Contoh Artikel

Posted on

Contoh Artikel – Perencanaan tata letak untuk bahan adalah fitur dasar saat menulis artikel. Dalam perencanaan, Anda harus membuat pilihan yang baik untuk topik atau topik apa yang akan Anda diskusikan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Artikel. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Penulisan, Persyaratan dan Contoh.

Definisi

Artikel tersebut adalah artikel yang membahas topik tertentu, artikel-artikel tersebut diterbitkan di majalah, surat kabar di media sosial di Internet. Dalam artikel tersebut ada ide, pendapat dan fakta yang diungkapkan oleh seseorang dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca.

Contoh Artikel

Secara umum, artikel ini adalah esai faktual yang sangat lengkap dengan panjang tertentu yang dirancang untuk dibagikan yang bertujuan untuk menyampaikan ide dan berbagai fakta yang dapat mendidik dan bahkan menghibur.

Karakteristik Artikel

  • Sebuah artikel mungkin berisi pendapat serta analisis, namun harus didasarkan dengan teori atau data valid.
  • Menulis artikel menggunakan bahasa standar atau resmi dan kalimat yang sederhana, logis, denotatif dan efektif.
  • Metode penulisan artikel sistematis, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isinya.
  • Artikel-artikel tersebut pada umumnya dibuat dengan ringkas, ringkas, jelas dan lengkap.
  • Isi artikel didasarkan pada fakta, bukan pada fiksi atau mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  • Artikel-artikel tersebut informatif dan faktual dalam arti bahwa mereka mengungkapkan informasi berbasis penelitian dan dapat dibenarkan.

Berdasarkan Penulisan Artikel

Artikel dapat dibagi menjadi tiga tahap dalam penulisan, yaitu:

Artikel Penjelasan

Penjelasan artikel ini adalah untuk mempelajari, menggambarkan, atau menjelaskan persoalan yang sudah ada. Artinya dilakukan tidak hanya secara umum, namun terjemahannya di kupas atau di ulas dengan cara yang jelas serta terperinci. Isi artikel yang lebih besar menunjukkan pendapat penulis atau sudut pandang tentang topik yang dipilih.

Artikel Prediktif

APenjelasan artikel ini adalah yang menyajikan masalah hari ini dan meramalkan kejadian di masa depan. Pada artikel ini penulis akan mengungkap fenomena yang terjadi di masa sekarang dan memberikan prediksi tentang peristiwa masa depan. Acara mendatang adalah hasil dari acara ini.

Artikel Deskriptif

Penjelasan artikel ini adalah tentang membahas masalah yang terjadi atau tentang memberitahukan informasi kepada pembaca. Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca, dimana yang tidak diketahui oleh pembaca, shingga ia akan memahami dan mengerti.

Persyaratan Untuk Membuat Artikel

  • Menulis artikel tidak terikat oleh waktu, bentuk berita, gaya bahasa dan teknik penulisan lainnya.
  • Aktualitas, gaya penulisan dan panjang pendek artikel harus dihitung antara 700-1.200 kata bahkan lebih.
  • Bahasa dalam pembuatan artikel harus disesuaikan bersamaan pada tema artikel: populer, ilmiah dan populer secara ilmiah.
  • Posting yang dibuat asli dan tidak dijiplak dari karya orang lain.
  • Posting memiliki topik yang merupakan respons dari suatu peristiwa.
  • Ide sebuah artikel adalah murni dari ide penulis dan sebagian mengambilnya dari sumber referensi: studi literatur, buku dan sebagainya.

Contoh Artikel

Berikut ini beberapa contoh yang bisa menjadi referensi bagi Anda dalam membuat artikel.

Contoh Artikel 1

Kebakaran Hutan Di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang terdiri dari ribuan pulau. Meskipun permukaan tanah Indonesia tidak sebesar laut, hutan di Indonesia sangat besar mulai dari ujung Aceh, dari Sabang hingga Merauke (Papua). Kebakaran di Indonesia sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir, disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan buatan manusia.

Baca Juga :  Contoh Singkatan

Adapun faktor alami, tidak ada yang bisa disalahkan, tetapi untuk faktor buatan, yaitu manusia, itu adalah sesuatu yang perlu dievaluasi. Manusia kehilangan kesadaran sampai mereka melakukan hal-hal yang merusak banyak bagian, termasuk lingkungan, seperti hutan. Hutan adalah habitat ribuan spesies makhluk hidup yang saling bergantung.

Karena itu, aksi manusia membakar hutan untuk mencapai tujuan internalnya, memang harus dibuktikan. Alasan mereka untuk membakar hutan berkisar dari keinginan untuk membuka perkebunan baru hingga membuat gedung pencakar langit. Namun, yang disayangkan adalah mereka tidak memikirkan berbagai flora dan fauna yang hidup di hutan.

Flora dan fauna di hutan akan mengungsi dan mati bahkan terbakar oleh api yang membakar karena kegiatan manusia. Shingga flora dan fauna akan kemusnahan habitat mereka juga hasilnya ialah pelarian fauna ke tempat tinggal manusia. Mereka merasa tidak lagi memiliki rumah yang bisa mereka tempati, jadi jalan terakhir adalah bergegas ke penduduk sekitar.

Tidak mengherankan bahwa kasus penemuan hewan liar seperti harimau dan singa di daerah pemukiman sering dilaporkan belakangan ini. Seperti kata pepatah, apa yang kita lakukan ditujukan untuk diri kita sendiri, jadi mari kita lakukan sesuatu yang baik. Sedangkan faktor alami kebakaran hutan adalah musim kemarau dan keberadaan petir saat hujan.

Musim benar-benar tidak dapat diprediksi bagi manusia, jadi ketika musim kemarau tiba dengan periode waktu yang sangat lama, itu alami. Namun, itu mempengaruhi keadaan hutan karena hutan yang terpapar sinar matahari setiap hari dapat menyebabkan percikan api. Ini serupa bahkan ketika ada kilat dan petir menyerang bagian sampai percikan dihasilkan.

Contoh artikel 2

Manfaat Kesehatan Dari Madu

Madu adalah hasil dari produksi lebah, yang sekarang terkenal dengan manfaat kesehatannya. Manfaat madu, yaitu:

Manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah

Madu tidak hanya dikenal sebagai pemanis alami, tetapi juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk kulit sehat, terutama kulit wajah. Madu diyakini digunakan untuk menghilangkan jerawat, tetapi harus ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti jeruk nipis. Madu juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah dan melembutkan kulit wajah.

Sayang untuk menghilangkan batuk

Manfaat madu sebagai penghilang batuk bukan hanya unsur yang tidak memiliki bukti, tetapi manfaat ini juga ditampilkan di majalah. Buku harian itu dirilis pada 2007 dengan sampel 270 anak-anak. Hasil dari penelitian ini adalah minum sesendok madu sebelum mereka tidur karena intensitas batuk yang terjadi berkurang.

Madu sebagai penambah kekebalan tubuh

Dalam madu ada berbagai nutrisi yang sangat kompleks yang berkisar dari vitamin hingga berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh. Tidak mengherankan bahwa begitu banyak orang tua sekarang percaya pada madu untuk diberikan kepada anak-anak mereka. Alasan mengapa orang tua memberi madu adalah untuk menjaga kesehatan anak, terutama untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Madu sebagai pembunuh bakteri

Dalam madu ada zat yang mempunyai fungsi melambatkan bakteri serta juga dapat membunuh para bakteri yang ada di tubuh manusia. Telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian bahwa madu secara efektif menghilangkan bakteri dalam tubuh seperti E. Coli, Salmonella dan bakteri serupa lainnya. Karena itu, manfaat madu tidak perlu dipertanyakan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Artikel. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: