Fitur Android Versi Terbaru yang Harus Kamu Tahu

Posted on

Fitur-fitur menarik yang disematkan pada Android 10 – kamu harus tau ya berikut fitur android yang kece dan keren jangan lagi ragu untuk kamu upgrade ya.. Katakan horeeee untuk kedatangan android terbaru yang resmi rilis. Android 10 adalah android versi lengkap yang tidak menyematkan nama makanan manis pada serinya. Android 10 memiliki nama Oxygen 10. Bersamaan nama baru, tentu juga ada fitur-fitur baru yang disematkan di Android 10. Seperti apa fiturnya? Yuk baca terus artikelnya.

fitur android versi terbaru

  1. Mode: Dark

Seperti halnya youtube, Andrid 10 juga menyematkan mode: dark. Sebuah fitur yang dapat menghemat baterai karena penggunaan cahaya yang semakin berkurang. Mode: Dark dapat diaktifkan pada bagian pengatura, caranya Pengaturan> Tampilan> Tema gelap dan aktifkan.

fitur new android versi baru

  1. Sensor sidik jari geser

Bagi kamu yang suka kesusahan membuka ponsel karena sidik jari yang kadang tak terdeteksi, ada solusinya nih. Tak harus menginstal aplikasi sensor sidik jari geser, kini sudah tersedia di Android 10. Kamu hanya perlu mengaktifkannya saja dan tak perlu menunggu lama mendeteksi sensor sidik jari. Caranya adalah Buka Pengaturan> Sistem> Gerakan> Geser sidik jari untuk pemberitahuan.

  1. Pengaturan pemberitahuan

Pernah gak sih merasakan sebel dengan banyaknya notifikasi yang masuk tanpa diundang? Misalnya saat ponsel kita terhubung dengan facebook maka pemberitahuan tentang ualng tahun seseorang akan muncul pada ponsel kita. Untuk beberapa orang mungkin ini berguna tapi jika terus menerus bermunculan, sebel juga bukan? Bayangkan jika ada 5 sosial media yang terasang di ponsel maka setiap harinya akan muncul 5 pemberitahuan. Nah untuk meningkatkan rasa nyaman tersebut, Android 10 memberikan fitur pengaturan pemberitahuan. Untuk mengaktifkannya Buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Lihat semua aplikasi> Pilih aplikasi> Pemberitahuan> dan kemudian aktifkan dan matikan berdasarkan jenis.

fitur fitur android terbaru 3

  1. Mode Fokus

Susah fokus karena banyaknya pemberitahuan? Sedang enak-enak belajar bermunculan status facebook, dm instagram, pemberitahuan snapchat yang bejibun bikin konsentrasi pecah. Nah, tak perlu bingung lagi karena kini Android 10 memberikan fitur menarik  nama fiturnya adalah mode fokus atau focus mode. Untuk mengaktifkannya kamu hanya perlu masuk ke setting. Buka Pengaturan> Digital Wellbeing> Mode Fokus> dan centang aplikasi yang mengganggu dalam daftar yang ingin kamu blokir agar tak mengganggu fokusmu.

  1. Fitur privasi

Sebuah terobosan baru untuk Android yang dikenal memiliki sistem keamanan rendah. Fitur privasi dapat membuat kamu gak khawatir lagi kalau ponselmu dipinjam oleh orangtua atau adikmu. Untuk mengaktifkannya caranya adalah pergi ke Pengaturan> Privasi> Manajer izin lalu pilih aplikasi yang harus mendapatkan izinmu untuk mengaksesnya.

Baca Juga :  Inilah 6 Fitur Tersembunyi Android Terbaru Yang Kamu Harus Tau

 

  1. Pengaturan lokasi

Sudah pernah denagar belum kalau data kebiasaan kita ternyata juga dijual beberapa aplikasi untuk promosi, tak terkecuali kebiasaan lokasi. Misalnya kita terbiasa di daerah Surakarta untuk pulang pergi bekerja nah aplikasi ini akan menyimpan data tersebut lalu dijual ke suatu perusahaan dan perusahaan tersebut akan memberikan iklan yang tidak diinginkan terkait Surakarta. Tidak semua aplikasi tapi ini pernah terjadi. Untuk menutup kemungkinan tersebut, Android 10 memberikan pilihan pengaturan lokasi misalnya untuk aplikasi ojek online saja atau map saja. Berikut adalah cara mengaturnya Buka Pengaturan> Lokasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda ubah.

  1. Pengaturan kontrol orangtua

Keingintahuan anak-anak kadang perlu dikontrol agar tidak kebablasan. Android 10 memperkenalkan pengaturan kontrol orangtua yang memungkinkan orangtua membatasi waktu aplikasi, membatasi waktu penggunaan di luar jam, memblok aplikasi dan memantau penggunaannya dari ponsel orangtua. Untuk mengaktifkannya perlu download aplikasinya dahulu yaitu Family Link lalu Buka Pengaturan> Kesejahteraan Digital & kontrol orangtua> Atur kontrol orangtua dan ikuti instruksi untuk memulai.

  1. Sharing wifi password menggunakan QR code

Sering kesusahan menarik-narik router agar sesuai dengan tempatmu? Tak usah khawatir kini Android 10 memberikan solusi dengan membagi wifi hanya dengan QR Code. Caranya sangat mudah Buka Pengaturan> Jaringan & Internet> Wi-Fi> ketuk Pengaturan di sebelah jaringan yang terhubung> Bagikan> verifikasi ID Anda dengan sensor sidik jari atau PIN Anda> lalu tunjukkan kode QR untuk seseorang untuk memindai dengan perangkat mereka.