Contoh Kalimat Tanggapan

Posted on

Contoh Kalimat Tanggapan – Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kkalimat atau frasa tanggapan, harap ketahui secara spesifik aturan bahasa dan karakteristik kalimat ini.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Kalimat Tanggapan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Aturan, Struktur, Macam dan Contoh.

Pengertian

Seperti yang kita ketahui bahwa simbol jawaban berisi kritik terhadap pertanyaan terkait kesalahannya. Dalam bahasa Indonesia, salah satu definisi respons adalah respons terhadap pernyataan dalam bentuk kritik, komentar, dan sebagainya.

Contoh Kalimat Tanggapan

Oleh karena itu frasa respons adalah bentuk sambutan dalam bentuk komentar dari orang lain terhadap pernyataan atau peristiwa yang Anda ketahui. Frasa respons ini pada akhirnya akan mengarah pada kesimpulan lain untuk klaim atau peristiwa yang sedang dibahas.

Aturan Tentang Kalimat Tanggapan

  • Jadilah objektif.
  • Akurat dengan fakta dan data.
  • Itu bisa dibenarkan.
  • Sesuai dengan topik yang dibahas.
  • Disampaikan menggunakan frasa sopan, mudah dipahami oleh orang lain dan tegas.
  • Jika frasa respons yang dinyatakan adalah frasa respons negatif, itu tidak boleh disampaikan dengan emosi yang berlebihan.

Struktur Kalimat Tanggapan

Pernyataan ulang:
Bagian terakhir dari teks berisi penegasan kembali tentang apa yang telah dilakukan atau diputuskan.
Peringkat:
Ini berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan.
Deskripsi teks:
Badan teks respons berisi informasi tentang data dan pendapat yang mendukung klaim atau melemahkan klaim.

Macam-Macam Kalimat Tanggapan

Kalimat Tanggapan Negatif

Ini merupakan respons terhadap klaim atau peristiwa negatif atau yang tidak mendukung klaim atau peristiwa tersebut. Frasa respons ini digunakan untuk menyatakan ketidaksetujuan atau menolak pernyataan atau kejadian terkait.

Kalimat Tanggapan Positif

Ini adalah respons terhadap pernyataan atau peristiwa yang positif atau kondusif untuk pernyataan atau peristiwa tersebut. Frase respons ini digunakan untuk menyatakan persetujuan atas pernyataan atau peristiwa terkait.

Contoh Kalimat Tanggapan

Berikut beberapa contoh kalimat ini, yaitu sebagai berikut:

Contoh 1

  • Harga 10 juta untuk laptop terlalu mahal. Laptop Y dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda hanya dijual dengan harga 7 juta.
  • Kekalahan tim A adalah karena permainan buruk mereka. Mereka bersaing ketika pemain baru belajar. Mereka terlalu mudah dikalahkan.
  • Ini seharusnya tidak perlu. Karena selama liburan siswa merasa terbebani dengan tugas. Siswa berkomitmen untuk memikirkan pekerjaan rumah mereka daripada menikmati liburan.
  • Artis hanya menggunakan ketenarannya. lagu-lagu di album juga tidak bagus. Bahkan suaranya tidak begitu bagus.
  • Ini hanya pemborosan energi. lihat keadaan olahraga sepakbola saat ini. menjadi tuan rumah hanya memalukan. pertama-tama kita harus meningkatkan sepakbola kita dan kemudian memikirkan piala dunia.

Contoh 2

  • Jika Anda melihat spesifikasi laptop, label harga 10 juta adalah hal yang wajar. Laptop itu memiliki spesifikasi paling canggih saat ini.
  • Tim A telah bekerja dan berjuang dengan serius. Mereka juga berlatih keras. Hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan karena lawan mereka ternyata lebih besar dari yang diharapkan. Saya berharap tim A bisa belajar dan terus berlatih sehingga di kejuaraan selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Ini adalah kegiatan positif, karena siswa dapat mengisi waktu liburan mereka dengan hal-hal yang bermanfaat. Siswa juga dapat melatih kreativitas mereka selama liburan.
  • Album ini merupakan bentuk kreativitas seniman lainnya. Dia ingin menunjukkan bahwa selain menjadi baik di dunia seni, perannya juga bisa dalam seni suara.
  • Ini sangat bagus karena bisa menjadi motivasi tambahan bagi pemain dan pemain sepak bola Indonesia untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas sepakbola. Ini juga bisa memperkenalkan Indonesia ke dunia melalui sepakbola.
Baca Juga :  Contoh Kalimat Saran

Contoh 3

Ujian Nasional Online

Peringkat

Pidato ujian online nasional telah diberikan kepada publik sejak awal 2014, tetapi kepastiannya belum jelas. Pemerintah telah meluncurkan ujian online nasional, tetapi pelaksanaan ujian online nasional harus melalui proses penyesuaian dan memerlukan kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Deskripsi teks

Diumumkan bahwa proses ujian online nasional akan berlangsung di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan dari server melalui Internet. Sekolah yang dipilih akan memiliki kesempatan untuk menguji ujian nasional secara online pada tahun 2015.

Salah satu tujuan ujian online nasional adalah untuk mengatasi penggunaan kertas yang mahal, keamanan dan hilangnya pertanyaan.

Sisi positifnya, komputer dapat dengan cepat menemukan nilai dan siswa tidak bisa menipu pada pekerjaan orang lain.

Kelemahannya adalah jaringan listrik dan koneksi Internet dapat terputus setiap saat.

Pernyataan ulang

Sehingga dapat diperoleh dari masalah di atas bahwa ujian nasional dapat memicu dampak positif atau negatif. Menurut Yuksinau.id, ujian online diperlukan karena tampaknya positif, yang cukup menguntungkan, tetapi sayangnya harus ada struktur yang mendukung.

Contoh 4

Pergaulan Bebas

Evaluasi

Saat ini banyak remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. Di mana pergaulan bebas adalah bentuk perilaku menyimpang, di mana kata “bebas” berarti melewati batas, tidak seperti norma-norma orang Timur.

Deskripsi teks

Pergaulan bebas memiliki dampak yang sangat negatif, misalnya dengan melakukan hal-hal ilegal (mabuk dan sejenisnya).

Selain itu ada juga efek positif yang dimiliki banyak teman, mereka belajar berkomunikasi, menghormati, mengendalikan diri di komunitas.

Orang Indonesia sering meniru hal-hal yang kurang baik daripada orang Barat seperti berciuman yang dianggap orang Barat adalah hal yang wajar.

Pergaulan bebas muncul karena perasaan bangga, nafsu, keingintahuan, hancurnya rumah, hidup sendiri, faktor keluarga, kurangnya iman dan lain-lain.

Selain itu, teknologi juga memiliki pengaruh besar pada pergaulan bebas, akses internet dan televisi yang tidak terkontrol, mendorong remaja untuk melakukan hal-hal yang tidak berjalan dengan baik.

Pernyataan Ulang

Ketika kita sudah tahu penyebab pergaulan bebas, lebih baik bagi orang tua untuk lebih waspada dan mendidik anak-anak mereka sehingga mereka tidak jatuh pada jalur yang salah. Dengan memilih pertunjukan yang bagus dan menggunakan internet sebaik mungkin.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Kalimat Tanggapan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: