Contoh Pengumuman

Posted on

Contoh Pengumuman – Pengumuman merupakan sebuah informasi atau iklan yang bisa kita lihat di mading dan papan. Pengumuman sendiri bisa bersifat resmi ataupun tidak.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Pengumuman. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Jenis, Langkah-Langkah dan Contoh.

Pengertian

Pengumuman adalah pembuatan, proses dan metode untuk mengumumkan informasi. Yang paling penting dalam menulis iklan adalah iklan harus komunikatif dan efektif.

Contoh Pengumuman

Bahasa yang efektif merupakan bahasa yang digunakan harus tepat. Jangan biarkan bahasa iklan menjadi tidak jelas karena akan menyebabkan kebingungan pada pendengar (jika iklan dibaca).

Dalam penyampaian sebuah iklan sendiri harus komunikatif, yang berarti bahasa iklan itu mudah dipahami. Saat menulis teks iklan Anda, Anda perlu menggunakan kalimat yang efektif. Kalimat yang efektif adalah kalimat yang penggunaan kata-katanya lebih pendek, lebih ringkas dan jelas.

  • Karena itu, penggunaan kata dan frasa dalam iklan harus lebih pendek dan lebih ringkas.
  • Dengan cara ini, Anda dapat mengamati dan memeriksa teks iklan berdasarkan konteksnya.

Jenis-Jenis Pengumuman

Penulis atau penulis iklan biasanya adalah agen pemerintah, organisasi sekolah, komite persaingan, komite untuk bisnis atau individu tertentu. Informasi yang bisa disebut pengumuman adalah sebagai berikut.

  • Pengumuman tentang iklan yang hilang atau sedih mencakup iklan individual.
  • Pengumuman tentang layanan umum seperti, daftar apotek panggilan, direktori telepon penting di suatu wilayah, nilai tukar (bisnis).
  • Pengumuman pengumuman kegiatan amal (resmi) amal.
  • Pengumuman tentang kegiatan kompetisi termasuk pengumuman dari komite kompetisi (resmi).
  • Pengumuman tentang pertemuan sekolah besar adalah pengumuman dari organisasi sekolah (resmi).
  • Pengumuman pemadaman listrik termasuk pengumuman dinas pemerintah.

Langkah-Langkah Membuat Pengumuman

Ketika melakukan dan mengumumkan apa yang perlu dilakukan dan apa yang Anda lakukan adalah memperhatikan hal-hal berikut.

Volume

Sementara volumenya sangat penting ketika Anda membaca atau berbicara. Pendengar tidak akan dapat menanggapi konten atau niat pembaca jika pembaca berbicara terlalu lambat. Tempat dan suasana saat berbicara juga sangat memengaruhi volume suara.

Misalnya, koleksi Anda berbicara atas dasar upacara, silakan berbicara dalam bahasa yang menantang semua peserta dalam upacara untuk mendengar kata-kata Anda dengan jelas.

Berhenti Sebentar

Jeda adalah waktu untuk berhenti saat Anda membaca, apa yang dikeluarkan untuk jeda adalah waktu kita bernapas. Jeda juga dapat menentukan konten saat Anda membaca iklan.

Intonasi

Intonasi adalah nada rendah saat membaca. Menggunakan intonasi yang tepat, tujuan pembicaraan akan mudah dipahami dan dipahami.

Kejelasan

Baca kalimatnya dengan jelas sehingga apa yang Anda baca jelas dan mudah dibaca.

Baca Juga :  Contoh Dialog 2 Orang Tentang Kebersihan

Pengucapan

Dengan tepat melafalkan huruf atau kata, dengan cara ini kalimat tidak membaca arti yang berbeda.

Contoh Pengumuman

Berikut inilah contoh-contoh dari pembuatan pengumuman, yakni:

Contoh 1

PENGUMUMAN LELANG KEDUA

EKSEKUSI HAK

Nomor: 2007 / XI / 03 / Oicocredit / CV. SEBAGAI

Berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang tentang Hak dan Tanggung Jawab No. 4 tahun 1996, dengan Kredit FIF ini di Indonesia Jl. Pagar Alam No. 11, Koga, Bandar Lampung, melalui kantor layanan kredit negara dan lelang Koga (KP2LN) akan dilelang pada

  1. Tanah, SHM area No. 410 ± 5.305 m2 atas nama Naruto,M.M., berlokasi di Ds./Kel. Koga, Kec. Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung.
  2. Tanah SHM No. 2550 area ± 14.500 m2 atas nama Sasuke, S.E. yang terletak di Ds./Kel. Koga, Kec. Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung. akan diadakan pada:

Hari / tanggal: Jumat 18 Oktober 2008

Jam: 13.00 WIB

Lokasi: Kantor KP2LN Koga, Tanjung Karang

Alamat: JL. Silaturahmi No. 234 Koga, Bandar Lampung
Ketentuan lelang:

  1. Delegasi mereka harus hadir sebelum waktu lelang
  2. Peserta tender diharuskan menyetor uang jaminan sebesar Rp10.000,00 (sepuluh juta rupee) ke rekening KP2LN Koga no. 003.503.2726 di Bank BNI Cabang Koga selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum lelang / tunai pada saat lelang.
  3. Untuk pemenang lelang yang ditunjuk itu wajib dan harus membayar pembayaran tunai selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja setelah lelang.
  4. Untuk peserta yang tidak ditunjuk sebagai pemenang, uang jaminan dikembalikan oleh pejabat lelang setempat.
  5. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi KP2LN Koga, Bandar Lampung (0271-723644)

Bandar Lampung, 10 Oktober 2008

Tertanda.

Kredit FIF

Contoh 2

Ponsel dengan kartu pelajar dan dokumen penting ditemukan di tas merah. Untuk siswa MMA yang merasa kehilangan, silakan hubungi petugas piket.

Atas perhatian Anda, semua siswa MMA, kami ucapkan terima kasih.

Tanjung Karang, 3 Mei 2008

Manajer Administrasi

Tertanda.

Hinata Hiyuga, S.Sos.

Contoh 3

Semua siswa kelas X dan XI diundang untuk menghadiri peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada:

Hari: Senin
Tanggal: 20 Mei 2008
Waktu: 07.15 WIB
Lokasi: Sekolah Lapangan Barat

Mengingat pentingnya acara tersebut, siswa harus tiba tepat waktu. Terima kasih atas perhatian teman-teman.

Papan sekolah
SMAN 3 Kemiling
Jl. Jenderal Ahmad Yani 234 Lampung

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Pengumuman. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: