Bahaya Stroke Bagi Kesehatan Diri

Posted on

 

Kesehatan merupakan hal yang sangat berarti bagi kehidupan kita, apabila kita menyepelekan adanya kesehatan dalam diri kita maka hal yang akan terjadi akan mengancam diri kita sendiri. Bahaya stroke yang akan menyebabkan pengaruh yang fatal. Strok (bahasa inggris; stroke) yang merupakan suatu kondisi yang akan terjadi ketika suatu pasokan dalam darah ke suatu bagian otak dengan tiba-tiba terganggu.  Seperti ketika dalam jaringan otak, yang dimana kurangnya aliran darah yang menyebabkan adanya serangkaian reaksi bio-kimia, yang dapat merusakkan atau dapat mematikan sel-sel yang berada di dalam otak.

Penyebab dari adanya penyakit stroke itu sendiri adalah disebabkan karena hilangnya suatu fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Penyakit stroke itu sendiri merupakan suatu penyakit ketiga di Amerika Serikat dan banyak dari negara industri di Eropa (Jouch,2005). Maka sangat jarang yang mampu diselamatkan, sebab terkadang seseorang yang mengalami penyakit stroke akan mengalami kelumpuhan. Oleh sebab itu selama kita mampu menjaga diri agar terhindar dari penyakit tersebut maka mulailah menjaga diri dan menjaga kesehatan dalam diri kita agar jangan sampai hal yang buruk terjadi pada diri kita.

Namun terkadang tanpa kita sadari bahwa stroke itu sendiri memiliki stroke yang berbeda-beda seperti adanya stroke ringan yang dimana memiliki risikonya yang lebih tinggi bagi setiap para penderitanya seperti;

  1. Apabila usia penderita berusia diatas 55 tahun.

  2. Penderita memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas.

  3. Penderita mengalami beberapa penyakit seperti penyakit gangguan pada jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi dan anemia.

Setiap individu harus mampu mengenali adanya gejala-gejala dari adanya stroke itu sendiri, seperti adanya stroke ringan yang bisa melanda siapa saja. Maka kita perlu mengetahui gejala-gejalanya seperti berikut ini;

  1. Adanya suatu kelumpuhan yang ada pada salah satu bagian tubuh seperti wajah, lengan, atau kaki pada tubuh kita.

  2. Adanya perbedaan cara berbicara seperti ketidakjelasan dalam berbicara, pelo dan cadel dalam setiap mengungkapkan kata-kata yang ingin disampaikan.

  3. Adanya pandangan mata yang tidak fokus, rabun dan tidak terlihat begitu jelas dan menyebabkan penglihatan menjadi terganggu dan membutuhkan pertolongan secara khusus.

  4. Tidak adanya keseimbangan secara mendadak seperti tiba-tiba terasa pusing dan seketika langsung tidak sadarkan diri.

  5. Terasa adanya sakit kepala yang sangat begitu parah yang muncul secara tiba-tiba.

Setelah kita mengetahui beberapa hal yang berkaitan adanya gejala penyakit stroke yang menjadikan kita harus lebih mewaspadai diri untuk menjaga kesehatan kita, agar kehidupan kita menggunakan pola hidup yang sehat. Kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting karena sehat itu mahal harganya, tidak ada yang menjual kesembuhan. Namun yang harus kita lakukan adalah dengan mengatur pola hidup kita terutama dengan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Jangan sampai kita menyepelekan suatu penyakit karena bisa jadi penyakit tersebut akan sangat berbahaya bagi diri kita sendiri.

Baca Juga :  Macam-macam ketidaknyamanan pada saat kehamilan

Pentingnya hidup sehat bermula dari kita yang misalnya kita lebih memilih untuk beristirahat setiap malam dan menghindari begadang tengah malam, dalam hal tersebut sudah membuktikan bahwa kita sudah menyayangi diri kita sendiri tidak dengan menyakiti diri kita. oleh sebab itu dampak yang dirasakan pun akan berpengaruh pada diri kita sendiri. Tetap menjaga diri dan kesehatan untuk selalu bertahan dalam kehidupan ini. Keep fighting!!