Pengertian Akulturasi Beserta Contohnya

Diposting pada

Akulturasi merupakan suatu proses sosial yang tampak bilamana suatu golongan manusia dengan kebudayaan tertentu diarahkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan dipahami ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Contoh Akulturasi

Berikut ialah contoh akulturasi:
  1. Bangunan bergaya Belanda di beberapa gedung pemerintahan. Salah satu cirinya adalah adanya pintu utama dan pilar utama yang berukuran sangat besar.
  2. Masjid Demak merupakan hasil akulturasi antara budaya Islam dan budaya Hindu. Terdapat beberapa arsitektur bercorak Hindu, namun tetap tidak meninggalkan fungsi utama Masjid itu sendiri.
  3. Musik pop saat ini sering dipadukan dengan alat musik tradisional setempat sehingga menciptakan perpaduan yang unik namun tetap dapat dibedakan antara musik pop dan musik tradisionalnya.

Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *