Alur Novel

Posted on

Alur Novel – adalah serangkaian alur cerita surat kabar, seperti novel, cerita, dan skrip. Biasanya, alur diberikan dengan berbagai cara. Baik itu maju, mundur, atau campuran. bagai mana kelanjutnya ayo sama-sama kita lihat nilai-nilai berikut.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Alur Novel. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, definisi, macam, dan Contoh.

Definisi

Alur Novel adalah cerita panjang yang menekankan sifat penjahat. Novel berbeda dari kisah karena mereka lebih panjang dan lebih kompleks, setidaknya lebih dari 10 ribu kata. Selain itu juga, ada unsur baru, baik Komponen maupun eksternal.

Alur Novel

Macam Macam Alur Novel

Aliran Campuran

Aliran campuran adalah alur yang dimulai dengan kulminasi sebuah cerita, yang kemudian melihat kembali ke masa lalu atau masa lalu dan berakhir dengan penyelesaian kisah. Plot ini akan mudah digunakan ketika membuat cerita jika penulis mengerti bagaimana mengatur plot cerita.

Contoh:

dapat diambil dari kisah kepribadian Bourne, di mana cerita dimulai di tengah ketika Jason Bourne tidak ingat siapa dia.

Alur Maju

Aliran langsung, ialah aliran yang mana peristiwa ditampilkan secara kronologis, berurutan, dari tahap awal, tahap tengah, hingga tahap terakhir sejarah. Biasanya utas ini sering digunakan oleh penulis pemula, membuat kisah novel menggunakan aliran ini, dapat menciptakan kebiasaan menulis untuk mereka, karena jika Anda menggunakan Alur ini, tidak begitu sulit untuk menulis atau membuat cerita.

Plot ini biasanya digunakan dalam cerita yang mudah dipahami atau dicerna, misalnya, dalam cerita untuk anak-anak. Tetapi ini tidak berarti bahwa plot ini tidak dapat digunakan dalam cerita serius, seperti drama dan sebagainya.

Alur Mundur

Alur kembali adalah alur cerita yang dimulai dengan selesai. Utas ini sering ditemukan dalam kisah yang menggunakan pengaturan waktu di masa Lampau. Seorang penulis yang menggunakan plot ini harus bisa merangkai cerita agar tidak membingungkan sipembaca.

Contoh Alur Novel

kisah tentang seorang veteran hidupnya di masa mudanya.

Representasi tokoh dan acara
Di bagian ini, penulis akan memperkenalkan karakter cerita ini, serta latar belakang cerita, seperti pengaturan tempat, waktu dan suasana. Gagasan plot contoh:
Di desa tinggal seorang ibu tua dengan seorang anak, Raihan, yang masih anak-anak, 5 tahun. Mereka tinggal di gubuk tua dan hidup dalam kemiskinan.

Baca Juga :  Contoh Unsur Ekstrinsik

Mulai dari masalah atau konflik
Pada tahap ini, orang yang diperkenalkan mulai menghadapi berbagai masalah. Cerita yang bagus harus memiliki masalah yang harus dipecahkan oleh karakter. Semakin kompleks masalah dan masalah yang dekat dengan kehidupan pembaca, semakin menarik plotnya. Gagasan plot contoh:
Raihan, yang sedang bermain di jalan di depan rumah, tiba-tiba menghilang. Sang ibu, yang sedang sibuk di halaman belakang, baru saja menyadari bahwa ketika dia menuju ke halaman, tidak ada yang memerankan Raihan.

Ke awal masalah
Pada tahap ini, karakter berada dalam masalah yang lebih kompleks. Gagasan plot contoh:
Ibu tua mencari Raihan. Dia menelusuri jalan dan bertanya kepada tetangganya, tetapi Raihan tidak terlihat.

Ketinggian masalah atau klimaks
Pada tahap ini, karakter dihadapkan pada masalah yang sangat tegang dan membutuhkan solusi dari karakter tersebut.
Tiba-tiba, seseorang datang dan memberi tahu wanita tua itu bahwa Raihan sedang bermain jauh dari rumah, lalu jatuh dan meregangkan kakinya, sehingga seseorang yang melihatnya membawa dia ke pusat medis terdekat.

Ketika tiba di sana, Raihan harus dikirim ke rumah sakit karena patah tulang. Ibu tua tidak mengerti berapa biayanya. Hari ini uang habis untuk jatah makanan, dan itupun hanya nasi yang dimasak. Ibu Raihan hanya bisa menangis ketika dia meminta pinjaman dari asisten.

Desa
Pada tahap ini, solusi untuk masalah dalam plot ditemukan. Penulis mengarahkan pembaca ke akhir cerita. Sebuah cerita dapat berakhir dengan bahagia ending nya yang sedih, sedih ending yang sedih atau terbuka ending terbuka. Sebuah cerita terbuka adalah cerita yang akhirnya disajikan kepada pembaca. Contoh:
Untungnya, asisten itu menyesal melihat ibu Raihan, yang khawatir dan tidak punya uang sebelumnya. Ini mencakup biaya pengobatan Raihan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Alur Novel. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: