Rumus Rubik

Posted on

Rubik adalah salah satu permainan yang digemari banyak orang dikarenakan membutuhkan strategi untuk membuat warna pada rubik menjadi sama. Saat ini ada banyak bentuk rubik mulai dari 2x2x2 hingga 7x7x7. Untuk menyelesaikan rubik, dibutuhkan rumus rubik yang bisa digunakan oleh semua orang. Maka dari itu berikut rumus yang bisa digunakan untuk rubik ukuran 2x2x2 dan 3x3x3.

Bagian pada Rubik

Sebelum kamu belajar tentang cara menyelesaikan rubik, kamu harus memahami bagian-bagian pada rubik. Rubik memiliki 3 bagian yaitu Edge, Corner, dan Center.

Center adalah bagian tengah rubik dan hanya memiliki 1 warna, corner adalah bagian pinggir rubik dengan 3 warna, dan edge adalah bagian pinggir rubik yang memiliki 2 warna.

Selain 3 bagian tersebut, sebuah rubik berukuran 3x3x3 memiliki 3 lapisan atau layer. Tempat layer dalam rubik ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Arah Pergerakan pada Rubik

Sebelum menggunakan rumus rubik untuk menyelesaikan rubik, kamu harus memahami arah pergerakan pada rubik. Karena sebagian besar rumus yang digunakan merupakan kumpulan istilah sehingga kamu akan kebingungan jika tidak memahami istilah dari arah pergerakan pada rubik. Berikut ini beberapa istilah yang digunakan untuk menandai arah pergerakan pada rubik.

  • R (Kanan) adalah gerakan memutar rubik dari sisi kanan rubik ke arah kanan yang searah dengan jarum jam
  • R’ (Kanan aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi kanan ke arah kiri yang berlawanan dengan jarum jam
  • U (Atas) adalah gerakan memutar rubik dari sisi atas ke arah kanan searah dengan jarum jam
  • U’ (U Aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi atas rubik ke arah kiri yang berlawanan dengan jarum jam
  • D (Bawah) adalah gerakan memutar rubik dari sisi bawah rubik ke arah kanan yang searah dengan jarum jam
  • D’ (D aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi bawah rubik ke arah kiri yang berlawanan dengan jarum jam
  • F (Depan) adalah gerakan memutar rubik dari sisi depan rubik ke arah kanan yang searah dengan jarum jam
  • F’ (F aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi depan rubik ke arah kiri yang berlawanan dengan jarum jam
  • f (Depan Ganda) adalah gerakan memutar dari sisi depan rubik sebanyak dua kali ke arah kanan yang searah dengan jarum jam
  • f’ (depan ganda aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi depan rubik ke arah kiri sebanyak dua kali yang berlawanan dengan jarum jam
  • B (belakang) adalah gerakan memutar rubik dari sisi belakang rubik ke arah kanan yang searah dengan jarum jam
  • B’ (belakang aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi belakang rubik ke arah kiri yang searah dengan jarum jam
  • L (kiri) adalah gerakan memutar rubik dari sisi kiri rubik ke arah kanan yang searah dengan jarum jam
  • L’ (kiri aksen) adalah gerakan memutar rubik dari sisi kiri rubik ke arah kiri yang searah dengan jarum jam

Rumus Rubik 2x2x2

Setelah kamu mengerti istilah dalam gerakan rubik, sekarang kamu akan melihat rumus untuk rubik 2x2x2.

1. Metode Layer By Layer untuk Dasar

  • Menyelesaikan layer pertama dengan mencari minimal 1 corner yang memiliki warna putih. Corner dengan warna putih bisa kamu posisikan berada di bawah. Terdapat beberapa kasus ketika menyelesaikan layer pertama dengan warna putih seperti di bawah ini.
  • Menyelesaikan orientasi corner yang berwarna kuning pada bagian atas seperti di bawah ini. Untuk menyelesaikan orientasi corner pada rubik 2x2x2 lebih mudah dan lebih sedikit jika dibandingkan dengan rubik 3x3x3

Berikut ini rumus untuk orientasi corner bagian kuning rubik 2x2x2

  • Menyelesaikan permutasi corner untuk mendapatkan bentuk sempurna dari rubik 2x2x2 seperti di bawah ini.

Menyelesaikan permutasi corner ada 2 cara yaitu permutasi T dan permutasi Y. Kedua cara ini digunakan untuk menyelesaikan permutasi corner rubik 2x2x2.

2. Metode Ortega

Metode ortega memiliki dua sub metode tersendiri yaitu Orientation Last Layer atau OLL dan Permutation of Both Layer (PBL). Langkah pertama adalah menggunakan OLL dan dilanjutkan dengan PBL. Metode ortega bisa digunakan untuk menyelesaikan rubik 2x2x2 kurang dari 8 detik.

1. OLL

2. PBL

Rumus Rubik 3x3x3

Setelah kamu mengetahui cara menyelesaikan rubik 2x2x2, kali ini akan dibahas cara menyelesaikan rubik berukuran 3x3x3. Rubik berukuran 3x3x3 merupakan rubik yang umumnya dimainkan oleh banyak orang.

Namun tidak semua orang dapat menyelesaikan rubik 3x3x3 hingga selesai. Berikut ini langkah yang bisa dicoba untuk menyelesaikan rubik ukuran 3x3x3.

1. Langkah Untuk Pemula

Bagi kamu yang tergolong pemula dalam bermain rubik, kamu bisa menggunakan langkah ini untuk menyelesaikan rubik 3x3x3 dikarenakan cukup mudah.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat cross sederhana. Tanda cross ini bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus. Kamu cukup menggunakan intuisi, maka tanda cross di tengah seperti gambar di bawah ini dapat dibuat.
  • Setelah terbentuk tanda cross di tengah, kamu bisa membuat layer pertama dengan warna yang sama dengan bagian samping membentuk T seperti di gambar ini. Layer ini, kamu bisa menggunakan rumus U R U’ R’ dilanjutkan dengan R U R’ dan R U2 R’. Setelah itu kamu bisa menggunakan R U’ R’ dan terakhir adalah R U R’.
  • Setelah terbentuk layer pertama dan tanda T di sisi samping, maka kamu bisa melanjutkan ke pembuatan layer kedua. Untuk membuat layer kedua kamu bisa menggunakan rumus U R U’ R’  U’ F’ U F dan U’ L’ U L  U F U’ F’. Setelah kamu menggunakan rumus tersebut, akan terbentuk layer kedua seperti gambar di bawah ini.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan 2 Look OLL. Langkah 2 Look OLL adalah menyelesaikan warna di sisi lain yang berlawanan dengan cross. Misalkan warna putih di atas, maka kamu menyelesaikan bagian bawah. 2 Look OLL terdiri dari dua langkah yaitu first Look dan Second Look.

First look adalah langkah yang berfokus pada edge warna yang berlawanan dengan cross. Jika kamu membuat cross putih, maka warna berlawanannya adalah kuning. Kamu bisa menggunakan rumus F R U R’ U’ F’ f  R U R’ U’ f’ dilanjutkan F R U R’ U’ F’ dan terakhir f  R U R’ U’ f’. Setelah selesai dengan First Look, kamu bisa melanjutkan ke Second Look.

  • Langkah terakhir adalah melakukan 2 Look PLL. Pada langkah 2 Look PLL terdapat dua langkah yaitu First Look dengan rumus R U R’ F’  R U R’ U’  R’ F R2 U’ R’ U’ dan dilanjutkan dengan Second Look dengan rumus RU’ (RURU) (RU’R’U’) R2 dan akan mendapatkan rubik selesai.

Belajar menyelesaikan rubik sangat mudah jika menggunakan rumus rubik. Kamu bisa mengerjakan secara cepat dan mengikut tutorial yang ada sehingga lebih memudahkan kamu dalam memahami setiap rumusnya.

Baca Juga:

Rate this post