Contoh Teks Laporan Percobaan

Posted on

Contoh Teks Laporan Percobaan – suatu bentuk hasil dari pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh oleh publik.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Laporan Percobaan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Cara dan Contoh.

Nah, sebelum kita membahas mengenai contoh dari tema di atas, alangkah baiknya sobat semua terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan teks laporan Percobaan. Baiklah langsung saja ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Pada umumnya teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah atau laporan praktis. Tujuan teks laporan percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dilakukan. Teks laporan pengujian bersifat umum atau universal.

Teks laporan percobaan ialah teks yang berisi deskripsi tujuan, proses, dan hasil percobaan. Teks laporan eksperimen adalah teks yang menggambarkan eksperimen yang dilakukan oleh peneliti.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Berikut ini struktur dari teks laporan percobaan, dibawah ini.

  1. Judul.
  2. Target.
  3. Bahan dan alat.
  4. Fase aktivitas.
  5. Hasil percobaan
  6. Kesimpulan.

Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan

Berikut ini ciri-ciri dari teks laporan percobaan, dibawah ini.

  • Laporkan hasil percobaan.
  • Eksperimen ilmiah dilakukan untuk menguji sesuatu.
  • Teks laporan percobaan dimulai dengan deskripsi tujuan percobaan.
  • Jelaskan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan.
  • Jelaskan prosedur untuk melakukan eksperimen dan melakukan pengamatan.
  • Jelaskan rekaman hasil percobaan.
  • Pada akhir laporan, kesimpulan dari eksperimen didasarkan pada hasil analisis data pengamatan.

Baca Juga: Contoh Puisi Lama

Kaidah Teks Laporan Percobaan

Berikut ini Kaidah dari teks laporan percobaan, dibawah ini.

Menggunakan Konjungsi

Selain menggunakan kata-kata perintah, teks laporan percobaan juga menggunakan kata sambung. Contoh konjungsi dalam teks laporan percobaan termasuk dan, tetapi, jika, kapan, jika, demikian, dan lain-lain.

Menggunakan Frasa Perintah

Contoh instruksi perintah dalam teks laporan percobaan meliputi persiapan, agitasi, penghindaran, penambahan, penuangan, lebih disukai, pencampuran dan sebagainya.

Menggunakan Angka Kata

Nomor kata dalam teks laporan pengujian menunjukkan jumlah materi yang digunakan dalam percobaan.

Menggunakan Sinonim dan Antonim

Secara umum dalam teks laporan percobaan ada kata-kata yang sinonim dan kata-kata anonim. Sinonim adalah sinonim, sedangkan lawan adalah kata-kata yang berlawanan. Dalam teks laporan percobaan, sinonim dan antonim biasanya ditemukan di bagian bagian percobaan.

Cara Pembuatan Teks Laporan Percobaan

Berikut ini cara pembuatan dari teks laporan percobaan, dibawah ini.

Baca Juga :  Fakta dan Opini: Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh

Tulis Struktur Teks Dari Laporan Percobaan

Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan adalah dengan terlebih dahulu menyusun teks dari laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dengan menulis judul. tujuan percobaan, alat dan bahan yang digunakan dan langkah awal hingga akhir percobaan.

Selanjutnya, catat hasil percobaan dalam bentuk tabel, grafik, grafik atau gambar sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami hasilnya. Setelah semuanya selesai, tuliskan kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.

Kembangkan Kerangka Dalam Sebuah teks

Setelah menyelesaikan kerangka kerja, kembangkan dalam sebuah teks. Jangan lupa memperhatikan aturan bahasa yang digunakan sehingga teks eksperimental mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga: Contoh Kutipan Langsung

Contoh Dari Teks Laporan Percobaan

Berikut ini contoh pembuatan dari teks laporan percobaan, dibawah ini.

Contoh Pembuatan Teks Laporan Percobaan 1

Melakukan Percobaan Dengan Membuat Lentera

Tujuan Pembuatan

Membuat lentera menggunakan bahan seadanya seperti lampu dengan warna-warna indah juga bisa digunakan sebagai lampu hias. Alat-alat berikut ini diperlukan untuk membuat lentera.

Alat dan Bahan Pembuatan

  1. Lilin
  2. Kertas minyak berwarna
  3. Lem
  4. Kerangka bambu
  5. Lem

Langkah-langkahnya

  1. Atur struktur dalam bentuk yang diinginkan
  2. Potong kertas berwarna lalu tempelkan pada struktur dan biarkan bagian atas dan bawah.
  3. Di bagian bawah struktur ia membuat alas untuk meletakkan lilin.
  4. Nyalakan lilin dan letakkan di alas yang dibuat.

Hasil Pembuatan

Dengan alat dan bahan sederhana, lentera yang indah dan indah juga dapat dibuat dengan mudah. Lentera dapat digunakan baik sebagai lampu maupun lampu hias.

Kesimpulan

Benda-benda yang indah dan bermanfaat dapat dibuat menggunakan benda-benda di sekitar kita seperti membuat lentera sehingga kita dapat dengan mudah menemukan alat dan bahan.

Contoh Pembuatan Teks Laporan Percobaan 2

Eksperimen Pemurnian Air

Tujuan Eksperimen

Air yang merupakan kebutuhan dasar manusia sangat penting untuk tersedia. Ketersediaan air sekarang menjadi masalah utama karena berkurangnya ketersediaan air. Tidak hanya itu, bahkan air bersih yang tersedia hampir habis. Ini karena masyarakat didorong untuk mendaur ulang air melalui proses penyaringan. Berikut ini adalah alat dan bahan untuk pemurnian air menggunakan botol bekas.

Alat dan Bahan Eksperimen

  1. Botol transparan bekas.
  2. Kelapa kelapa.
  3. Batu besar
  4. Kerikil
  5. Batu bara
  6. Pasir
  7. Pemotong

Langkah-langkahnya

  1. Bor lubang di bagian bawah botol dan bagian atas botol dibiarkan terbuka, lalu masukkan bahan ke dalam botol dengan pengaturan berikut: pasir, arang, kerikil, batu dan serat kelapa.
  2. Masukkan air kotor melalui bagian atas botol dan lihat bagaimana air menjadi jernih setelah melewati bahan.

Hasil Eksperimen

Air yang kotor dapat berubah menjadi air yang jernih setelah melewati serangkaian bahan di mana bahan tersebut menyerap dan menahan kotoran sehingga pada akhirnya air tersebut lebih jernih dari sebelumnya.

Kesimpulan

Dalam peroses mejernikan air tentunya tidaklah begitu rumit. Dikarnakan air yang kotor dapat mudah di jernihkan hanya dengan bahan-bahan di sekitar kita.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan mengenai contoh teks laporan percobaan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: