Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

Posted on

Contoh Cerpen Beserta Strukturnya – Cerpen merupakan esai dalam bentuk prosa naratif imajiner. Ceritanya lebih ditujukan pada cerita pendek dan ringkas yang mengarah langsung ke tujuan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Cerpen Beserta Strukturnya. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Unsur, Struktur, Ciri dan Contoh.

Pengertian

Cerpen ialah esai imajiner yang berisi kehidupan atau kehidupan seseorang yang diceritakan secara ringkas dan ringkas yang hanya berfokus pada karakter tertentu. Di sini kita akan mencoba untuk meninjau sepenuhnya apa definisi cerita, elemen intrinsik cerita, elemen ekstrinsik cerita, struktur cerita dan, tentu saja, kumpulan contoh cerita yang menarik untuk dilihat.

Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

Penting bagi teman untuk mengetahui bahwa contoh cerita atau cerita memiliki kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 hal. Cerita-cerita hanya memberikan satu kesan yang hanya berfokus pada satu karakter dan situasi.

Unsur-Unsur Dari Cerpen

Adapun cerpen tentunya memiliki unsur-unsur didalamnya. Usur dari cerpen sendiri memilikiki dua bagian yaitu Ekstrinsik dan Intrinsik. Berikut ini ulasannya di bawah ini.

Unsur Ekstrinsik

Elemen biografi

Elemen yang menjadi latar belakang penulis. Karena jika latar belakang menyentuh hati pembaca, pembaca akan terbawa oleh plot.

Elemen sosial

Undur yang memiliki hubungan dengan kondisi masyarakat. Seperti halnya dengan keadaan pemerintahan, cerita ini berisi sindiran terhadap masyarakat.

Elemen nilai

Elemen yang memiliki nilai sehubungan dengan pendidikan, seni, hukum atau lainnya. Nilai yang terkandung adalah salah satu daya tarik sehingga dapat memberikan efek kepada pembaca.

Unsur Intrinsik

Tema

Unsur yang menjadi pemikiran utama sebuah cerita adalah dasar dari pengembangan sebuah cerita. Cerita dalam contoh cerita tidak dapat dikembangkan jika menjadi cerita yang dapat ditulis dengan tema dalam tema cerita dan dapat ditentukan sehingga cerita tersebut dapat dipahami oleh pembaca. Contoh dari beberapa tema cerita adalah kehidupan sekolah, kematian, perjuangan hidup dan sebagainya.

Latar Belakang

Usur itu menggambarkan waktu, tempat dan suasana yang terjadi di sakura. Pengaturan adalah bagian yang harus memiliki cerita karena pembaca tahu suasana yang terjadi dalam sejarah. Karena suasana dapat memengaruhi pembaca untuk mengalami sejarah.

Plot atau Alur

Elemen intrinsik yang merupakan serangkaian cerita yang dibentuk oleh fase-fase peristiwa masa lalu dapat menenun cerita-cerita yang disajikan oleh karakter-karakter dalam cerita tersebut. 3 jenis alur berikut ini adalah alur pertama ke depan, alur belakang dan alur campuran.

Karakterisasi atau Penokohan

Dalam sejarah singkat, elemen intrinsik yang menggambarkan karakter atau sifat dalm karakter. Ada dua cara untuk menggambarkan karakter karakter dalam cerita, yaitu, analotik atau langsung dan dramatis atau tidak langsung, protagonis, antagonis dan tirtagonis.

Sudut Pandang

Elemen intrinsik dari cerita yang menarik posisi penulis dalam sejarah. Elemen ini memiliki berbagai jenis sudut pandang, yaitu perspektif orang pertama, perspektif orang ketiga dan perspektif campuran.

Mandat

Elemen intrinsik cerita yang berisi pesan atau saran dari penulis untuk pembaca dalam sejarah, diberikan secara eksplisit atau implisit.

Gaya Bahasa

Unsur intrinsik cerita yang mengatur cara penulis mengekspresikan pemikiran atau gagasan menggunakan bahasa tunggal dan karenanya dapat memberi kesan keindahan bahasa.

Struktur Dari Cerpen

Adapun cerpen tentunya memiliki struktur didalamnya. Struktur dari cerpen sendiri memiliki enam bagian yaitu dimana ulasannya dibawah ini.

Abstrak

Struktur cerita yang merupakan bagian dari cerita, bagian abstrak dari inti cerita yang kemudian berkembang menjadi berbagai peristiwa. Abstrak dapat disebut deskripsi awal cerita. Abstrak juga memiliki sifat opsional di mana penulis dapat menggunakan abstrak dalam cerita atau tidak.

Orientasi

Struktur cerita yang dikaitkan dengan waktu dan suasana yang tepat dalam sejarah. Orientasi tidak hanya berfokus pada tempat, waktu, atau suasana karena banyak cerita memiliki peristiwa yang berbeda.

Komplikasi

Struktur di mana peristiwa berkorelasi dan memberi tahu sebab dan akibat peristiwa dalam sertifikat pendek. Dalam struktur ini, karakter atau karakter dapat ditentukan oleh karakter dalam cerita. Karakter atau karakter karakter dapat muncul karena sulitnya karakter nasional yang mulai meningkat.

Peringkat

Struktur cerita ini berasal dari masalah yang terjadi dalam cerita yang mengarah pada kulminasi masalah yang terjadi dan keberadaan solusi untuk masalah yang ada mulai muncul. Dalam struktur ini penting karena ini menentukan apakah cerita itu menarik.

Resolusi

Struktur cerita yang merupakan selesainya evaluasi. Bagian ini sangat ditunggu oleh pembaca, terutama jika pembaca dibawa pergi dan karena itu ingin melanjutkan ceritanya. Pada bagian ini penulis memberikan solusi tentang bagaimana masalah yang dihadapi oleh karakter dalam cerita.

Penyaringan

Struktur yang memuat pelajaran atau nilai-nilai yang bisa diambil dari cerita. Bagian ini memiliki kearifan yang terkandung dalam cerita. Bagian ini biasanya dikenal setelah pembaca menyelesaikan cerita dari awal hingga akhir cerita. Bagian ini biasanya dalam bentuk saran, mandat, pesan atau peringatan dari penulis kepada pembaca.

Ciri-Ciri Dari Cerpen

Adapun cerpen tentunya memiliki ciri-ciri didalamnya. ciri dari cerpen sendiri yaitu:

Karakteristik cerita yang harus dipahami ketika seseorang ingin membuat cerita pendek (cerpen) dengan mudah membedakan cerita dengan cerita lain. Cerita-cerita tersebut memiliki karakteristik umum, yaitu esai pendek dan sederhana, yang menghadirkan satu masalah dan dibaca sepenuhnya setelah duduk. Selain itu ada banyak fitur lain dari cerpen ini. Sebagai berikut:

  • Dalam menulis cerita pendek sendiri, mereka memiliki kata-kata yang sangat sederhana yang memudahkan pembaca untuk memahami dan memahami isi cerita.
  • Cerita pendek hanya menceritakan satu peristiwa dan menggunakan satu cerita langsung.
  • Saat membaca sebuah cerita, paling tidak butuh waktu sekitar setengah jam atau dua jam.
  • Kisah-kisah menyampaikan pesan dan kesan yang begitu mendalam sehingga pembaca harus memahami apa karakter alami dan merasakan kesan sejarah tertulis.
  • Ceritanya punya 10.000 kata, tidak lebih.
  • Cerita memiliki batas penulisan yang lebih pendek daripada novel.
  • Tidak sedikit cerita memiliki isi sejarah dari uraian kehidupan sehari-hari.
  • Cerita-cerita tidak menggambarkan keseluruhan cerita dengan karakter dalam cerita, tetapi hanya mengatakan karakter utama atau hanya mengatakan poin utama.
  • Orang-orang yang diceritakan dalam cerita mengalami masalah dari fase awal hingga fase penyelesaian.
  • Itu memiliki sifat fiktif.
Baca Juga :  Cerita Fantasi

Nah, Setelah pembahasan di atas, tentunya dibawah ini admin akan memberikan sepenggalan cerita dari contoh cerpen beserta strukturnya.

Contoh Pembuatan Cerpen Beserta Strukturnya

Berikut ini admin akan berikan contoh dalam membuat cerpen. Dimana didalam cerita tersebut beserta unsur-unsur, struktur dan ciri-ciri dari cerpen.

Contoh Cerpen Pertama

Cowok Yang Super Keren dan Acuh Tak Acuh

“Dila, kamu ditanya tentang bagas putra bos minyak itu.” Eli terus memberikannya tetapi Dila sedikit cinta. Dila terdiam membaca lirik lagu yang akan dia nyanyikan dalam 2 minggu di acara kampus.

“Ada apa denganmu? Teman, kamu sepertinya ragu”.
“Baca puisi ini. Apakah kamu mengerti artinya?” Memberikan teks dari bagian yang diambil dari sebuah puisi.
“Apakah ini karya Doni? Anak yang bodoh dan pendiam? Apakah kamu masih memikirkannya?”

Tak perlu dikatakan, nama cinta pasti cinta, iris Anda sangat indah

Sampai hati saya terkejut

Hati bisa mematahkan semua logika

Kedatangan Anda adalah cahaya dalam gelap

Warnai saat hatiku hitam

Bernapaslah di koridor

Percayalah bahwa cinta itu ada

Kicau burung Taka sangat bebas untuk terbang

Mereka hidup bebas

Seperti kebahagiaanmu

Ketika saya mencapai Anda sayang

“Ini pasti pesan untukku. Aku yakin kita merasakan hal yang sama. Kenapa dia diam saja?” Dila bertanya kepada Eli, yang sedang membaca teks.
“Aku tidak tahu kenapa kamu bisa jatuh cinta pada pria seperti itu.”
“Itu berbeda, unik dari yang lain dan matanya sangat tajam. Itu membuatku melayang.” Jelas Dila.
“Tapi di mana cinta yang hanya diam? Seseorang harus berbicara dengan salah satu dari mereka.” Kata Eli.

Suatu hari, bahkan hingga seminggu, Dila tidak bisa menahan perasaannya terhadap Doni dan segera bertemu Doni. Mereka berbicara di taman dekat kampus.

“Apa yang sedang terjadi?” Hadiah gereja
“Maksudku sesuatu yang serius,” kata Mira, tergagap.
“Maaf, besok aku hanya ujian.” Hubungkan Doni saat meninggalkan Dila.
“Aku mencintaimu,” kata Mira dengan nada berteriak

Doni berhenti hanya sesaat, lalu berbalik. Dila menangis pada saat itu karena tidak ada gunanya mengungkapkan perasaannya.

Beok, dipanggil oleh orang tuanya untuk pulang dari pensiunnya.

“Ada seorang pria – seorang pria datang ke rumahmu untuk menikahimu, dia terlihat seperti anak yang baik, ayahnya tahu betapa seriusnya dia dari kata-katanya.”

Dila tidak tertarik dengan apa yang dikatakan ayahnya.

“Maaf, Dila tidak ingin menikah untuk saat ini, aku merasa tidak enak badan dan aku hanya ingin pergi ke kamar.” Kata Mira, lalu meninggalkan ayah dan ibunya di meja.

Itu disebut Doni

Segera hatinya langsung menegang menjadi wajah yang awalnya sedih dan langsung ceria dan matanya berbinar.

“Apakah itu benar ibu?”
“Ya, Nak.”

Contoh Cerpen Kedua

Kegiatan komersial

Sasa adalah mahasiswa pascasarjana pertanian yang lebih tertarik berbisnis daripada di kantor. Dia menjual produk olahannya yang diperoleh dari hasil penelitiannya di kampus. Produk ini adalah saus lada dicampur dengan ganggang yang memiliki nilai ekonomi dan jelas sehat untuk tubuh.

Ini memasarkan produknya hanya di antara teman sekelas profesor dan staf dan juga tujuan pasarnya. Hasil penelitiannya telah menjadi hasil terbaik pada 2017. Harganya sangat murah menurut dompet siswa, apalagi produknya banyak mengandung kesehatan.

“Kamu tahu, karena kamu tertarik pada dunia bisnis, kamu adalah siswa yang luar biasa, jelas, bahkan perusahaan besar menerimamu menjadi karyawan mereka. Belum lagi produkmu sangat murah dengan harga berapa pun, bagaimana kamu bisa mendapat untung dari itu?” seorang teman untuknya.

“Ya, memang, bahkan jika saya bisa menjual produk saya dengan harga tinggi dan kurang bermanfaat bagi kesehatan. Saya juga dapat bekerja di perusahaan besar dengan gaji tinggi tetapi mulas saya tidak ingin semuanya. Saya hanya senang jika pekerjaan saya dapat bermanfaat untuk orang lain. “Jelas sasa. Mendengar penjelasannya, teman sekelasnya tetap diam.

Contoh Cerpen Ketiga

Madu

Di pagi hari, Sarah mengobrol dengan sari yang sangat menarik.
“Sar, bagaimana menurutmu tentang cewek?”
“Sepertinya tidak aneh – itu normal – itu wajar, sangat sederhana.” Sari menjelaskan.
“Oh, kalau begitu, aku tidak suka perempuan yang menggunakan lipstik, tolong,” Tanya Sarah.
“Ya mungkin”
“Jadi, bagaimana kamu menjaga bibirmu merah?”
“Cukup gunakan madu dan campur gula untuk digunakan sebagai scrub dan semua orang akan tidur.”
“Baiklah, aku akan coba nanti, untuk cinta hati sang pangeran. Hehehe”.
“Aku akan segera di kampus, cobalah mencobanya setiap malam>”
“Ya, aku akan muncul sebanyak mungkin.” Beberapa hari kemudian, ketika saya sedang mencoba madu. Sebelum acara dimulai, saya mengambilnya sebagaimana disebutkan dalam sari. Kemudian sari melihat sasa dan sangat terkejut.
“Kenapa bibirmu? Kenapa benar-benar merah, berapa liter madu yang kamu gunakan dan berapa kilo gula? Apakah itu sensual atau tidak?”, Sari bertanya.
“Itu karena semut menggigit setiap malam lho! Sangking yang sensual dan merah seperti ini, benar-benar berkorban,” jawab Sasa.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai contoh cerpen beserta strukturnya. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: