Pengertian dan Fungsi Sistem Imun

Posted on

Sistem imun atau sistem kekebalan ialah sel-sel serta banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, yakni pertahanan pada organisme untuk menjaga fisik dari pengaruh biologis luar dengan mengetahui serta membunuh bakteri. Sementara itu, reaksi kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh kepada identifikasi zat asing dikenal reaksi imun. Agar bisa berfungsi dengan baik, sistem ini akan mengidentifikasi bermacam jenis pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus hingga parasit, dan menghancurkan zat-zat asing lain serta memusnahkan mereka dari sel dan jaringan organisme yang sehat supaya konsisten bisa berperan secara normal.

Manusia dan juga vertebrata berahang lainnya mempunyai metode pertahanan yang kompleks, yang bisa dibagi jadi sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif. Sistem imun bawaan adalah bentuk pertahanan awal yang menyertakan penghalang permukaan, akibat peradangan, sistem komplemen, serta anggota seluler. sistem imun adaptif berkembang karena diaktifkan oleh sistem imun bawaan dan juga membutuhkan waktu untuk bisa mengerahkan reaksi pertahanan yang lebih tangguh serta spesifik. Imunitas adaptif (atau dapatan) membangun ingatan imunologis sehabis reaksi awal terhadap patogen serta menciptakan perlindungan yang lebih ditingatkan pada pertemuan dengan patogen yang serupa berikutnya. Proses imunitas dapatan ini menjadi dasar dari vaksinasi.

Baca Juga >>> Definisi Penyakit dan Jenis Penyakit yang Mengancam Manusia

Fungsi Sistem Imun

Suatu sistem dalam tubuh pasti mempunyai fungsi masing masing, serupa perihalnya dengan sistem hormon pada manusia. berikut ialah fungsi dari sistem imunitas tersebut:

Sistem Pertahanan

Fungsi pokok dari sistem ini ialah selaku sistem pertahanan tubuh, baik itu penyakit yang bisa menular atau yang diakibatkan oleh virus serta bakteri.

Baca Juga :  Fermentasi: Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat dan Contohnya

Keseimbangan Homeostatis

Homeostatis ialah keseimbangan yang optimal dalam tubuh yang berperan untuk memenuhi kebutuhan tubuh atas aturan berkorelasi atas semua skema yang ada dalam tubuh. Sehingga imunitas ini berperan untuk menjaga keseimbangan homeostatis supaya beroperasi dengan baik.

Rekonstruksi Jaringan

Fungsi ketiga ialah untuk memperbaiki jaringan dengan cara mengeliminasi jaringan sel yang telah mati atau rusak dalam tubuh. selain itu juga untuk mengeliminasi sel yang tidak normal.