Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7

Posted on

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD/MI – Kali ini majalahpendidikan.com akan menerangkan materi pelajaran dan latihan soal semester 1 dan semester 2, berupa soal pilihan ganda dan essay, beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 7

Tematik 5 Kelas 5 Subtema SD 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 7

Kurangnya hidup di lingkungan dan lingkungan saling mempengaruhi. Interaksi antara organisme dan organisme tidak hidup disebut ekologi. Ekosistem individu dan komunitas dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelola ekosistem. Itu terdiri dari orang-orang dan komunitas

Kunci Jawaban Tema Ekosistem Halaman 2

Hari ini kita harus belajar:

  • Jelaskan ide-ide utama dari teks non-fiksi.
  • Tulis tentang Jenis Makanan Hewan
  • Jelaskan jenis makanan hewani.
Kunci Jawaban Tema Ekosistem Halaman 2

Apa perbedaan yang bisa Anda jelaskan dari dua gambar di atas?
Jelaskan pengamatan Anda pada dua gambar.

Gambar 1: Bagian mati atau komponen mati, mis. B. Udara, angin, cahaya, air, tanah, curah hujan, dll. Semua bentuk material ini mengambil bentuk energi dan materi dalam konteks ekosistem.

Gambar 2: Ini adalah ekosistem karena ada bagian yang hidup dan tidak hidup dari lingkungan yang berinteraksi dan saling bergantung.

Dafa sangat senang hari ini. Dia baru saja mendapat hadiah dari bibinya di kota. Buku bergambar pengetahuan! Dia juga tidak sabar untuk menunjukkannya kepada teman-temannya.

Dafa: “Halo teman-teman! Saya ingin menunjukkan sesuatu kepada Anda.”
Kaunia: “Ada apa, Dafa? Sepertinya ada yang menarik!”
Dafa : “Tentu saja! Saya punya buku bergambar pengetahuan! Bibiku mengirimnya kepada saya.”
Arkhan: “Wow! Ini benar-benar menarik! Apa yang ada di bukumu, Udin?”
Dafa : “Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia! Dalam buku ini ada berbagai jenis hewan unik yang hidup di setiap ekosistem!”
Bakar: “Apa ekosistemnya, Dafa? Bisakah Anda menjelaskannya kepada kami?”
Dafa : “Menurut saya, kita sebaiknya membaca buku ini bersama-sama! Selain gambar, buku ini juga berisi penjelasan menarik tentang ekosistem.”

Ekosistem

Semua makhluk hidup membutuhkan lingkungan khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di dekat makhluk hidup. Lingkungan terdiri dari bagian hidup (biotik) dan bagian tidak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di lingkungan terdiri dari tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tidak hidup terdiri dari sinar matahari, air, udara dan tanah.

Sinar matahari dapat memanaskan udara, air dan tanah untuk mencapai suhu yang memenuhi kebutuhan hidup makhluk hidup. Sinar matahari juga membantu tanaman menyiapkan makanan. Air dan tanah adalah bagian penting dari suatu lingkungan. Air yang jatuh dalam bentuk hujan merembes ke tanah. Air di tanah ini digunakan oleh tanaman dan makhluk kecil lainnya yang hidup di tanah.

Bagian-bagian kehidupan dan non-kehidupan dalam suatu lingkungan saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tidak hidup dalam suatu lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem terdiri dari individu, populasi dan komunitas.

Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya kambing, burung, dan pohon yang selalu hijau. Di mana orang hidup berarti ruang hidup. Populasi adalah kumpulan orang-orang serupa yang menempati area tertentu. Misalnya, di kolam terdapat populasi ikan, populasi tanaman lotus dan populasi lumut.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 4

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide-ide utama di balik setiap paragraf bersama dengan informasi yang menurut Anda penting.

Tulis ide utama dan informasi penting Anda dalam kotak di bawah ini.

ParagrafGagasan UtamaInfo Penting
1.Semua makhluk hidup membutuhkan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka.Lingkungan terdiri dari bagian hidup (biotik) dan bagian tidak hidup (abiotik).
2.Sinar matahari dapat memanaskan udara, air dan tanah untuk mencapai suhu yang memenuhi kebutuhan hidup makhluk hidup.Sinar matahari juga membantu tanaman menyiapkan makanan.
Air di tanah digunakan oleh tanaman yang hidup di atasnya dan makhluk kecil lainnya yang hidup di tanah.
3.Bagian yang hidup dan tidak hidup lingkungan interaksi dan saling ketergantungan.Interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tidak hidup dalam suatu lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem terdiri dari individu, populasi dan komunitas.
4.Individu adalah makhluk hidup individuPopulasi adalah kumpulan orang-orang serupa yang menempati area tertentu.
Komunitas adalah populasi makhluk hidup di daerah tertentu.

Dafa senang berbagi pengetahuan dengan teman-teman. Dia juga mulai melihat sekelilingnya. Ada banyak hal yang mengelilinginya dalam buku yang sedang dibacanya. Makhluk hidup dan tidak hidup, manusia, hewan dan tumbuhan, saling berinteraksi dalam ekosistem. Dia juga ingin belajar lebih banyak tentang dunia hewan. Bagaimana hewan mendapatkan makanan mereka di setiap ekosistem?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 4

Seperti manusia, hewan membutuhkan makanan untuk mendapatkan energi. Namun, hewan memiliki jenis makanan tertentu dalam bentuk tumbuhan dan hewan lainnya. Baca informasi berikut dengan seksama untuk mempelajari lebih lanjut tentang pakan ternak.

Jenis Pakan Ternak

Jenis pakan ternak dibagi menjadi dua kelompok, yaitu makanan dalam bentuk tanaman dan makanan dalam bentuk hewan lain. Hewan yang memakan tanaman memilih bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai makanan. Ada binatang yang hanya memakan daun. Ada juga hewan yang hanya memakan batang, buah atau hanya menanam benih. Namun, ada beberapa jenis hewan yang memakan lebih dari satu bagian tanaman.

Baca Juga :  Kalimat Efektif

Bagian tanaman yang paling umum digunakan sebagai pakan ternak adalah daun. Hewan seperti ulat, rusa dan zebra adalah beberapa contoh hewan yang memakan daun. Beberapa hewan sekarang menyukai batang tanaman. Sapi adalah salah satu hewan yang disukai oleh padi dan jagung. Sedangkan hewan panda menyukai batang bambu. Bagian tanaman dalam bentuk buah-buahan juga disukai oleh hewan. Belatung suka memakan bagian dalam buah, yang sering membahayakan petani buah. Burung suka bagian tanaman dalam bentuk biji. Biji padi sering menjadi incaran burung gereja. Biji kenari sangat populer dengan tupai.

Beberapa hewan memakan hewan kecil sebagai makanan. Hewan kecil ini menjadi korban hewan yang lebih besar. Serangga menyediakan makanan untuk hewan seperti katak atau kadal. Tikus adalah makanan kucing. Begitu juga kelinci yang merupakan makanan elang.

Kunci Jawaban Tematik 5 Halaman 6

Setelah membaca teks di atas, tulis beberapa pertanyaan berdasarkan teks dan pertanyaan yang terkait dengan teks.

Tulis pertanyaan Anda di tempat yang disediakan di halaman berikut.

Ingatlah untuk selalu menggunakan kata-kata pertanyaan yang benar dan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Simpan pertanyaan Anda sampai Anda menemukan jawaban untuk pertanyaan Anda dari kegiatan pembelajaran hari ini.

  • Seperti apa sebenarnya tupai itu? (The kenari benih)
  • Siapa makanan untuk kucing? (Mouse)
  • Mengapa benih padi menjadi sasaran burung pipit? (Burung suka bagian tanaman dalam bentuk biji.)
  • Bagaimana hewan dapat memenuhi kebutuhan makanan mereka? (Hewan memenuhi kebutuhan makanan mereka dengan memakan tumbuhan atau hewan lain)
  • Di mana hewan mencari makanan? (Hewan mencari makanan di alam sekitar habitatnya)
Kunci Jawaban Tematik 5 Halaman 6

Awasi binatang-binatang di sekitar Anda.
Kemudian bekerjalah dengan teman-teman Anda untuk melakukan kegiatan berikut! Alat dan bahan yang diperlukan termasuk gunting, kardus besar, spidol, koran dan majalah tua, penggaris dan lem kertas.

Langkah-langkah kegiatan:

  1. Temukan dan gunting gambar binatang yang ditemukan di koran atau majalah bekas.
  2. Gunakan penggaris untuk meletakkan meja besar di atas kotak, seperti yang ditunjukkan pada contoh berikut!
  3. Tempatkan gambar hewan yang dipotong dan tempel ke kolom pertama dari meja dengan lem. Tuliskan nama binatang di bawah gambar.
  4. Tulis nama atau jenis makanan yang dimakan hewan di kolom tengah.
  5. Tuliskan jenis makanan, termasuk tanaman atau hewan lainnya.
  6. Publikasikan hasil kerja kelompok Anda di tempat yang terlihat jelas.
  7. Berjalan-jalan galeri atau melihat hasil kerja kelompok dengan kelompok lain untuk belajar dari satu sama lain.
  8. Kembalilah ke grup Anda dan tulis kesimpulan Anda tentang hewan dan jenis pakan mereka di kotak di bawah ini.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 7

Kesimpulan saya!
Beberapa jenis hewan yang sering kita temui di daerah itu dalam kehidupan sehari-hari adalah ayam, kambing, sapi dan kucing. Ayam adalah binatang yang suka biji-bijian seperti nasi, jagung. Kambing adalah hewan pemakan daun, dan rumput hijau, sapi adalah hewan yang menyukai daun, batang tanaman padi dan jagung, sedangkan kucing adalah hewan yang ingin dimakan hewan lain seperti tikus.

Kunci Jawaban Tematik halaman 7

Kunci Jawaban Tematik halaman 7

Kesimpulan apa yang dapat Anda ambil dari kegiatan di atas? Tahukah Anda mengapa hewan memiliki berbagai jenis makanan? Setiap hewan memiliki sifat yang juga memengaruhi jenis pakan. Bacaan di atas adalah bentuk non-fiksi. Teks non-fiksi adalah teks yang berisi pengamatan, tanggal, tanggal dan fakta dan bukan hasil imajinasi kita.

Buat teks non-fiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih dua hewan dengan berbagai jenis makanan. Hewan herbivora dan hewan pemakan hewan lainnya.
  • Tulis deskripsi hewan tersebut, termasuk habitat aslinya, jenis makanannya dan bagaimana hewan itu menerima dan memakan makanannya.
  • Gunakan pengamatan dan informasi penting yang Anda terima saat membaca untuk menyelesaikan penulisan.
  • Anda juga dapat menyelesaikan tulisan Anda dengan gambar binatang yang Anda maksud.
  • Tulis pernyataan kedua binatang di selembar kertas dengan tulisan bersih.

Jawabannya:

Kelinci
Kelinci adalah hewan yang sering digunakan sebagai hewan peliharaan dan hewan. Kelinci dibagi menjadi dua jenis, kelinci liar dan kelinci peliharaan. Ada banyak kelinci lokal di Indonesia, yaitu kelinci Jawa dan kelinci Sumatra. Kelinci liar biasanya hidup berkelompok dan di sarang bawah tanah. Padang rumput, hutan dan semak-semak adalah daerah di mana kelinci biasanya ditemukan.

Kelinci adalah hewan herbivora atau herbivora. Makanan utama kelinci adalah rumput dan sayuran, tetapi makanan favorit kelinci adalah wortel. Kelinci memiliki gigi depan tajam yang digunakan untuk memotong makanan, dan molar mengunyah makanan sampai halus.
Kelinci memiliki indera penciuman yang kuat untuk mengendus sumber makanan. Kelinci liar memakan sumber makanan yang dekat dengan habitatnya. Sementara itu, kelinci peliharaan biasanya mendapatkan makanan dari pemiliknya.

Kucing
Kucing adalah hewan yang dikenal jinak dan akrab dengan manusia. Terbukti oleh berbagai spesies yang menjadi hewan peliharaan bagi banyak orang. Kuciang biasanya disimpan sebagai hewan peliharaan dan juga sebagai musuh alami tikus. Kucing dapat dibagi menjadi kucing liar dan kucing peliharaan.

Kucing liar hidup di hutan di sekitarnya. Berbeda dengan kucing liar, kucing domestik telah beradaptasi dengan lingkungan domestik da bercampur dengan manusia. Kucing domestik bisa menjadi teman bermain di waktu luang mereka.

Beberapa orang yang memelihara kucing sering membuat mainan untuk hewan peliharaan mereka. Kucing diklasifikasikan sebagai hewan karnivora, yang biasanya predator. Salah satu makanan favorit kucing adalah tikus rumah. Kucing juga hewan yang aktif mencari makan di malam hari (nokturnal). Karena itu, tidak jarang kucing tidur dan bermalas-malasan di siang hari. Kucing rumahan biasanya diberi makanan khusus yang memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Demikian Pembahasan Mengenai Pelatihan Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD/MI. Tetap Bersama Kami di MajalahPendidikan.com. Nantikan Soal – Soal Selanjut nya, Terimaksih.

Baca Juga :