Pengertian dan Definisi Revolusi

Kamis, Juli 20th, 2017 - Sosiologi

Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung begitu cepat dan menyangkut landasan atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi bisa disengaja atau tanpa disengaja terlebih dahulu dan mampu dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran kecepatan suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun bisa memakan waktu lama. Revolusi menginginkan suatu upaya untuk merobohkan, menjebol, dan membangun dari sistem lama kepada suatu sistem yang lebih baru. Revolusi senantiasa berkaitan dengan dialektika, logika, romantika, menjebol dan membangun.

Pengertian Revolusi

Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli

1. Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat, Revolusi ialah usaha untuk dapat hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.

2. Selo Soemardjan
Selo Soemardjan mengemukakan bahwa revolusi merupakan setiap perubahan dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok dunia tengah di masyarakat.

3. Schoorl
Menurut Schoorl Revolusi ialah penggantian cara tradisional produksi dengan cara yang ditampung dalam arti Revolusi Industri.

4. Wijoyo Nitisastro
Definisi Revolusi menurut Wijoyo Nitisastro merupakan sebuah proses perpindahan total dari kehidupan tradisional bersama-sama teknologi yang baik (pra-modern) dalam arti organisasi sosial untuk pola ekonomi dan politik.

5. Soerjono Soekanto
Revolusi menurut Soerjono Soekanto yakni wujud perubahan sosial. Perencanaan biasanya bertujuan untuk perubahan sosial (perubahan diarahkan) dan didasarkan (planning sosial).

6. Kingsley Davis
Kingsley Davis mengemukakan revolusi sebagai perubahan sosial yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

7. Harold Rosenberg
Harold Rosenberg mengartikan Revolusi sebagai tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana erosi tempat-tempat umum properti pedesaan.

8. Astrid S. Susanto
Astrid S. Susanto menyatakan bahwa Revolusi merupakan proses pembangunan yang memberikan kesempatan untuk perubahan demi kemajuan.

Pengertian dan Definisi Revolusi | aab | 4.5