Contoh Tajuk Rencana

Posted on

Contoh Tajuk Rencana: Tajuk Rencana atau topik rencana atau editorial tetapi mudah dimengerti atau tentang membaca koran atau seperti koran yang memiliki topik yang membahas peristiwa yang akan terjadi atau yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Tajuk Rencana. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Cara dan Contoh.

Pengertian

Editorial adalah ekspresi editorial atau pendapat media tentang isu-isu yang berkembang di masyarakat sehingga dapat ditemukan di mana-mana dari berbagai media televisi atau sebagai cetak koran.

Contoh Tajuk Rencana

Editorial memiliki fakta dan kalimat pendapat yang jelas harus dipahami terlebih dahulu, karena ekspresi media sering lebih memperhatikan memperoleh informasi yang akurat.

Kemudian menyusun topik yang akan membahas suatu peristiwa yang panas dan sering dibahas di masyarakat sekitar tentang berita yang akan terjadi yang berisi pendapat dan pendapat tentang acara tersebut.

Karakteristik Tajuk Rencana

  • Topik yang berisi ulasan biasanya memiliki skala nasional dan dapat diterima oleh semua pembaca.
  • Topok berisi pendapat pribadi dari editor tentang masalah yang panas dan kontroversial.

Cara Penulisan Tajuk Rencana

Judul.
Latar belakang.
Tokoh.
Masalah.
Peristiwa dijelaskan.
Pendapat penulis.
Sumber berita.
Anggota editorial.
kesimpulan.

Cara Membuat Tajuk Rencana

Dalam percakapan tentang cara membuat topik editorial, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Dia memiliki tulisan editorial yang akan dibahas.
Memiliki bobot dari substansi bahan dan skripsi.
Punya topik untuk dibahas.
Ini memiliki fase seleksi dan penelitian data terkait.

Membuat editorial harus dianggap sebagai berita utama yang penting atau teks yang akan dibuat sehingga ia dapat dengan mudah menyusun esai dan tertarik membacanya.

Contoh Tajuk Rencan

Berikut ini contoh-contoh dari editorial, yakni:

Contoh Tajuk Rencan 1

Korupsi Masih Beredar

Penangkapan operasi atau dengan kata lain (OTT) yang terus dilakukan oleh badan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin banyak dilakukan.

Biro KPK akan terus menyelidiki penyuapan dan menangkap orang-orang yang melakukan korupsi di berbagai bidang mulai dari kepala desa hingga anggota lainnya untuk membersihkan para penjahat terkait.

KPK terus menangkap pejabat dari berbagai daerah yang menyuap bawahan mereka dari pejabat negara dari BUMN dan jajaran lainnya.

Namun, KPK juga akan waspada dan peduli tentang reformasi yang bertujuan mengubah sistem korupsi yang dikendalikan oleh mereka yang mengendalikan sistem dari publik.

Sejak terbentuknya Komisi Pemberantasan korupsi dari berbagai daerah pada tahun 2013, sejauh ini korupsi telah berkembang karena kurangnya pengawasan oleh pemerintah pusat, sehingga cenderung mudah untuk …

Contoh Tajuk Rencan 2

Pemasaran Pendidikan

Keluhan yang datang berulang kali. Orang tua mengeluhkan mahalnya biaya sekolah negeri dan swasta yang keduanya sengit dalam penarikan mereka.

Istilah pemasaran pendidikan sedang populer saat ini. Bertentangan dengan tahun lalu, keluhan pemasaran tahun ini lebih masif. Demonstrasi publik menyoroti keluhan orang tua. Klaim pemerintah, penarikan dapat dilakukan selama mereka dikendalikan dan non-komersial, mereka dapat menjadi kontraproduktif.

Penegasan itu tidak dianggap sebagai larangan, tetapi pembenaran. Sekolah negeri dan universitas negeri tidak lebih murah daripada yang swasta. Misalnya, biaya pendaftaran untuk siswa sekolah menengah baru di Jakarta Timur adalah IDR 7.375.000, sedangkan di sekolah menengah swasta Jakarta pusat adalah Rp 11.718.000. Meja sekolah d? Luar biasa!

Baca Juga :  Contoh Alur Cerita

Kecemasan orangtua mengingatkan para pengambil keputusan. Meskipun Indonesia telah merdeka selama lebih dari 60 tahun, pendidikan tidak pernah ditangani secara serius. Ujian mengajukan pertanyaan, buku yang belum selesai, resume, kualitas menurun dan sebagainya.

Memang, setelah reformasi dibandingkan dengan era sebelumnya, telah ada langkah maju di jalan. Sebelumnya hanya terbatas pada pentingnya pendidikan (pengembangan sumber daya manusia), sekarang alokasi 20 persen telah ditambahkan ke total anggaran nasional. Hingga tahun ini, hanya 8 persen yang telah dicapai. Pro dan kontra masih bergolak, termasuk daya dukung direktorat Departemen Pendidikan.

Oleh karena itu, tidak perlu heran ketika Jepang mengalokasikan anggaran pendidikan 100 kali dibandingkan dengan Indonesia. Sebaliknya, mereka harus terkejut ketika Bangladesh, negara kecil dan miskin, mengalokasikan anggaran 2,9% dari anggaran nasionalnya; sedangkan Indonesia di era yang sama hanya 1,4 persen.

Pendidikan adalah tugas masyarakat dan pemerintah. Ketika mempraktikkan pendidikan tidak lagi dominan sebagai kegiatan sosial tetapi sebagai sebuah perusahaan, hukum komersial ada sedemikian rupa sehingga harga berkembang. Organisasi pendirian pendidikan mirip dengan perusahaan komersial. Memang, lembaga pendidikan swasta juga berkembang dari sana.

Ketika pemerintah melakukan praktik yang sama, muncul pertanyaan: mengapa publik dan swasta sama? Institusi sekolah umum juga terlibat dalam pelaksanaan berbagai pajak. Parodi pendidikan hanya menghasilkan air mata pembenaran.
………

Anggaran yang cukup bukanlah segalanya. Ketersediaan anggaran baru memenuhi salah satu dari banyak persyaratan praktik pendidikan. Namun, ketersediaan anggaran mencerminkan keseriusan perhatian, keberanian untuk memprioritaskan dan sesuatu yang tidak selesai hanya pidato yang berkepanjangan.

Contoh Tajuk Rencan 3

Peningkatan Kualitas Dalam Pendidikan

Pendidikan akan menjadi kebutuhan bagi semua manusia untuk mencapai cita-cita yang mereka inginkan untuk kemajuan suatu bangsa.

Tentunya dengan pendidikan yang berkualitas, peluang untuk menjadi orang yang baik akan lebih mudah dicapai, tetapi pada kenyataannya kualitas pendidikan di negara ini tidak sebaik di negara lain.

Lembaga pendidikan dapat mencari berbagai cara untuk menciptakan lulusan terbaik dan berkualitas untuk mengantisipasi perubahan dalam bentuk kesuksesan bagi negara.

Terkadang tidak mudah untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang akan dilakukan dengan berbagai upaya serius.

Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan pendidikan adalah penting dalam konteks tantangan globalisasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh para ahli yang berkualifikasi tinggi.

Sehingga institusi pendidikan memiliki keterampilan dan kompetensi profesional untuk siap menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Di era teknologi yang semakin canggih pada saat seperti sekarang, guru memiliki sumber informasi dan pengetahuan yang lebih baik untuk menjadi motivator dalam membuat informasi di web dan media lainnya.

Karenanya, dalam situasi yang seharusnya memberikan peran lebih besar karena peran pendidik tidak dapat digantikan oleh peran apa pun, sehingga dalam memajukan pendidikan itu lebih mudah.

Dengan cara ini upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pemerintahan akan mudah dicapai.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Tajuk Rencana. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: