Arti Wibu

Posted on

Arti Wibu – Tentunya kamu pasti sedang mencari apasih itu arti kata wibu, kalian pastinya menemukan kata Wibu dari FB, IG, Twitter ataupun media online jenis lainnya yang membuat kalian bertanya – tanya, apa sih arti Wibu? kok Wibu bau bawang?.

Jangan sampai kalian juga ikut – ikutan menggunakan kata Wibu tapi justru kalian tidak tahu artinya, nanti bagaimana kalau ada yang bertanya kepada kalian arti Wibu tetapi kalian tidak mengetahuinya, masa sudah ikut – ikutan berbicara Wibu tapi tidak tahu artinya hehe..

Maka dari itu disini aku akan membahas perihal tentang Wibu agar kalian tidak penasaran lagi dan menjadi tahu arti kata Wibu.

Arti Kata Wibu

Arti Wibu

Istiah Wibu ini secara mendasar yaitu julukan untuk orang – orang yang terobsesi dengan segala hal yang berkaitan dengan jepang seperti halnya terlalu mencintai anime jepang dan manga jepang ataupun lainnya.

Tetapi jika kalian beranggapan semua yang berkaitan dengan wibu itu mereka yang terobsesi dengan manga atau anime, pendapat itu dirasa kurang tepat.

karena orang yang menggemari manga ataupun anime belum tentu termasuk kategori Wibu, sebaliknya juga mereka yang benar – benar Wibu sudah pasti menyukai manga ataupun anime.

Kalian masih bingung? tenang saja mimin akan menjelaskan secara teliti apa itu kata Wibu, agar kalian mengerti arti sebenarnya dari kata Wibu.

Sejarah Kata Wibu

Wibu berasal dari bahasa inggris yang dipelesetkan menjadi Wibu, kata Wibu dalam Bahasa Inggris yaitu Weeaboo.

Dalam Bahasa Inggris Weeaboo memiliki makna yaitu mereka yang sangat terobsesi pada kebudayaan – kebudayaan jepang dan bertingkah laku seperti orang asli jepang yang tinggal dan lahir dijepang.

Pengertiannya Weeaboo merupakan mereka yang bukan asli jepang tetapi merasa lebih jepang dari pada mereka yang tinggal dan lahir di jepang.

Parahnya dari Weeaboo sendiri yaitu mereka justru tidak mencintai kebudayaan asli yang mereka miliki.

Weeaboo menganggap bahwa mereka menyukai dan mensupport Budaya Jepang, tetapi tanpa mereka sadar, mereka telah melakukan stereotyping Budaya Jepang dengan berdasarkan anime kesukaan mereka dan justru bisa saja menyinggung orang Jepang asli.

Jika kalian menghormati dan menyukai Budaya dari Jepang dan budaya kalian miliki sendiri, kalian bukanlah Weeaboo. Hanya menyukai film anime atau pun kalian ingin belajar Bahasa Jepang lewat serial anime tidak akan membuatmu menjadi Weeaboo.

Asal – Usul Kata Wibu

Siapa sih yang menyebut weeaboo pertama kali?.

Kata Weeaboo pertama kali disebut oleh Nicholas Gurewitch, dia menggunakan istilah weeaboo dalam sebuah komiknya yang berjudul Perry Bible Fellowship, dari kata Weeaboo kemudian di pelesetkan dalam ucapan Bahasa Indonesia menjadi Wibu.

Ciri – Ciri Wibu atau Weeaboo

Mimin juga akan memberitahu nih ciri – ciri wibu kepada kalian, apakah teman kalian ada yang memiliki perilaku seperti dibawah ini, yuk simak apa saja ciri – ciri dari wibu.

Sosial Media

Ciri – ciri wibu pertama kita mulai dari sosial media nya, karena mengenali orang – orang dengan ciri – ciri wibu dapat mudah dilihat melalui media sosial nya,

Biasanya para wibu akan menggunakan media sosial bernama Jepang dan menambahkan unsur – unsur jepang didalam namanya. Atau juga mereka bisa menggunakan aksara Jepang dalam menulis nama di sosial media miliknya dan juga memasang profil berkarakter anime jepang.

Terobsesi Tinggi Dengan Jepang

Ciri-ciri lainnya yang terlihat pada wibu yaitu cara pemikiran mereka terhadap negara Jepang. Mereka beranggapan bahwasanya kehidupan yang ada di Jepang sangat keren dan lebih menarik dari kebudayaan -kebudayaan lainnya, termasuk kepada kebudayaannya sendiri.

Berperilaku Layaknya Orang Jepang

Ciri-ciri selanjutnya dari seorang wibu yaitu mereka menggemari berprilaku layaknya orang Jepang sungguhan. Mereka yang wibu pasti selalu mengetahui apa – apa tentang yang terjadi di negara Jepang.

Mereka selalu mencoba untuk mengikuti bagaimana gaya dan kehidupan orang Jepang. Mulai dari berbicara sikap dan juga perilaku, mereka juga selalu menjadikan gaya hidup orang Jepang sebagai cerminan.

Membandingkan Jepang Dengan Negara Asal

Dalam pemikiran mereka para wibu, jepang adalah negara yang memiliki gaya hidup unggul dan keren dari pada negara asal mereka, bahkan wibu akan beranggapan sepele dengan kebudayaan asli yang mereka punya dengan memuji – muji jepang dibandingkan negara asal nya.

Memiliki Pasangan Khayalan

Biasanya juga wibu memiliki kebiasaan aneh seperti menganggap karakter anime sebagai pacar yang mereka miliki, mereka memiliki sebutan Husbando atau Waifu yang memiliki arti pacar.

Kok Wibu Bau Bawang?

kalian pasti bertanya – tanya kenapa wibu identik atau sering dibilang banyak orang bau bawang.

Sebutan wibu bau bawang yaitu karna wibu asik menonton serial anime sampai lupa untuk mandi yang menimbulkan bau tak sedap, dari sini lah muncul sebutan wibu bau bawang.

Itulah penjelasan dari kata wibu semoga artikel ini dapat bermanfaan untuk kalian, dan pesan mimin jangan terlalu terobsesi dengan kebudayaan luar, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post