Soal Tema 1 Kelas 1

Posted on

Memasuki masa-masa ujian, siswa akan belajar lebih giat melalui pembahasan soal-soal. Dengan adanya kurikulum 2013, terdapat beberapa perubahan dalam materi yang disampaikan kepada siswa-siswa berdasarkan tema yang dibahas. Pada kesempatan ini, kamu akan belajar contoh soal tema 1 kelas 1 yang telah disesuaikan dengan kurikulum 2013

Contoh Soal Tema 1 Kelas 1

contoh soal tema 1 kelas 1

1. Berapa banyak huruf yang menyusun kata di bawah ini?

A D R I A N

a. 4 huruf
b. 7 huruf
c. 6 huruf
d. 5 huruf

Pada soal di atas, kamu bisa menghitung banyak huruf yang ada di kata ADRIAN. Pada kata ADRIAN, terdapat 6 huruf. Sehingga jawaban untuk soal di atas adalah C. 6 huruf.

2. Berapa banyak huruf yang menyusun kata di bawah ini?

M U H A M M A D

a. 9 huruf
b. 7 huruf
c. 8 huruf
d. 6 huruf

Pada soal di atas, kamu bisa menghitung menggunakan jari untuk huruf yang menyusun kata MUHAMMAD. Pada kata MUHAMMAD, terdapat 8 huruf. Sehingga jawaban untuk soal di atas adalah C. 8 huruf.

3. Dalam sebuah gedung terdapat banyak orang. Sebagian besar orang berjenis kelamin laki-laki dan sebagian lagi adalah ?

a. Perempuan
b. Ibu
c. Bapak
d. Kakek

Pada soal di atas, yang diminta oleh soal adalah jenis kelamin orang-orang gedung. Jenis kelamin manusia ada dua yaitu laki-laki dan perempuan. Dikarenakan sebagian besar jenis kelaminnya adalah laki-laki, maka sisanya adalah perempuan. Sehingga jawaban untuk soal di atas adalah A. Perempuan

4. Berapa banyak kursi yang ada di bawah ini

a. 8 Kursi
b. 9 Kursi
c. 7 Kursi
d. 6 Kursi

Kamu bisa menghitung banyak kursi menggunakan jari pada gambar tersebut. Setelah dihitung, jumlah kursi pada gambar tersebut adalah 7 kursi. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C. 7 Kursi.

5. Berapa banyak penggaris yang ada di bawah ini

a. 4 Penggaris
b. 3 Penggaris
c. 6 Penggaris
d. 5 Penggaris

Kamu bisa menghitung banyak penggaris pada gambar di atas dengan jari. Berdasarkan gambar di atas, banyak penggaris adalah 6 penggaris. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C. 6 Penggaris.

6. Berapa banyak buku yang ada pada gambar

a. 8 Buku
b. 7 Buku
c. 9 Buku
d. 10 Buku

Kamu bisa menghitung banyak buku pada gambar di atas menggunakan jari. Berdasarkan gambar buku di atas, jumlah buku adalah 9 buku. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C. 9 Buku.

7. Apabila kamu belum mengenal teman sepermainanmu. Apa yang harus kamu lakukan?

a. Menjauh
b. Berantem
c. Berkenalan
d. Mengucilkan

Jika kamu memiliki teman, kamu harus berteman baik terutama dengan teman yang belum kamu kenal. Pada jawaban di atas, salah satu tindakan yang baik dilakukan adalah berkenalan. Menjauh, berantem, dan mengucilkan adalah tindakan jahat yang dilakukan ke teman. Sehingga jawaban dari soal di atas adalah C. Berkenalan.

8. Agus : Siapakah nama panggilanmu?
Ivan : …… Ivan.

a. Nama panggilanku adalah
b. Nama panggilan kamu adalah
c. Nama panggilannya adalah
d. Nama panggilan dia adalah

Menjawab soal di atas, kamu bisa menggunakan pandangan orang pertama atau orang ketiga. Pada kondisi di atas, Agus dan Ivan berbicara mengenai diri mereka sendiri sehingga pembicaraan mereka adalah pandangan orang pertama. Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Nama Panggilanku adalah.

9. Jika bermain bersama sahabat baru, kita tidak boleh ….

a. Memukul
b. Berbagi
c. Bercanda
d. Belajar

Ketika kamu bermain dengan sahabat baru, kamu harus melakukan tindakan terpuji. Pada soal di atas, tindakan terpuji yang bisa dilakukan adalah berbagi, bercanda, dan belajar sedangkan memukul adalah tindakan tidak terpuji. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Memukul.

10. Sekolah adalah tempat untuk ….

a. Belajar
b. Bermain dengan teman
c. Tidur
d. Olahraga

Sekolah ada tempat untuk belajar. Lapangan adalah tempat untuk bermain bersama dengan teman. Kamar tidur adalah tempat untuk tidur. Lapangan olahraga adalah tempat untuk melakukan olahraga. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Belajar.

11. Andri punya 7 sampo, sampo Andri lebih banyak dari ….. sampo

a. 5 Sampo
b. 8 Sampo
c. 9 Sampo
d. 10 Sampo

Pada soal di atas membahas tentang jumlah sampo yang dimiliki oleh Andri. Jumlah yang lebih banyak dari sampo Andri adalah 8, 9, dan 10 sampo. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. 5 sampo.

12. Dani suka sekali membaca di tempat gelap. Membaca di tempat gelap dapat merusak …..

a. Mata
b. Telinga
c. Hidung
d. Mulut

Soal di atas membahas tentang indra manusia. Indra manusia yang digunakan untuk membaca adalah mata. Jadi ketika seseorang membaca di tempat gelap, maka mata orang tersebut bisa rusak. Sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A. Mata.

13. Sebelum berangkat ke sekolah, alangkah baiknya kita …..

a. Berpamitan
b. Ketawa-ketawa
c. Menangis
d. Minta uang

Sebelum berangkat sekolah, tindakan terpuji yang bisa dilakukan adalah berpamitan. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Berpamitan.

14. Siapakah pengarang lagu “Ambilkan Bulan” ..

a. Latief Suhud
b. A, T Mamud
c. Ibu Kasur
d. Pak Kasur

Pak Abdullah Totong Mahmud atau AT Mahmud adalah pengarang lagu anak-anak Indonesia. Salah satu ciptaannya yang cukup terkenal adalah “Ambilkan bulan”. Jadi jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B. A, T Mahmud.

15. A-K-L-A-H

Jika disusun secara urutan yang benar akan membentuk kata

a. Kalah
b. Akhla
c. Lahka
d. Kaalh

Pada susunan huruf di atas, jika disusun dengan benar akan menciptakan sebuah kata. A-K-L-A-H jika disusun dengan benar akan menjadi KALAH. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Kalah.

16. Bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai perasa makanan adalah

a. Lidah
b. Hidung
c. Mata
d. Kulit

Manusia memiliki 5 panca indra yaitu mata untuk melihat (indra penglihatan), telinga untuk mendengar (indra pendengaran), lidah untuk mengecap rasa (indra pengecap), hidung untuk bernafas (indra penciuman), dan kulit untuk merasakan sentuhan (indra peraba). Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Lidah.

Itulah beberapa contoh soal tema 1 kelas 1 yang bisa dipelajari di rumah. Agar maksimal proses belajar yang kamu lakukan selama di rumah, kamu bisa mengulang materi selama di sekolah dan berlatih dengan mengerjakan soal-soal latihan yang ada.

Baca Juga:

Rate this post