Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Halaman 3, 6, 7

Posted on

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD/MI – Kali ini majalahpendidikan.com akan menerangkan materi pelajaran dan latihan soal semester 1 dan semester 2, berupa soal pilihan ganda dan essay, beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Sehat Itu Penting

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Halaman 3, 6, 7

Siti adalah anak yang pekerja keras dan disiplin. Siti selalu pergi ke sekolah lebih awal. Jarak antara Siti House dan sekolah tidak terlalu jauh. Siti pergi ke sekolah dengan sepeda. Bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga. Siti dengan santai bersepeda. Siti hanya perlu 20 menit untuk sampai ke sekolah. Siti sangat memperhatikan kesehatan fisik. Bersepeda adalah olahraga yang meningkatkan kebugaran dan meningkatkan sirkulasi darah.

Darah adalah peran yang sangat penting bagi manusia. Antara lain, darah mengalir melalui tubuh dengan oksigen dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru. Darah mengalir melalui organ peredaran darah di tubuh manusia. Apakah organ peredaran darah manusia? Apa fungsi dari sistem peredaran darah manusia?

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Aliran dalam darah pada tubuh disebut juga sistem peredaran darah. Ada dua sistem sirkulasi dalam tubuh, yaitu sirkulasi kecil dan besar.Sistem sirkulasi darah kecil melalui ventrikel kanan melalui arteri pulmonalis. Di paru-paru, ada darah yang ditukar dengan oksigen (CO2), yang mengandung karbon dioksida. Darah yang mengandung O2 kembali ke jantung melalui arteri pulmonalis. Berikut ini adalah sistem selimut kecil:

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Pembuluh darah, yang mengandung oksigen (O2), mengalir melalui ventrikel kiri dari ventrikel kiri ke jantung. Selain itu, ada pertukaran darah dengan banyak karbon dioksida yang mengandung oksigen di seluruh tubuh. Darah, yang mengandung sejumlah besar karbon dioksida, kembali ke jantung melalui arteri koroner. Berikut ini adalah sistem selimut besar:

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Kunci Jawab Tematik Halaman 3

Ayo, Tulis
Anda telah membaca deskripsi di atas. Ternyata ada beberapa organ dalam aliran darah manusia. Cobalah untuk menuliskan organ tubuh manusia dalam aliran darah.

Organ manusia yang berperan dalam sirkulasi darah adalah:

  1. hati; Jantung memompa darah ke seluruh tubuh.
  2. pembuluh darah; Pembuluh darah berfungsi sebagai lokasi untuk aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
  3. paru-paru; Paru-paru berfungsi sebagai sumber oksigen untuk darah.

Anda telah melakukan aktivitas di atas. Anda sudah tahu sistem peredaran darah pada manusia. Apakah Anda tahu peran setiap sistem peredaran darah manusia? Fungsi atau peran organ peredaran darah pada manusia adalah sebagai berikut.

A. Jantung

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Jantung adalah organ tubuh manusia yang memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan berkontraksi dan rileks secara bergantian sehingga jantung berdetak, mengembang dan kehilangan udara. Jantung ada di rongga dada kiri. Ukuran hati kira-kira sesuai dengan ukuran kepalan tangan pemilik. Jantung terdiri dari sekelompok otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri dari empat bilik, atrium kanan, atrium kiri, bilik kanan dan bilik kiri.

Di antara sisi kanan dan kiri jantung ada blok jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah percampuran darah beroksigen dengan darah berkarbonasi. Otot kompartemen bilik jantung lebih tebal dari otot serambi jantung. Ini karena tugas ventrikel yang lebih sulit. Tugasnya adalah memompa darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

Kontraksi dan relaksasi jantung menyebabkan detak jantung atau nadi. Ketika jantung memompa darah ke arteri, pembuluh-pembuluh itu berdenyut. Jadi Anda bisa mengetahui detak jantung melalui denyut nadi. Denyut nadi jelas dirasakan dengan menekan arteri di pergelangan tangan dan leher di bawah telinga. Untuk dapat menghitung denyut nadi, kami melakukan percobaan berikut:

Ayo, Coba Saja
Coba hitung nadi Anda menggunakan langkah-langkah berikut.
a. Pegang ketiga jari Anda (menunjuk, tengah, cincin) di pergelangan tangan lainnya dan tekankan (jangan terlalu erat). Temukan nadi Anda.
b. Hitung nadi Anda selama 15 detik. Kemudian hasilnya dikalikan dengan 4.
Denyut jantung tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Ketika Anda beristirahat, jantung Anda berdetak sekitar 60 hingga 80 kali per menit. Denyut jantung tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas dan kondisi kesehatan. Semakin aktif tubuh Anda, semakin aktif jantung Anda berdetak. Alat untuk mengukur denyut jantung disebut elektrokardiograf.

Baca Juga :  Beasiswa: Pengertian, Jenis dan Tujuan

B. Jaringan Pembuluh Darah

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Pembuluh darah adalah saluran di mana darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah terdiri dari dua jenis, yaitu arteri dan vena, yang disebut arteri. Vena disebut vena. Arteri atau pembuluh darah adalah pembuluh yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Arteri terbesar disebut aorta. Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah kaya karbon dari seluruh tubuh ke jantung.

Vena dan vena bercabang. Ujung cabang terkecil disebut kapiler. Kapiler sangat halus dan keropos. Pertukaran dua zat terjadi di kapiler ini, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang semua pembuluh darah manusia, ketika terhubung dari satu ujung ke ujung lainnya, dapat mencapai sekitar 160.000 km. Anda belajar tentang pembuluh darah. Lakukan kegiatan menulis berikut untuk pemahaman yang lebih baik.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 6

Ayo, tulis
Pembuluh darah di arteri dan kapal. Arteri dan Vessel di belakangnya memiliki peran yang berbeda. Apa perbedaan antara peran arteri dan kapal? Cari informasi di buku, web, atau media lain.

Tentu saja, Anda telah menerima informasi tentang peran yang berbeda antara arteri dan kapal.

Tulis hasilnya di tabel berikut.

No.Pembuluh Nadi/VenaPembuluh Balik
1.Nama lain untuk arteri adalah arteri.Nama lain untuk kapal kembali adalah vena.
2.Mengandung darah bersih (kaya akan oksigen).Mengandung darah kotor.
3.Kuras darah dari jantung ke seluruh tubuh.Kuras darah dari seluruh tubuh ke jantung.

C. Organ Paru – Paru

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Paru-paru juga memainkan peran penting dalam sirkulasi darah. Selama sirkulasi darah, paru-paru bertindak sebagai sumber oksigen untuk darah. Darah yang beredar ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Tetapi mengandung banyak karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang mengandung karbon dioksida dipompa ke paru-paru. Selain itu, karbon dioksida diserap oleh proses pernapasan dan diganti dengan oksigen.

Paru-paru terdiri dari ribuan pipa cabang. Ribuan pipa bergerigi semakin menyempit. Ada airbag di ujung yang lebih kecil. Air knatong disebut “alveoli”. Setiap soket memiliki jaringan kapiler yang bagus. Oksigen dan karbon dioksida dipertukarkan dalam jaringan kapiler yang bagus ini.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 7

Ayo, Jadilah Kreatif
Anda telah memeriksa aliran darah manusia. Cobalah untuk memahami materi dan menggambarnya. Kemudian tulis deskripsi gambar yang Anda ambil. Juga tulis cara kerjanya

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Subtema Sehat Itu Penting

Cara Kerja Sistem Peredaran Darah Manusia:
Pekerjaan sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung, yang digunakan untuk memompa darah sehingga dapat mengalir ke seluruh tubuh. Ketika otot jantung rileks, jantung melebar, volumenya besar, dan tekanannya rendah.

Siti dan teman-temannya datang ke sekolah lebih awal. Pada jam pertama mereka mengetahui sirkulasi darah pada manusia. Mereka memahami gambaran aliran darah manusia. Mereka juga mengerti bagaimana aliran darah manusia bekerja. Anda juga dapat melihat seberapa besar peran organ peredaran darah untuk kelangsungan hidup manusia. Tidak berlebihan jika mereka ingin merawat mereka dan merawat mereka.

Tiba-tiba Siti ingin berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terima kasih telah memberikan organ aliran darah yang sehat. Rasa terima kasih dinyatakan dalam sajak. Pantun Siti adalah sebagai berikut.

Demikian Pembahasan Mengenai Pelatihan Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD/MI. Tetap Bersama Kami di MajalahPendidikan.com. Nantikan Soal – Soal Selanjut nya, Terimaksih.

Baca Juga :