Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6

Posted on

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI – Kali ini majalahpendidikan.com akan menerangkan materi pelajaran dan latihan soal semester 1 dan semester 2, berupa soal pilihan ganda dan essay, beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI Persatuan dalam Perbedaan

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI (Halaman 66) Peta Pikiran Bacaan “Pertempuran Ambarawa”

Pada tanggal 20 Oktober 1945, pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan tujuan menjaga para tahanan perang.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI Persatuan dalam Perbedaan

Kedatangan Sekutu disertai oleh administrasi sipil Belanda-India (NICA). Namun, ketika Pasukan Sekutu dan NICA tiba di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tahanan tentara Belanda, para tahanan bersenjata, yang menyebabkan kemarahan Indonesia.

Pada tanggal 26 Oktober 1945, pecahlah perkelahian di kota Magelang antara angkatan bersenjata Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan angkatan bersenjata gabungan Inggris dan NICA. Peristiwa itu terhenti setelah Sukarno dan Brigadir Bethell bernegosiasi dan mencapai kesepakatan.

Namun, ternyata Sekutu telah melanggar janji mereka. Pada 12 Desember 1945, pertempuran berkecamuk di Ambarawa.

Kolonel Soedirman segera memimpin pasukannya dengan bantuan taktis Supit-Urang atau pengepungan ganda dari kedua belah pihak, sehingga musuh benar-benar dikurung.

Setelah empat hari pertempuran, pertempuran berakhir pada 15 Desember 1945. Indonesia berhasil menaklukkan Ambarawa dan Sekutu mundur.

Kemenangan ini diraih berkat kolaborasi semua orang di Ambarawa. Kemenangan pertempuran ini sekarang berlabuh dengan pembentukan “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai peringatan Hari Angkatan Darat atau Hari Kartika Juang.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI Persatuan dalam Perbedaan

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD

1. Upaya apa yang dilakukan orang-orang di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!
Jawab: Dengan memerangi Sekutu dan Belanda dengan senjata. Dan setelah empat hari pertempuran, pertempuran berakhir pada 15 Desember 1945. Indonesia berhasil menaklukkan Ambarawa dan Sekutu mundur.

2. Apa pendapat Anda tentang upaya yang dilakukan?
Jawaban: Upaya yang telah dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia selama Pertempuran Ambarawa sudah cukup baik. Dengan semangat tidak pernah menyerah, para pejuang mempertaruhkan hidup mereka untuk negara. Dan kemenangan itu berkat kerja sama semua orang di Ambarawa.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4

3. Apa pendapat Anda tentang sikap tentara NICA yang melanggar perjanjian?
Jawab: Sikap tentara NICA yang melanggar perjanjian adalah sikap buruk. Inilah yang memicu kemarahan tentara Indonesia.

4. Apa pendapat Anda tentang taktik jaminan sosial?
Jawab: Tact Supit Urang benar-benar menangkap musuh karena mereka dikelilingi oleh dua sisi. Taktik ini sangat efektif. Akibatnya, pertempuran berakhir setelah 4 hari pertempuran pada 15 Desember 1945. Indonesia berhasil menaklukkan Ambarawa dan Sekutu mundur.

5. Sikap apa yang bisa Anda pelajari dari para pahlawan yang bertempur di Ambarawa?
Jawaban: Apa yang dapat Anda pelajari dari para pahlawan yang bertarung adalah semangat nasionalisme dan patriotisme, tanpa henti dan siap berkorban. Selain itu, kerja sama semua Ambarawa adalah kunci kemenangan melawan Belanda dan Sekutu.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI (Halaman 109) Semboyan Bersatu Kita Teguh Untuk Persatuan dan Kesatuan

Bersama kita teguh

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI (Halaman 109) Semboyan Bersatu Kita Teguh Untuk Persatuan dan Kesatuan

Menjaga persatuan dan integritas bangsa adalah komitmen semua orang di Indonesia karena negara kita terdiri dari berbagai etnis, agama, dan ras.

Persatuan dan persatuan adalah hal yang sangat penting, baik dalam hal meraih, mempertahankan dan memenuhi kemerdekaan.

“Kita bersatu” menyiratkan penyatuan berbagai unsur dan perbedaan menjadi satu kesatuan dan harmonis, sehingga muncul kekuatan.

Rakyat Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan integritas kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya mencapai kemerdekaan.

1. Apa yang dimaksud “Unite We Be True”, seperti yang dikatakan Edo di atas?

2. Mengapa persatuan dan persatuan begitu penting bagi rakyat Indonesia?

3. Berikan contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!

Demikian Pembahasan Mengenai Pelatihan Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI. Tetap Bersama Kami di MajalahPendidikan.com. Nantikan Soal – Soal Selanjut nya, Terimaksih.

Baca Juga :