Pengertian Etnosentrisme Beserta Pengaruh dan Dampaknya

Sabtu, Desember 30th, 2017 - Sosiologi

Etnosentrisme ialah evaluasi akan kebudayaan lain berdasarkan dasar nilai dan standar budaya sendiri. sebagian orang etnosentris menilai golongan lain relatif akan golongan atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berhubungan dengan bahasa, kepribadian, kebiasaan, dan agama. perbedaan dan pembagian etnis ini mendeskripsikan kekhususan identitas budaya tiap suku bangsa. Etnosentrisme boleh jadi terlihat atau tidak terlihat, dan meski dianggap sebagai kecenderungan alami dari ilmu jiwa manusia, etnosentrisme mempunyai konotasi negatif di dalam masyarakat.

Pengertian Etnosentrisme

Pengaruh Etnosentrisme

  1. Meningkatkan kesatuan, kesetiaan dan adab golongan Kelompok-kelompok etnosentris terlihat lebih bertahan dari golongan yang berperilaku murah hati. Etnosentrisme mengukuhkan nasionalisme dan patriotisme. Tanpa etnosentrisme, kesadaran nasional yang penuh antusias mungkin sekali tidak akan berlangsung.
  2. Perlindungan akan transformasi Di negara Jepang pada era ke-19, etnosentrisme sudah digunakan untuk menghambat masuknya bagian asing ke dalam kebudayaan. Upaya menghambat transformasi kebudayaan seperti itu tidak pernah seluruhnya sukses; transformasi berlangsung pada bangsa Jepang. Karena tidak terdapat kebudayaan yang serupa sekali statis, setiap kebudayaan harus beralih untuk menjaga kelangsungannya. Pada saat ini etnosentrisme di India membantu menjaga India dari orang komunis, tapi India tidak mungkin tetap non komunis bila tidak memodernisasikan teknologinya dan mengendalikan kemajuan masyarakat dengan cepat dan transformasi ini dihambat oleh etnosentrisme. Jadi dalam situasi-situasi tertentu, etnosentrisme meningkatkan stabilitas kebudayaan dan kesinambungan hidup golongan; dalam keadaan lain, etnosentrisme meruntuhkan kebudayaan dan memusnahkan golongan.

 

Dampak Positif dan Negatif Dari Etnosentrisme

Dampak negatif dari sikap etnosentrisme antara lain:

  1. Mengurangi keobjektifan ilmu pengetahuan
  2. Menghambat pertukaran budaya
  3. Menghambat proses asimilasi kelompok yang berbeda
  4. Memacu timbulnya konflik sosial.

Dampak positif dari etnosentrisme yaitu:

  1. Dapat mempertinggi semangat patriotisme,
  2. Menjaga keutuhan dan stabilitas kebudayaan, serta
  3. Mempertinggi rasa cinta pada bangsa sendiri.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Etnosentrisme, Pengaruh Etnosentrisme, Dampak Positif dan Negatif Dari Etnosentrisme. Semoga bermanfaat!

Pengertian Etnosentrisme Beserta Pengaruh dan Dampaknya | aab | 4.5