Contoh Karangan Deskripsi

Posted on

Contoh Karangan Deskripsi – Teks deskriptif umumnya digunakan dalam novel atau cerita pendek sehingga pembaca tampak terbawa suasana yang digambarkan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Karangan Deskripsi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contoh.

Pengertian

Deskripsi adalah tulisan atau esai yang menggambarkan atau menggambarkan suatu objek, posisi, situasi atau objek dengan kata-kata. Biasanya apa yang kita gambarkan dalam tulisan kita adalah hasil dari mengamati panca indera kita.

Contoh Karangan Deskripsi

Contoh karangan deskripsi juga dapat dikatakan sebagai upaya untuk memproses kata-kata dalam paragraf yang diekspresikan dengan jelas dan tepat sehingga dapat dipahami oleh pembaca yang tidak mengalaminya secara langsung.

Tujuan Karangan Deksripsi

Deskripsi ialah jenis esai yang bertujuan untuk menawarkan deskripsi masalah, menggambarkan sesuatu berdasarkan apa itu.

Deskripsi esai adalah suatu bentuk pidato yang berupaya menyajikan suatu benda atau benda sedemikian rupa sehingga objek tersebut tampak di depan mata pembaca, seolah-olah pembaca melihat objek itu sendiri.

Deskripsi memberikan gambaran mental tentang sesuatu yang sedang dialami, seperti adegan, orang atau sensasi.

Karakteristik Karangan Deksripsi

Adapun teks deskripsi mempunyai karakteristik atau ciri sebagai berikut.

  • Buat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mencobanya sendiri.
  • Jelaskan atau gambarkan sesuatu.
  • deskripsi dibuat sejelas mungkin melibatkan indera.

Contoh Karangan Deksripsi

Berikut inilah contoh-contoh dari karangan deskripsi, yaitu sebagai berikut.

Contoh 1

Kebakaran

Peristiwa menyedihkan ini terjadi di sebuah pensiun di pusat Tarakan. Tempat ini begitu terkenal dengan masyaraktnya karna merupakan suatu pusat wisma Tarakan.

Saat libur pekan, beberapa kawan kos sudah kembali ke rumah mereka. Hanya saya dan beberapa orang. Pemilik pensiun juga sedang berlibur di luar kota.

Kejadian ini terjadi pada sore hari. Saat itu saya baru saja selesai mencoba pakaian saya dan ingin tidur. Sebelum tidur, saya mengisi daya ponsel saya. Jadi saya tidur sehingga ketika saya bangun baterai di ponsel saya terisi.

Tetapi apa yang terjadi tidak terduga. Soket yang digunakan untuk mengisi daya ponsel saya memiliki arus pendek listrik. Saya bangun karena ada suara listrik.

Ketika saya bangun api menyala dan saya meraih sofa di dekat meja tempat saya mengisi daya ponsel saya. Api semakin besar dan saya panik. Saya keluar dan meminta bantuan. Tetapi mengatakan bahwa bantuan datang cukup lama karena tidak ada orang di pensiun.

Saya keluar dan meminta bantuan warga. Seorang penduduk memanggil pemadam kebakaran agar api bisa padam. Meski begitu, hampir semua kamar saya terbakar, bahkan semua file pelajaran, pakaian dan peralatan lainnya terbakar.

Contoh 2

Bunga Melati

Hampir semua orang tahu tentang bunga ini. Jasmine adalah jenis tanaman bunga yang banyak orang tahu tentang aromanya. Bunga ini juga begitu sering dipakai sebagai hiasan pengantin di adat Jawa.

Juga karna wangi yang begitu unik, serta ada air minum yang terbuat dari teh dengan mempunyai wangi bunga ini. Melati sering dimanfaatkan sebagai aroma dan bahan saat ingin melakukan perawatan kecantikan.

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkota agak oval dan kecil. Mahkota bunga melati sangat lembut, halus dan harum. Untuk seorang yang menghirup perasaan tentu ingin menghirupnya lagi. Yang perlu di ketahui ada 7 mahkota pada bunga ini dan susuna berlapis, rata, dan dijepit saling berhadapan yang membuat bunga ini sangat indah.

Daun bunga melati berbentuk bulat telur atau bulat telur, pangkal daun memiliki bentuk lingkaran yang indah dan semakin banyak di ujung bentuk yang lebih runcing. Tepi daun melati sedikit tidak teratur dan permukaannya sedikit kusut, lebih indah ditiup angin. Tidak hanya bunganya, daun bunga melati juga sering digunakan sebagai terapi kesehatan.

Contoh 3

Pohon Mangga

Saya memiliki pohon Rambutan yang berada di belakang rumah, pohon rambutan tingginya sekitar 3 meter dan telah menghasilkan banyak buah.

Jika saya ingin makan rambutan, saya hanya harus memanjat pohon dan mendapatkan buahnya. Pohon Rambutan dikelilingi oleh pagar.

Saya begitu tinggi dengan pohon rambutan sehingga daun pohon mangga menutupi ubin saya.

Contoh 4

Ekonomi

Kegiatan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang menjadi agenda pemerintah ternyata seperti dua sisi mata uang yang berbeda, karena ada sisi positif dan negatif. Di satu sisi, tidak adanya harga bahan bakar adalah berita baik bagi publik.

Di sisi lain, itu meningkatkan volume bahan bakar sehingga beban pemerintah pada subsidi bahan bakar juga meningkat. Jadi ini dibandingkan dengan koin yang memiliki dua sisi koin dengan gambar dan tujuan yang berbeda di setiap sisi.

Ada konsekuensi dari tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), yaitu meningkatkan volume konsumsi bahan bakar. Namun dalam satu kasus dengan kenaikan BBM oleh pemerintah, biasanya berbagai titik kunci yang menjadi kebutuhan sehari-hari juga mengalami kenaikan harga.

Ini bisa sangat mahal bagi masyarakat pada umumnya, terutama untuk kelas menengah ke bawah. Tidak hanya kebutuhan dasar, tetapi juga layanan publik juga akan mengalami kenaikan harga.

Contoh 5

Rumah Saya Bagaikan Surga Saya

Rumah saya terletak di desa Banaran, kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Di sinilah ia duduk kokoh yang dihiasi dengan keluarga yang penuh kasih dan pemandangan yang indah.

Bangunan tinggi dan elegan membuat rumah saya menonjol dari rumah lain dan memiliki halaman luas yang sering digunakan oleh anak-anak di sekitar untuk bermain sepak bola.

Baca Juga :  Contoh Majas Innuendo

Deretan bunga dan pohon membuat rumah sejuk dan teduh. Di kebun belakang, Anda dapat melihat berbagai jenis pohon, seperti pohon mangga, rambut, pohon durian, pohon lengkeng, jika Anda berbuah, banyak teman akan datang untuk mencicipinya.

Rumah ini terdiri tiga kamar, dua kamar di ruang tamu, yaitu kamar saya dan kamar orang tua saya di ruang depan ruang tamu khusus, di depan juga ada ruang tamu, ruang makan makan di ruang tamu, dan dapur di belakang.

Rumah saya didirikan pada tahun 2000 sejauh ini masih stabil bahkan dalam hujan, badai dan panasnya matahari, yang merupakan rasa dari detail rumah saya.

Contoh 6

Rumah Saya

Rumah saya adalah rumah kecil di seberang masjid. Rumah itu memiliki luas sekitar 36 meter persegi. Dengan cat hijau muda, rumah terlihat segar di mata. Halaman yang sempit dibagian depan, namun saya memperindah dengan menanami pepohonan dan tumbuhan yang cantik untuk menghiasi rumah.

Rumah ini terdiri dengan satu ruangan tamu, dua kamar, satu ruangan santai, dapur, dan dua kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai dasar untuk duduk dan rak buku yang dipasang di dinding. Untuk membuatnya menyenangkan, ada deodoran semprot otomatis yang dipasang di dinding. Semua benda di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik putih membuat rumah kecil ini luas.

Contoh 7

Bayi Kecilku

Saat itu, pada 2 Januari 2020 pukul 06.38, suara tangisan seorang anak kecil datang ke IWST. Tangisan ini diikuti oleh terima kasih dari seluruh keluarga. Saat itu seorang anak kecil lahir dengan berat 3,50 kg dan panjang 50 cm. Bayi itu terlihat sangat muda ketika disandingkan dengan anak-anak lain di kamar bayi. Di sebelah bayi saya ada seorang anak lelaki yang tampak lebih kecil. Bobotnya hanya mencapai 2,7 kg dengan panjang 45 cm. Walaupun bayi kecil saya adalah yang terkecil dari bayi lainnya, tetapi menangis mampu membuat bayi lain bangun dari tidur nyenyaknya.

Contoh 8

Gempa Bumi

Saat itu jam 9:30 pagi di pagi hari. Setiap anggota keluarga saya sibuk dengan bisnis mereka sendiri. Saya bersiap-siap mandi untuk pergi ke sekolah. Ketika saya berada di kamar mandi dan siap untuk mandi tiba-tiba ada kejutan besar. Selama beberapa detik pertama saya tidak menyadari bahwa itu adalah gempa bumi. Getaran semakin kuat dan saya memutuskan untuk meninggalkan kamar mandi. Di luar kamar mandi, ibu dan saudara perempuanku sudah memegangi tembok. Terlihat rumah tingkat kedua di ayunan kirinya. Hanya hitungan detik, bangunan gudang di sebelah kanan kamar mandi runtuh.

Sumur yang berada tepat di sebelah kanan saya langsung runtuh. Kejutan itu berlangsung sekitar 10 menit. Setelah kerusuhan usai, kami bergegas keluar rumah untuk melihat tetangga. Ketika kami terkejut melihat semua orang berlari pontang-panting berteriak bahwa ada tsunami. Bahkan ada warga yang melarikan diri dengan darah menetes dari kepalanya. Semua orang berlari mencari tempat yang aman. Mereka telah meninggalkan rumah dan properti mereka.

Contoh 9

Tas Birkin

Tas Birkin atau sering disebut Hermes Birkin Bags, termasuk salah satu jenis tas yang paling fenomenal di kalangan wanita. Arti tas Birkin adalah aksesori pribadi Hermes di kulit dan dinamai aktris dan penyanyi Jane Birkin.

Tas adalah model serta simbol kepunyaan krena harga dari tas tersebut sangat bernilai tinggi dan digunakan oleh selebriti. Tas ini sangat populer di kalangan kolektor tas.

Tas ini juga tersedia dalam berbagai bahan kulit seperti kulit sapi, kadal dan burung unta. Di antara yang lebih mahal yang digunakan adalah kulit buaya air asin. Tas kulit buaya yang lebih kecil lebih mahal daripada yang lebih besar.

Setiap tas dikelilingi oleh kulit kambing. Pilihan warna internal juga beradaptasi dengan eksterior. Harga tas Birkin tergantung pada jenis kulit, warna dan aksesorisnya.

Dimensi berkisar dari 25, 30, 35, hingga 40 sentimeter. Saat bepergian dengan tas 50 dan 55 cm. Tas Birkin juga tersedia dalam berbagai warna seperti hitam, coklat, emas, biru tua, hijau zaitun, oranye, merah muda, biru, merah dan putih.

Tas ini dilengkapi dengan kunci dan diapit oleh tali kulit dan karenanya melilit pegangan. Penutup kunci menggunakan satu atau dua angka yang terletak di bawah tombol. Tas ini sangat dikagumi oleh kebanyakan wanita.

Contoh 10

Naik Kereta

Itu pertengahan Oktober. Saya sudah lama bepergian dari Jakarta ke Malang. Saya pergi dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan kereta api dari Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh berlangsung sekitar 17 jam.

Di dalam kereta, suasananya sangat ramai tapi masih rapi. Bangku yang kami pilih dapat menampung 6 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun kami tidak saling kenal, tetapi seiring waktu kami mengucapkan selamat tinggal dan berbicara selama perjalanan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Karangan Deskripsi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: