara mental.

Sikap Pemalas

Karakter malas digambarkan oleh sikap orang yang ingin bekerja sedikit, tetapi membutuhkan banyak istirahat. Sikap malas bukanlah karakter manusia yang nyata, itu adalah masalah mental yang benar-benar dapat diubah.

Seseorang dengan mental yang baik akan menghargai waktu dan tanggung jawabnya untuk pekerjaan orang lain. Si malas, yang bisa dihindari, tidak pernah bersembunyi di balik sifat buruk ini.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Jenis Jenis Sikap. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: