Contoh Karangan Eksposisi

Posted on

Contoh Karangan Eksposisi – Itu adalah tulisan yang tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan, menjelaskan, mendidik atau mengevaluasi suatu masalah. Penulis bermaksud untuk memberikan informasi atau memberikan instruksi kepada pembaca.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Karangan Eksposisi. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam, Struktur dan Contoh.

Pengertian

Definisi eksposisi terbatas pada esai tertulis untuk memberikan informasi sehingga pembaca dapat memahami penulisan.

Contoh Karangan Eksposisi

Eksposisi bentuk tulisan yang sering digunakan untuk memberikan deskripsi ilmiah dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pendapat pembaca. Melalui paparan pembaca tidak dipaksa untuk menerima pendapat penulis, setiap pembaca dapat menolak dan menerima apa yang telah dinyatakan penulis.

Di sini presentasi didasarkan pada strategi pengembangan paragraf seperti kontras, kompilasi, analisis, definisi, klasifikasi, sebab dan akibat, proses dan contoh.

Eksposisi ini bertujuan untuk memberikan informasi. Penulis dan penulis mencoba untuk menggambarkan peristiwa atau masalah sehingga pembaca dan pendengar memahaminya dan penulis memiliki sejumlah data dan bukti, jadi cobalah untuk menjelaskan masalah dan acara ini untuk kepentingan Anda.

Macam-Macam Karangan Eksposisi

Adapun eksposisi dibagi beberapa macam, diantaranya sebagai berikut:

  • Eksposisi klasifikasi.
  • Eksposisi perbandingan.
  • Eksposisi laporan.
  • Eksposisi ilustrasi.
  • Eksposisi proses.
  • Eksposisi definisi.

Struktur Karangan Eksposisi

Adapun eksposisi dibagi beberapa struktur, diantaranya sebagai berikut:

  • Penegasan kembali adalah bagian terakhir dari esai pameran. Seperti namanya, penegasan ini berisi kesimpulan yang menegaskan kembali tesis dan bukti atau penguatan yang terkandung dalam topik.
  • Tesis ini adalah pembukaan yang berisi perspektif penulis tentang topik yang akan dibahas. Tesis ini dapat berisi teori yang nantinya akan dibahas atau diperkuat oleh topik.
  • Argumen tersebut merupakan alasan yang mengandung bukti yang dapat memperkuat skripsi. Topik dapat dalam bentuk opini ahli, hasil penelitian atau pernyataan umum berdasarkan referensi yang dapat diandalkan.

Contoh Karangan Eksposisi

Berikut inilah contoh-contoh dari eksposisi di bawah ini, yaitu:

Contoh Karangan Eksposisi Klasifikasi

Transportasi umum di Indonesia

Tesis

Transportasi adalah perpindahan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan kendaraan yang dikendarai oleh mobil. Sedangkan angkutan umum adalah angkutan yang digunakan dalam jumlah besar atau tidak pribadi. Indonesia akrab dengan berbagai jenis transportasi umum. Transportasi umum di Indonesia terbagi menjadi tiga, yaitu transportasi darat, udara dan laut.

Argumen

Transportasi darat adalah transportasi yang menggunakan infrastruktur jalan, baik itu jalan tol, jembatan, kereta api, terminal, stasiun atau halte bus. Jenis angkutan umum, termasuk angkutan darat, adalah angkutan jalan (lin, angkutan kota, angkutan umum), kereta api dan bus. Angkutan umum skala kecil yang biasa digunakan oleh masyarakat di desa atau kota adalah bemo, helicak dan bajaj.

Transportasi udara adalah transportasi yang menggunakan infrastruktur bandara. Transportasi udara yang termasuk dalam angkutan umum adalah udara saja. Pesawat ini melayani orang asing bahkan domestik.

Transportasi terakhir adalah transportasi laut. Transportasi ini menggunakan pelabuhan dan galangan kapal sebagai infrastrukturnya sendiri. Transportasi laut yang termasuk dalam transportasi laut adalah kapal, feri, dan kano. Kano digunakan untuk mengangkut penumpang dalam skala kecil. Biasanya sekitar 2-8 orang.

Penegasan

Klasifikasi angkutan umum di Indonesia didasarkan pada di mana operasinya. Baik di darat dan di laut dan di udara, struktur tersedia yang juga didukung oleh infrastruktur yang memadai. Karena itu, orang Indonesia tidak perlu lagi merasa bingung jika ingin bepergian ke mana saja. Ada berbagai pilihan transportasi umum yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentu saja setiap tas.

Contoh Karangan Eksposisi Perbandingan

Pertalite, harapan baru Indonesia

Tesis

Pertalite adalah bahan bakar ekologis yang diangkut sebagai harapan baru bagi Indonesia. Selama masyarakat Indonesia sudah mengenal dua jenis bahan bakar, yaitu premium dan Pertamax. Harga premium relatif lebih murah daripada Pertamax, mengubah premi adalah pilihan yang bagus untuk pengendara. Berdasarkan informasi terbaru, pemerintah akan mengganti bahan bakar premium (bensin) dengan bahan bakar terbaru, pertalite.

Argumen

Lebih ekologis daripada premium. Ini karena pada saat pertalite sempurna. Sementara Premium meninggalkan beberapa zat berbahaya seperti CO2, CO, NOx dan PB atau timbal yang berbahaya.

Pertalite membuat mesin lebih kuat dari Premium. Pertalite memiliki indeks oktan 90-91, hanya 1 poin lebih sedikit dengan Pertamax yang 92. Sementara premium memiliki indeks oktan 88. Ini membuat mesin dengan bahan bakar pertalite lebih gesit, kecepatan lebih tinggi dan emisi. pipa pembersih.

Cabang yang digunakan untuk penghargaan ini cukup besar. Ini karena beban impor sangat tinggi. Oleh karena itu, pemerintah mencari cakupan alternatif untuk mengurangi beban impor premium.

Penegasan

Harga pertalite lebih mahal dari premium, tetapi lebih murah dari Pertamax. Namun, manfaat yang ditawarkan cukup memadai secara proporsional dengan harga. Tidak berlebihan jika pertalite diwujudkan sebagai harapan baru Indonesia untuk masa depan yang lebih baik.

Contoh Karangan Eksposisi Laporan

Kulit Buah Naga dan HIV / AIDS

Tesis

Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah berhasil menemukan manfaat kulit buah naga untuk penderita HIV / AIDS (14/01/2015). Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kulit buah naga dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan orang dengan HIV / AIDS.

HIV adalah virus pertama yang menyerang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1981. Sejauh ini tidak ada obat yang ditemukan untuk membunuh virus tersebut. Pasien dengan HIV lanjut dikenal sebagai pasien AIDS. Orang dengan HIV / AIDS hanya menerima perawatan untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Argumen

Berdasarkan penelitian oleh mahasiswa UNY, kulit buah naga merah dapat menghasilkan kekebalan. Ini karena kulit buah naga merah memiliki kandungan antimikroba, antivirus, antibakteri dan antioksidan yang tinggi. Konten ini dapat meningkatkan kekebalan orang dengan HIV / AIDS.

Kulit buah naga merah diubah menjadi teh sehingga dapat dikonsumsi oleh orang sakit. Kulit buah naga merah dikeringkan dan kemudian diproduksi sebagai teh normal. Ini dilakukan agar jus yang terkandung dalam kulit buah naga merah dapat dimaksimalkan.

Tiga mahasiswa UNY bernama Annisa Fitriani, Yunita Dwi Setyawati dan Intan Hanifah mengatakan bahwa teh kulit buah naga dapat dijadikan terapi dengan meminumnya secara teratur. Teh juga dapat digunakan sebagai pelengkap obat Anti Retro Viral (ARV) yang berfungsi menghambat virus dari kerusakan sistem kekebalan tubuh. Selain menjadi pendamping ARV, teh buah naga merah juga dapat menghilangkan efek rambut rontok dan mual, muntah.

Baca Juga :  Contoh Teks Ulasan

Penegasan

Konsumsi secara teratur teh kulit buah naga merah dapat menghambat aktivitas virus, bakteri dan kuman yang ditemukan pada orang dengan HIV / AIDS ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Meski belum dapat sepenuhnya mengobati HIV / AIDS, kulit teh buah naga cukup efektif untuk menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Oleh karena itu, teh kulit buah naga dapat meningkatkan kualitas harapan hidup orang dengan HIV / AIDS dengan meningkatkan kekebalan mereka.

Contoh Karangan Eksposisi Ilustrasi

Kunci Kesatuan untuk Kemajuan

Tesis

Saat ini persatuan antara rakyat Indonesia sudah mulai memudar. Kesatuan dalam perbedaan atau berbeda, tetapi satu, adalah slogan Republik Kesatuan Indonesia yang ada dari Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sumpah pemuda yang dilakukan pada 28 Oktober 1928. Hasil sumpah pemuda membawa rakyat Indonesia keluar dari penjajahan. Namun, apakah persatuan ini masih ada dalam kehidupan masyarakat, terutama anak muda Indonesia?

Argumen

Indonesia, yang meliputi berbagai kelompok etnis, memiliki keunggulan dalam hal keragaman budaya dan multikultural. Ini telah menjadi keuntungan bagi Indonesia di mata dunia. Seperti sapu lidi yang hanya bisa digunakan untuk membersihkan kotoran, sampah dan rontok daun ketika diikat jadi satu, begitu juga dengan Indonesia. Indonesia yang berhasil mengusir penjajah dengan bergabung bersama untuk maju dan menjadi mandiri.

Tantangan Indonesia tidak hanya mencapai kemerdekaan, tetapi juga setelah kemerdekaan. Apa dan di mana penghargaan kemerdekaan para pahlawan akan dibawa. Masyarakat Indonesia harus memperkuat persatuan untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini tidak bisa dilakukan jika orang Indonesia bubar. Ibarat lidi yang tidak berguna jika hanya berupa buah, lidi juga akan dianggap sampah yang bisa dibakar bersama dengan tumpukan sampah lainnya.

Memang, orang Indonesia mulai melemahkan rasa persatuan mereka. Konflik antara kelompok etnis Madurai dan Dayak di Sampit adalah salah satu dari banyak kasus. Selain itu, jumlah anak muda yang bertarung antarkelompok. Pertarungan ini bahkan sering dilakukan oleh siswa yang berharap untuk masa depan Indonesia.

Penegasan

Promosi kehidupan nasional dan negara tidak dapat dicapai tanpa persatuan. Ini sesuai dengan kata-kata Bung Karno, “beri saya 1.000 orang, saya akan memecat Semeru. Beri saya 10 orang muda, saya akan mengguncang dunia.” Nilai unit ini dalam mempromosikan kehidupan Indonesia cukup besar. Upaya revitalisasi Pancasila untuk mempromosikan persatuan nasional harus dilakukan sesegera mungkin, bahkan jika perlu pada usia dini.

Contoh Karangan Eksposisi Proses

Proses Pembuatan Tempe

Tesis

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi dunia. Tempe diproduksi menggunakan proses fermentasi pada kedelai. Bahan lain yang digunakan untuk membuat tempe adalah Rhizopus oligosporus atau lebih dikenal sebagai tempe ragi. Fermentasi pada kedelai dengan bantuan ragi tempe inilah yang akan menghasilkan makanan tempe.

Argumen

Secara umum, proses persiapan tempe dimulai dengan mendidih, pengelupasan, perendaman dan pengasaman, pencucian, inokulasi dengan fase ragi, pengemasan dan fermentasi. Pembungkus yang digunakan pada fase pengemasan biasanya daun pisang, tetapi tidak jarang pembungkusnya diganti dengan plastik, daun waru dan daun jati. Fase fermentasi dapat dilakukan pada suhu 20 ° C – 37 ° C selama 18-36 jam.

Penegasan

Proses pembuatan tempe relatif sederhana, tetapi itu tidak berarti lolos dari kegagalan. Kegagalan menyiapkan tempe biasanya disebabkan oleh suhu lingkungan yang tidak memadai, bahan kedelai yang tidak memadai atau bahkan kualitas ragi itu sendiri. Indonesia kini juga sedang mengembangkan Rizopus yang lebih tinggi untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat dan berkualitas, atau meningkatkan kandungan gizi tempe.

Contoh Karangan Eksposisi Definisi

Pohon pisang dan manfaatnya

Tesis

Pisang adalah tanaman yang biasa ditanam di sekitar rumah orang. Pisang biasanya diminum untuk memakan buah. Pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C), mineral (kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan zat besi) dan karbohidrat. Selain buah, semua komponen pisang daun, jantung, hati, umbi dan bahkan kulit pisang memiliki manfaat kesehatan.

Argumen

Daun pisang biasa digunakan oleh orang untuk membungkus makanan atau bahkan tempe. Ini bukan tanpa alasan dan manfaat kesehatan. Daun pisang memiliki polifenol yang biasanya digunakan untuk membuat antioksidan. Antioksidan yang sama dapat menghilangkan radikal bebas. Membungkus makanan dengan daun pisang akan menyebabkan makanan menyerap isi daun pisang.

Penduduk pedesaan biasanya menggunakan jantung pisang, yang akan dipotong dari dahannya untuk dimasak. Kebiasaan masyarakat ini telah berkurang. Jantung pisang mengandung flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas dan memicu kanker. Jantung pisang juga mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan c dan protein. Ini memberikan banyak manfaat kesehatan seperti pencegahan stroke, diabetes, anemia, gondok dan dapat mengurangi kolesterol.

Hati pisang (bagian terdalam batang), bonggol pisang dan pisang gedebok muda yang biasanya dibuang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan. Kandungan tanin dapat digunakan sebagai antiseptik; zat saponin dapat digunakan untuk melarutkan dahak; dan potasium dapat digunakan untuk buang air kecil. Selain zat-zat ini, hati pisang mengandung vitamin A, B, C, pati, air dan gula. Untuk memakan hati dan bonggol pisang, Anda bisa menyiapkan keripik atau sayuran. Sementara itu, untuk mengonsumsi gedeboks pisang muda, mereka dapat diubah menjadi sayuran.

Kulit pisang yang biasanya dibuang setelah makan pisang tidak luput dari kesehatan tubuh. Kulit pisang mengandung vitamin B, C, protein, lemak dan kalsium. Ekstrak kulit pisang bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata. Kulit pisang juga bisa membuat Anda senang. Kulit pisang dapat diubah menjadi keripik kentang, bahkan sekarang ada kulit pisang di pasaran.

Penegasan

Pisang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Baik mengkonsumsinya secara langsung atau melalui pemrosesan lebih lanjut. Saat panen pisang, bagian lain dari pisang juga harus digunakan untuk konsumsi. Mengetahui manfaat dan cara memprosesnya, orang dapat menggunakannya untuk penggunaan pribadi atau menjadikannya area bisnis.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Karangan Eksposisi. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: