Contoh Paragraf

Posted on

Contoh Paragraf – Paragraf bukan hanya struktur kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk teks yang dapat dibaca. Namun, dalam persiapan dan penggunaan beberapa kata itu harus dipertimbangkan dengan cermat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam dan Contoh.

Pengertian

Menurut KBBI, makna paragraf itu sendiri adalah bagian dari bab dalam esai yang biasanya berisi ide utama dan tulisan dimulai dengan baris baru.

Contoh Paragraf

Paragraf diperlukan untuk mengekspresikan ide yang lebih luas dari sudut pandang komposisi, berbicara tentang paragraf sebenarnya sudah memasuki area pidato atau esai karena formal sederhana dapat terdiri dari hanya satu paragraf. Jadi tanpa kemampuan untuk mengatur paragraf, tidak mungkin bagi seseorang untuk membuat komposisi.

Macam-Macam Paragraf

Adapun untuk paragraf sendiri memiliki beberapa macam, diantaranya ialah sebagai berikut:

Paragraf Campuran

untuk campuran sendiri memiliki beberapa karakteristik, yaitu.

  • Ini memiliki 2 kalimat utama.
  • Kalimat penjelas ada di tengah paragraf.
  • Memiliki frase berulang pada kata kunci di kedua kalimat utama.
  • Kalimat utama adalah di awal paragraf.
  • Kalimat utama kedua ditemukan di akhir paragraf.

Paragraf Induktif

untuk induktif sendiri memiliki beberapa karakteristik, yaitu.

  • Kalimat utama adalah kesimpulan.
  • Kalimat utama ada di akhir paragraf.
  • Mulai dari penjelasan khusus.
  • Pola kalimat disusun dari khusus ke umum.

Paragraf Deduktif

  • Dimulai dengan pernyataan umum diikuti dengan deskripsi atau penjelasan khusus.
  • Akhiri dengan penjelasan.
  • Posisi kalimat utama di awal paragraf.

Contoh Paragraf

Berikut inilah contoh-contoh dari masing-masing paragraf, yaitu sebagai berikut:

Contoh Paragraf Campuran

1) Dalam kehidupan ini, kita tidak bisa hidup tanpa udara. Udara adalah sumber kehidupan ini selain air, cobalah bagaimana rasanya menahan napas selama setengah jam, pasti tubuh kita lemah dan ingin pingsan.
2) Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Setiap aktivitas manusia harus menggunakan struktur komunikasi, baik sarana komunikasi modern maupun sederhana. Budaya dan peradaban manusia tidak akan dapat maju seperti sekarang tanpa sarana komunikasi.
3) Memotong sampah jangan dibuang langsung ke tempat sampah. Mengapa? karena sisa rambut bisa dijadikan kompos. Limbah rambut sangat cocok sebagai bahan kompos karena mengandung nitrogen tinggi. Karena itu, ternyata limbah potongan rambut dapat didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bermanfaat.
4) Manfaat jeruk nipis terbukti banyak. Jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat batuk alami. Ini juga bisa menjadi minuman yang menyegarkan. Jeruk nipis juga digunakan sebagai bumbu di dapur. Jadi ternyata ada banyak manfaat jeruk nipis bagi manusia.
5) Pendidikan yang paling penting bagi anak-anak adalah pendidikan karakter. Karena dengan pendidikan karakter yang baik, anak-anak memiliki mental dan karakter yang kuat. Orang tua dan guru dapat bekerja bersama untuk membentuk karakter anak. Jika berhasil, pengetahuan dan saran akan ditransfer lebih mudah ke anak-anak. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus diutamakan daripada pendidikan.

Baca Juga :  Contoh Esai

Contoh Paragraf Induktif

1) Pengembangan game di era ini sangat cepat, kita tahu game PS4 seperti GTA, PES, FIFA dan game yang dapat dimainkan di smartphone. Bermain game-game ini benar-benar sangat menarik, grafisnya sudah mendekati kenyataan, di atas semua itu mereka dapat bermain online dengan orang lain.
2) Setiap orang menyadari bahwa bahasa adalah sarana pengembangan budaya. Tanpa bahasa, sendi kehidupan akan menjadi lemah. Komunikasi tidak lancar. Informasi itu berhenti. Faktanya, bahasa adalah alat komunikasi yang paling efektif dan efisien.
3) Dian suka membantu orang dan selalu baik ketika bepergian. Dia tidak suka adik Junai yang suka mengabaikan orang. Junai lebih terkenal karena bajingannya daripada karena kesuksesannya. Inilah mengapa kedua saudara lelaki itu mendapatkan bantuan yang berbeda dari teman-teman mereka.
4) Sekarang kita telah memulai musim hujan. Semakin banyak sampah yang menumpuk karena kita sering menjadi kotor. Selanjutnya, permukaan sungai saat ini semakin meningkat. Saya harus menunggu untuk datang setiap hari.
5) Belajar di masa lalu yang membutuhkan lebih banyak upaya karena daya tangkap yang dibutuhkan seiring bertambahnya usia. Selanjutnya, pemikiran-pemikiran ini juga harus ditolak. Alasan yang mencerminkan pembelajaran di usia tua adalah cara melukis di udara.

Contoh Paragraf Deduktif

1) Merek Hp sekarang banyak pilihan di samping perusahaan teknologi yang sedang berkembang. Ada beberapa merek smartphone terkenal di antara kita, misalnya Samsung, Apple, Xiaomi dan Oppo. Meski begitu jangan buang uang untuk membeli smartphone yang tidak kita butuhkan, beli seperlunya.
2) Keinginannya sulit untuk diikuti. Pada pertemuan sebelumnya telah diputuskan bahwa dana harus disetor terlebih dahulu. Peserta setuju. Namun, hari ini dia terpaksa menggunakannya untuk membuka bisnis baru.
3) Saat ini, kaum muda tidak lagi mencari pekerjaan hanya untuk mendapatkan gaji besar. Bahkan generasi muda saat ini mulai mempertimbangkan aspek kepuasan kerja batin. Jadi ini menyebabkan generasi muda bekerja sesuai dengan minat dan bakat mereka.
4) Bekerja di startup atau perusahaan startup memiliki beberapa keunggulan. Pertama-tama, Anda akan memiliki kesempatan untuk belajar cara membangun perusahaan dari awal secara langsung. Kedua, Anda dapat bekerja di berbagai posisi yang tersedia di perusahaan, ini membuat Anda belajar banyak hal dan keterampilan semakin meningkat.
5) Bahkan jika guru menunjukkan slide materi kepada siswa, pembelian buku pelajaran belum dilakukan. Karena slide yang disediakan oleh guru hanyalah bahan utama dan buku materi pelajaran berisi diskusi mendalam tentang materi tersebut.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: