Contoh Paragraf Deskripsi

Posted on

Contoh Paragraf Deskripsi – Ada berbagai macam paragraf atau alinea yang sering kita temui, seperti paragraf narasi, prosedur, pameran, laporan dan deskripsi. Semua macam paragraf memiliki fitur, konvensi penulisan, fungsi dan cara untuk membedakannya.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Deskripsi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Menurut KBBI, deskripsi berarti penjelasan atau deskripsi dengan kata-kata dengan cara yang jelas dan terperinci.

Contoh Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi sendiri merupakan tulisan atau esai atau alinea yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan objek sebagaimana adanya sehingga pembaca juga dapat melihat, mendengar, mendengar dan mencium segala sesuatu sesuai dengan apa yang penulis jelaskan.

Deskripsi kata tersebut berasal dari bahasa Inggris, kata kerja untuk menggambarkan yang berarti untuk menggambarkan, melukiskan atau memerikan. Paragraf ini bertujuan untuk memberi kesan pada pembaca tentang objek, ide tempat atau peristiwa yang ingin disampaikan oleh penulis. Secara umum, gambar diberikan secara visual.

Objek yang diuraikan dapat berupa manusia, lingkungan / lingkungan alam, hewan, tumbuhan dan sebagainya. Oleh karena itu, deskripsi juga disebut pengamatan melalui panca indera yang diungkapkan dalam kata-kata.

Skema pengembangan paragraf deskriptif digunakan sehingga pembaca dapat benar-benar mendengar dan melihat tempat yang dijelaskan secara langsung. Hal ini tentunya menuntut kompetensi penulis dalam menggambarkan suasana dan objek yang dilihat atau dialami.

Macam-Macam Paragraf Deskripsi

Adapun paragraf deskripsi terbagi beberapa macam di dalamnya, diantaranya ialah.

  • Paragraf deskriptif obyektif ialah paragraf yang menggambarkan sesuatu atau seseorang mengekspresikan identitas mereka sehingga pembaca dapat membayangkan situasi.
  • Deskripsi subyektif paragraf ini menggambarkan objek seperti interpretasi atau kesan perasaan penulis.
  • Paragraf deskripsi spasial ialah paragraf yang menggambarkan ruang atau tempat terjadinya suatu peristiwa.

Baca Juga: Contoh Teks Debat

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Adapun paragraf deskripsi terbagi beberapa ciri di dalamnya, diantaranya ialah.

  1. Melukis atau gambarkan sesuatu.
  2. Representasi ini dilakukan sejelas mungkin dengan melibatkan kesan sensorik.
  3. Buat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mencobanya sendiri.

Tujuan Paragraf Deskripsi

Adapun tujuan dari paragraf deskripsi ialah.

Paragraf deskriptif bertujuan untuk menggambarkan objek sedemikian rupa sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mendengar atau mengalami objek dan peristiwa yang dijelaskan oleh penulis.

Contoh Pembuatan Paragraf Deskripsi

Berikut ini ada beberapa contoh di bawah ini yang dapat admin tuliskan untuk sebagai referensi sobat semua.

Contoh Pembuatan Paragraf Deskripsi 1

Kebakaran Api

Peristiwa menyedihkan ini terjadi di sebuah pensiun di pusat Tarakan. Daerah ini sangat terkenal dengan keramaiannya karena merupakan pusat pensiun Tarakan.

Ketika itu akhir pekan, beberapa teman kos telah kembali ke rumah masing-masing. Hanya saya dan beberapa orang. Pemilik pensiun juga sedang berlibur di luar kota.

Kejadian ini terjadi pada sore hari. Saat itu saya baru saja selesai mencoba pakaian saya dan ingin tidur. Sebelum tidur, saya memuat ponsel saya. Jadi saya tidur sehingga ketika saya bangun baterai ponsel saya terisi.

Tetapi apa yang terjadi tidak terduga. Soket yang digunakan untuk mengisi baterai telepon saya memiliki arus pendek listrik. Saya terbangun karena ada suara listrik.

Ketika saya bangun api menyala dan saya mengambil sofa di dekat meja tempat saya mengisi daya ponsel saya. Api semakin besar dan saya semakin panik. Saya keluar dan meminta bantuan. Tetapi mengatakan bahwa bantuan datang cukup lama karena tidak ada orang di pensiun.

Baca Juga :  Analisis: Definisi, Jenis-Jenis dan Contohnya

Saya keluar dan meminta bantuan warga. Seorang warga memanggil pemadam kebakaran agar api bisa padam. Meski begitu, hampir semua kamar saya terbakar, bahkan semua file kuliah, pakaian dan peralatan lainnya terbakar.

Contoh Pembuatan Paragraf Deskripsi 2

Bunga melati

Hampir semua orang tahu bunga ini. Jasmine adalah jenis tanaman bunga yang banyak orang tahu karena aromanya. Bunga melati juga sering digunakan sebagai aksesoris pengantin di adat Jawa.

Juga karena aroma yang benar-benar unik, ada minuman teh yang memiliki aroma melati. Bunga melati juga sering digunakan sebagai bahan dan aroma ketika melakukan terapi kecantikan.

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkota agak oval dan kecil. Mahkota bunga melati sangat lembut, halus dan harum. Untuk seseorang yang mencium perasaan ingin menciumnya lagi. Ada tujuh mahkota bunga melati dan aransemen berlapis, datar dan disematkan satu di depan yang lain yang membuat bunga ini sangat indah.

Daun bunga melati berbentuk bulat telur atau bulat telur, pangkal daun memiliki bentuk melingkar yang indah dan semakin banyak di ujung bentuk yang paling runcing. Pada bagian tepi daun melati sedikit tidak teratur dan permukaannya sedikit keriput, lebih indah ditiup angin. Tidak hanya bunganya, daun bunga melati juga sering digunakan sebagai terapi kesehatan.

Contoh Pembuatan Paragraf Deskripsi 3

Bus

Bus merupakan kendaraan besar yang berfungsi untuk mengankut banyak orang. Untuk bus ini memiliki empat roda, tubuh yang panjang dan besar, dan dapat menampung banyak orang.

Ada berbagai jenis bus di Indonesia, seperti bus berlangganan untuk transfer pelajar, bus wisata dan bus transportasi harian.

Selain itu, bus memiliki ukuran yang berbeda. Bus besar yang biasanya digunakan untuk pariwisata dilengkapi dengan AC, selimut, bantal, toilet, tempat pengisian dan televisi. Bus jenis ini memiliki layanan lengkap.

Bepergian dengan bus sangat menyenangkan. Biasanya bus berjalan cepat di jalan raya beraspal sehingga tanaman dan dedaunan pohon tertiup angin dari bus. Jendela disejajarkan, sangat cocok untuk refleksi sesekali yang memperbaiki jalan di luar.

Terkadang hujan turun dan jatuh di atap, seolah-olah ledakan drum terdengar. Belum lagi suara orang-orang mengobrol di kursi belakang dan suara musik yang dimainkan, menambah hiruk-pikuk suasana di dalam bus.

Contoh Pembuatan Paragraf Deskripsi 4

Pasar tradisional

Setiap orang harus tahu pasar tradisional. Pasar tradisional merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli dan mereka berdagang satu sama lain. Pasar tradisional sebenarnya adalah salah satu tempat umum yang dikunjungi oleh banyak orang.

Penjual dapat menjual barang-barangnya di toko-toko, di Los dan bahkan bersila. Di sini ada interaksi positif antara penjual dan pembeli, di mana penjual langsung menawarkan barang-barangnya dan pembeli dapat menawarkannya.

Pasar biasanya memiliki lahan yang cukup luas, ramai dengan banyak orang dan pusat keramaian. Secara umum, pasar sebenarnya dibangun di tengah atau di tengah daerah yang sibuk. Di depan pasar ada juga taksi untuk sepeda motor, angkutan umum, becak, bentik dan berbagai alat transportasi lainnya.

Pasar tradisional biasanya memiliki bangunan tua. Bahkan bangunan pasarnya bertingkat dan banyak. Bangunan di atas digunakan untuk toko alat musik, makanan, peralatan sekolah, pakaian dan peralatan olahraga. Sedangkan bangunan di bawahnya digunakan untuk menjual sayur, ikan, dan buah.

Baca Juga: