Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi – Ketika Anda membaca koran, Anda pasti akan menemukan banyak teks untuk pameran. Ada beberapa jenis teks eksposur, salah satunya adalah teks eksposur bergambar. Eksposisi ilustrasi itu sendiri adalah paragraf yang berisi contoh atau ilustrasi tema yang akan dibahas.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Teks eksposisi adalah esai atau paragraf yang berisi informasi atau pengetahuan yang ingin dijelaskan dalam bentuk yang padat, ringkas dan jelas. Dalam eksposisi memmpunyai sifat ilmiah atau bisa kita katakan sebagai pernyataan yang bukan fiksi. Teks eksposisi dapat membahas pendidikan, ekonomi, dan banyak lagi.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Untuk teks eksposisi ilustrasi sendiri adalah jenis paragraf ilustrasi yang memberikan deskripsi sederhana tentang sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan atau memiliki sifat yang sama.

Supaya lebih memudahkan anda untuk bisa memahami teks eksposisi ilustrasi, berikut ini ada beberapa contoh di bawah ini:

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 1

Jika seekor semut menemukan suatu benda, semut akan memanggil rekan-rekannya untuk mengangkat benda itu bersama-sama, sehingga benda itu dapat dengan mudah dipindahkan. Dengan cara ini, objek dapat dibawa oleh seekor semut dan temannya ke sarang mereka.

Ilustrasi ini sangat cocok untuk membandingkan pentingnya kerjasama dalam suatu kelompok. Jika suatu kelompok ingin membawa kelompok mereka ke sukses, maka semua anggota kelompok harus berpartisipasi untuk membawa kelompok ke tujuan. Oleh karena itu, tujuan suatu grup tidak dapat dicapai oleh satu anggota grup. Karenanya, kerja sama antar anggota kelompok sangat penting dalam upaya mencapai tujuan kelompok.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 2

Sebatang pohon tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Sebelum menjadi pohon yang menjulang tinggi, pohon itu akan menjadi benih yang ditanam di tanah. Benih kemudian disiram dan dipupuk secara teratur, sampai benih tumbuh di pohon besar seiring waktu.

Ilustrasi di atas sangat cocok untuk menggambarkan proses pendidikan yang benar, di mana pendidikan harus berorientasi pada proses seperti yang dijelaskan dalam ilustrasi di atas. Pendidikan yang berorientasi pada proses akan sangat memakan waktu lama. Namun, hasil yang akan dikumpulkan akan jauh lebih baik daripada hasil yang diperoleh dari proses pendidikan instan atau paksa. Untuk alasan ini, pendidik harus membuat proses orientasi utama mereka dalam mendidik siswa mereka.

Baca Juga :  Kata Seru

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 3

Smartphone memiliki sejumlah keunggulan yang dapat digunakan oleh manusia, sehingga manusia juga menjadi mudah melakukan berbagai hal. Meski begitu, smartphone harus digunakan secara bijak agar ponsel tidak rusak dan kehilangan fungsinya. Jika ponsel kehilangan fungsinya, ponsel tidak dapat digunakan secara optimal oleh manusia.

Ilustrasi di atas sangat relevan untuk menggambarkan bagaimana kita perlu memaksimalkan daya tahan kita pada pekerjaan. Seperti menggunakan smartphone, stamina kita juga harus digunakan secara optimal dan bijak. Jika digunakan di luar batas kapasitas, kita mengalami kelelahan ekstrem dan akan rentan terhadap berbagai penyakit yang menyebabkan kita kehilangan stamina saat bekerja. Untuk alasan ini, kita harus bijak dalam mengelola daya tahan tubuh kita untuk bekerja.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 4

Ponsel atau kita menyebutnya sel adalah objek yang menawarkan manfaat bagi manusia, sehingga manusia menjadi lebih mudah untuk melakukannya. Namun, ponsel harus digunakan dengan bijak.

Ilustrasi menunjukkan bagaimana kita harus dapat mengoptimalkan pekerjaan kita, sebagai pengguna HP, kita juga harus memperhatikan resistensi yang kita gunakan dengan bijak, karena jika kita menggunakannya dengan melampaui batas keterampilan, kita akan mengalami kelelahan dan penyakit yang dengan mudah menyerang tubuh kita .

Karena itu kita harus bijaksana dalam mengatur perlawanan tubuh kita saat ini.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 5

Ilmu pengetahuan dapat memberi kita manfaat yang baik, tetapi juga dapat memiliki efek negatif, seperti pisau. Jika kita menggunakan pisau untuk hal-hal baik, pisau itu akan membawa manfaat baik untuk orang lain dan untuk diri kita sendiri.

Sebaliknya, jika kita menggunakan pisau kejahatan, pisau itu bisa membahayakan diri kita sendiri dan orang lain. Ini berlaku untuk sains, jika pengetahuan digunakan untuk kebaikan, tentu akan menguntungkan semua orang. Sebaliknya, jika pengetahuan digunakan untuk kejahatan, maka hal-hal buruk akan terjadi pada semua orang.

Karena itu, gunakan sains dengan baik sehingga kita juga mendapat manfaat darinya.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 6

Tidak semua bidang di alam semesta dapat dikendalikan oleh seorang anak, seperti keyakinan yang tidak dapat mengakomodasi semua objek yang ada. Orang tua atau guru harus mengarahkan anak untuk menguasai bidang yang mereka sukai, misalnya: jika anak menyukai bidang gambar, maka anak harus diarahkan ke bidang tersebut. Mungkin suatu hari dia akan mendapatkan kesuksesan dari hasratnya.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: