VPS untuk Meningkatkan Kualitas Website

Posted on
sumber : freepik.com

Virtual Private Server atau VPS adalah layanan hosting yang menggunakan teknologi virtual untuk memberikan sumber private pada server yang memiliki beberapa user. Layanan hosting ini umumnya dipilih oleh pemilik website yang memiliki jenis traffic medium yang melebihi batas paket shared hosting tetapi tetap tidak membutuhkan resource dari server khusus. Layanan ini dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan shared hosting karena kamu tidak akan mendapatkan ruang server khusus. 

Cara Kerja Virtual Private Server

Layanan VPS menyimulasikan pengalaman yang ada pada server khusus walaupun kamu tetap berbagi server fisik dengan user lainnya. Penyedia layanan hosting web lalu akan meng-install lapisan virtual yang terletak di lapisan atas sebuah operating system (OS) dari sebuah server menggunakan teknologi visualisasi. 

Server akan dipisahkan menjadi compartment individu dengan virtual wall, lapisan ini akan memperbolehkan setiap user untuk meng-install sendiri OS dan software pribadinya. Virtual Private Server adalah server yang benar-benar pribadi, karena VPS akan memisahkan data-data dari user lainnya pada level OS. Ini berarti, website kamu berada dalam lingkup yang aman dengan sumber daya yang terjamin seperti disk space, think memory, CPU core, dan sebagainya.

Kegunaan Virtual Private Server

  1. Dipakai sebagai VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah jaringan yang terhubung melalui internet, namun tidak semua orang bisa melihatnya. Oleh sebab itu, beberapa organisasi, atau perusahaan dapat memanfaatkan jenis server ini mereka untuk dijadikan VPN bagi para anggotanya. Jenis server ini dapat dijadikan menjadi VPN untuk menyimpan file-file penting secara private, dan file tersebut dapat di share dengan aman dalam lingkup perusahaan selama masih tersambung dengan koneksi VPN tersebut.

  1. Sebagai Hosting File

VPS cocok dijadikan untuk tempat hosting file secara online seperti, penyimpanan film, foto, layanan sharing file, software, dan data-data besar lainnya. Dengan menggunakan jenis server ini kamu dapat mengakses data yang berukuran besar secara private, ataupun secara umum saat pengguna internet berkunjung pada website kamu. Keuntungan lainnya adalah fitur ini tidak ditemukan dalam layanan shared hosting karena umumnya shared hosting hanya memiliki disk space yang dapat digunakan untuk proses pembuatan website saja.

  1. Dapat digunakan pada High Traffic Website 

Pada website yang jumlah traffic nya sedang berkembang, maka kamu disarankan untuk beralih dari shared hosting, dan mulai beralih menggunakan layanan server ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang tiba-tiba membludak pada website kamu, dan akan mengakibatkan website kamu memberikan respon yang lambat, atau bahkan crash

  1. Dapat diakses dalam keadaan remote

Komputer, atau server tetap dapat digunakan walaupun dalam keadaan yang remote dengan menggunakan VPS. Layanan ini menawarkan kontrol yang penuh terhadap penggunanya, sehingga kamu dapat mengakses server, atau komputer kamu dari berbagai tempat.

  1. Sebagai backup main server

Kamu tentu tidak dapat membayangkan apa yang terjadi jika data-data kamu dicuri, atau hilang secara tiba-tiba hingga menyebabkan banyaknya kerugian yang terjadi pada website kamu, bukan? VPS memiliki backup server yang sudah ditambahkan ke dalamnya yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan terakhir bagi file-file terbaru yang ada pada sebuah server. Sehingga jika terjadi masalah pada main server, masih ada data yang disimpan oleh backup server yang dapat di restore.

Beberapa Jenis Virtual Private Server di Domainesia

Kamu dapat membeli VPS di Domainesia. Domainesia menawarkan beberapa jenis VPS untuk kamu sebagai pemilik sebuah website. Ada beberapa jenis hosting Indonesia yang ditawarkan oleh Domainesia, seperti:

  • Paket 1GB

Domainesia menawarkan VPS basic yang menawarkan space sebanyak 1 GB. Selain itu, paket ini dilengkapi dengan 1 CPU core, dan 20 GB SSD. Pemilik sebuah website juga diuntungkan dengan adanya unlimited bandwidth, dan 200 Mbps network. Dengan harga promo yang ditawarkan sebesar Rp.160.000 per bulan kamu bisa mendapatkan semua fasilitas-fasilitas tersebut.

  • Paket 4GB

Dengan harga promo yang ditawarkan sebesar Rp.640.000 per bulan, kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebanyak 4GB. Paket ini menawarkan 4 CPU core, dan 80GB SSD, yang juga dilengkapi dengan unlimited bandwidth. Ditambah lagi, kecepatan yang ditawarkan pada VPS ini tinggi, yaitu sebesar 800 Mbps network.

  • Paket 16GB

Dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp.2.400.000 per bulan, kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebanyak 16GB. Paket ini menawarkan 12 CPU core, dan 320GB SSD, yang juga dilengkapi dengan unlimited bandwidth. Dengan kecepatan yang ditawarkan pada VPS sebesar 1 Gbps network.

  • Paket 24 GB

Paket ini merupakan paket terbesar yang ditawarkan oleh Domainesia. Dengan harga sebesar Rp.3.200.000 per bulan, kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebanyak 24GB. Paket ini menawarkan 16 CPU core, dan 480GB SSD, yang juga dilengkapi dengan unlimited bandwidth dan kecepatan VPS sebesar 1 Gbps network.

Rate this post